SEO kini banyak diperbincangkan oleh para netter dan diakui dapat membantu untuk menarik pengunjung ke dalam website. Bila Anda seoarang pebisnis online menggunakan website sendiri, hal ini wajib Anda ketahui.

SEO sendiri merupakan kependekan dari Search Engine Optimization yang artinya optimalisasi mesin pencari. Hingga saat ini, tidak ada yang mengetahui secara pasti proses indexing yang dilakukan oleh mesin pencari. Banyak penelitian yang dilakukan oleh para netter untuk melakukan optimalisasi website agar mudah diindex oleh mesin pencari. Teknik ini yang disebut dengan SEO.

Mesin pencari yang beredar sangat banyak dan di antaranya adalah google, yahoo, bing, ask dan lain sebagainya. Teknik optimalisasi ini tentunya menjadi rumit karena harus dicocokkan dengan berbagai jenis pencari, namun ada sebagian orang yang mempelajari cara indexing yang dilakukan oleh mesin pencari. Mereka mengumumkan cara optimalisasi yang dilakukan olehnya, sehingga hal ini banyak dimanfaatkan secara umum untuk mengoptimalisasi websitenya.

Perlu Anda ketahui bahwa mesin pencari dari waktu ke waktu selalu memperbaiki cara indexing website, hal ini juga akan mempengaruhi cara optimalisasi. Anda harus aktif mencari tahu teknik SEO yang sedang digunakan dan mengaplikasikannya pada website Anda.

SEO sendiri dibagi menjadi 2 bagian secara umum yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. SEO On Page diimplementasikan pada website kita sendiri, Anda harus melakukan setting secara teknis pada website Anda. SEO Off Page diimplementasikan melalui website tetangga dengan cara memasang iklan, banner atau backlink dengan cara berpartisipasi dalam diskusi di forum atau website lain.