Kini siapa yang tidak kenal Youtube, Youtube adalah media streaming video terbesar di dunia. Sebagian besar netter mendapatkan entertainment maupun informasi melalui video di Youtube. Hanya saja tidak semua orang dapat menikmati koneksi internet yang cepat dan tanpa batasan kuota. Hal ini membuat kenikmatan pada saat menonton video kesayangan mereka bahkan mereka terpaksa harus membayar lebih.

Akhirnya sebagian pemirsa Youtube memutuskan untuk menyimpan video ke dalam perangkat mereka. Mereka menyimpannya di dalam komputer, tablet atau perangkat smartphone mereka agar mereka dapat menikmati video tersebut tanpa mengalami gangguan pada saat kecepatan internet menurun atau kuota data internet telah mencapai limit. Namun apakah aktifitas download atau menyimpan video youtube termasuk legal?

Youtube sebenarnya memiliki peraturan yang mengatur tentang penggunaan video yang terkandung di dalam layanan Youtube. Hanya saja pengguna Youtube tidak memperhatikan peraturan Youtube yang berlaku. Di dalam peraturan Youtube disebutkan bahwa video yang dapat didownload terdapat tombol download pada video terkait. Hingga saat ini, sangat jarang video yang disertai tombol download. Hal ini dikarenakan video tersebut merupakan hak cipta milik pihak tertentu. Bila pengguna Youtube tetap melakukan download video yang tidak mencantumkan tombol download, maka aktifitas ini merupakan aktifitas ilegal alias pembajakan.

Pada peraturan tersebut juga disebutkan bahwa dilarang mengakses isi(video) youtube menggunakan teknologi atau cara apapun selain menggunakan layanan halaman untuk memainkan video, pemutar tertanam(embedded player) atau cara yang diijinkan oleh Youtube. Pengguna Youtube melakukan download video Youtube menggunakan aplikasi atau layanan pihak ketiga. Hal ini tentunya melanggar peraturan Youtube.

Bila ditinjau, video di Youtube berasal dari berbagai perusahaan musik, pihak komersial maupun pihak pribadi yang mengkomersialkan video untuk pendapatan iklan serta beberapa video dari pihak non profit. Sebagian besar video yang tersedia di dalam layanan Youtube bersifat komersial. Video yang bersifat komersial tentunya tidak diijinkan untuk di download. Bila pengguna Youtube tetap melakukan download artinya pengguna terkait melakukan pembajakan video.

Aktifitas download video pada layanan Youtube tanpa menggunakan tombol download pada halaman video terkait melanggar peraturan penggunaan Youtube. Hal ini juga tentunya merupakan tindakan yang melanggar hukum. Oleh karena itu, mulai sekarang kita hentikan tindakan download video Youtube secara ilegal. Mari kita hormati dan hargai hak pemilik video.