Kita perlu mengenali bentuk badan kita terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk berdiet. Setiap orang tentu memiliki ukuran badan yang berbeda demikian pula halnya dengan diet yang perlu dijalani untuk mendapatkan tubuh yang indah dan sehat. Diet Berdasarkan Bentuk Badan merupakan cara yang efektif dalam menentukan jenis diet yang paling optimal.

Diet berdasarkan bentuk badan

Diet yang dijalani oleh orang yang memiliki bentuk badan seperti buah pear akan berbeda dengan orang yang memiliki bentuk badan seperti buah apel atau pisang. Orang yang memiliki bentuk tubuh tertentu akan memiliki kemampuan metabolisme yang berbeda dalam mengolah kalori. Ada asupan kalori tertentu yang sebaiknya dikonsumsi dan ada asupan kalori tertentu yang perlu dihindari agar bentuk badan menjadi lebih mendekati ideal. Berikut ini cara melakukan diet berdasarkan bentuk badan:

Diet untuk orang yang memiliki bentuk badan pear

Orang dengan bentuk badan pear memiliki ciri bagian bawah tubuh yang lebih besar dibanding bagian atas tubuhnya. Bagian pinggul lebih lebar dari bagian pundak. Bagian pinggul menjadi tempat penimbunan lemak tubuh.

Diet yang dapat dilakukan oleh orang yang memiliki bentuk badan ini adalah dengan menghindari es krim. Es krim yang kita beli mengandung kandungan lemak yang tinggi, gula dan pengawet. Kita perlu menghitung kalori makanan untuk menghindarkan kita dari konsumsi lemak yang berlebih setiap harinya. Kita juga perlu mengkonsumsi makanan sehat dan menahan diri untuk makan secukupnya dan tidak berlebihan setiap kali makan.

Diet untuk orang yang memiliki bentuk badan pisang

Orang dengan bentuk badan ini memiliki ciri tubuh bagian dari atas hingga bagian bawah rata dan kurus. Orang dengan bentuk badan ini umumnya tidak mengalami masalah kenaikan berat badan. Mereka dapat makan dengan porsi yang banyak dan bobot tubuh tidak menjadi naik. Namun, orang dengan bentuk badan ini biasanya mengalami masalah dengan pembentukan otot tubuh. Selain itu, mereka cepat lelah karena tidak sering mendapat asupan makanan yang teratur.

Orang yang memiliki bentuk badan ini perlu menambah asupan protein dan lemak yang baik. Protein yang dianjurkan untuk dikonsumsi, di antaranya: telur rebus, dada ayam panggang dan kacang-kacangan setiap hari untuk membentuk otot. Mereka perlu mengkonsumsi makanan sehat dengan teratur agar lebih bertenaga dan menjaga gula darah tetap stabil.

Diet untuk orang yang memiliki bentuk badan apel

Orang dengan bentuk badan ini, memiliki ciri badan bagian atas yang lebih besar dibandingkan badan bagian bawah. Bagian atas badan mulai dari dada sampai perut terlihat lebih besar dari pinggul. Pada saat berat badan mereka bertambah, mereka akan terlihat bagian atas tubuh dan perut yang membuncit.

Orang yang memiliki bentuk badan ini sebaiknya tidak mengkonsumsi alkohol dan soda. Alkohol dapat mengiritasi lambung, menyebabkan perut menjadi tidak nyaman dan mengganggu pola tidur. Konsumsi soda atau minuman berkarbonasi juga akan menyebabkan perut menjadi kembung.

Minuman yang disarankan untuk dikonsumsi adalah probiotik, susu rendah lemak dan air putih. Probiotik dapat membantu kelancaran proses pencernaan. Sedangkan susu rendah lemak merupakan asupan protein yang dapat membantu tubuh menjadi langsing. Air putih akan menghidrasi tubuh, membantu peremajaan kulit dan melancarkan fungsi saluran pencernaan.