Contoh Program C++ menggunakan Switch Case sebagai kontrol di dalam program untuk menampilkan nama hari. Sebelumnya saya pernah posting program sejenis yang juga menggunakan perintah switch case. Namun program saya sebelumnya untuk menampilkan nama bulan. Perintah switch case di sini saya gunakan untuk mengubah isi dari variable.

Program switch case ini saya angkat kembali agar memudahkan pembelajaran program C++. Program ini saya buat sama persis dengan program sebelumnya agar Anda yang ingin belajar dengan lebih mudah membandingkan kedua program ini. Dengan adanya perbandingan yang mirip, Anda diharapkan lebih mengerti tentang alur program switch case. Buat Anda yang belum pernah membaca program switch case untuk nama bulan silahkan klik link berikut ini.

Contoh Program C++ Menggunakan Switch Case (Nama Bulan)

Contoh Program C++ Menggunakan Switch Case (Nama Hari)

Program nama hari lebih pendek karena nama hari hanya ada 7, yaitu: senin, selasa, rabu, kamis, jumat, sabtu dan minggu. Sedangkan program nama bulan akan lebih panjang karena ada 12 nama bulan antara januari hingga desember. Anda bisa lihat kode programnya di sini.

 

Anda juga bisa bisa download file dalam bentuk zip melalui link berikut ini:

Semoga perbandingan kedua program ini mempermudah Anda memahami kontrol alur program menggunakan perintah switch case.

Salah satu perintah kontrol alur yang paling sering digunakan adalah IF. Anda juga bisa mempelajari perintah If dengan contoh program taxonomy makhluk hidup melalui link berikut ini.

Contoh Program C++ Menggunakan If (Taxonomy Makhluk Hidup)