Setiap pemilik website atau blogger wajib mengetahui fungsi SEO dan manfaat SEO. SEO merupakan suatu teknik untuk mengoptimalkan struktur di dalam website agar mudah diindeks oleh mesin pencari(search engine), seperti: google, yahoo, bing, ask dan lain sebagainya. Indexing oleh mesin pencari agar isi dari website atau blog tercatat di dalam database mesin pencari. Hal ini diperlukan agar halaman website Anda muncul dalam tabel hasil pencarian di dalam mesin pencari.

Setiap hari jutaan pengunjung menggunakan mesin pencari untuk menemukan informasi tertentu. Mesin pencari membantu menemukan informasi di dalam database mereka sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan oleh pengunjung. Hasil pencarian yang ditampilkan merupakan data yang dikumpulkan oleh mesin pencari itu sendiri pada saat melakukan indexing.

SEO ditanamkan pada suatu website agar mesin pencari mudah dalam melakukan indexing. Hal ini ditujukan agar halaman pada website tersebut tercatat di dalam database mesin pencari. Halaman website yang telah tercatat di dalam mesin pencari akan mendatangkan pengunjung ke dalam website. Pada intinya fungsi SEO adalah mendatangkan pengunjung ke dalam website namun menggunakan bantuan dari mesin pencari.

Cara termudah untuk mendatangkan pengunjung ke dalam website adalah menggunakan iklan. Iklan dapat dipasangkan pada media cetak, website lain atau perusahaan periklanan online. Usaha mendatangkan pengunjung menggunakan iklan tentunya sangat menguras dana. Hal ini tidak memungkinkan bagi sebagian orang. Oleh karena itu mereka menggunakan cara lain melalui bantuan mesin pencari.

SEO sendiri sangat bermanfaat untuk pebisnis dengan modal minim atau untuk blogger. Penggunaan SEO mampu menarik pengunjung dari waktu ke waktu tanpa harus membayar sepeser pun. Hal ini lebih efektif dibandingkan pemasangan iklan. Pengunjung akan datang mengunjungi website ketika iklan terpasang dan jumlah pengunjung akan turun drastis ketika iklan sudah tidak terpasang lagi. Aplikasi SEO yang baik tidak hanya mendatangkan pengunjung tapi mampu menaikkan jumlah pengunjung ke dalam website dari waktu ke waktu.