Sebagian wanita harus menghabiskan banyak uang demi mendapatkan rambut sehat dan berkilau. Perawatan rambut di salon pun menjadi sebuah kebutuhan bagi wanita, seperti creambath, keriting, catok, hair straightening, hair masking, pijat kepala, trimming atau lain sebagainya.

Sebenarnya ada beberapa jenis perawatan rambut di salon yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah, seperti: hair masking, creambath, pijat kepala dan lain sebagainya. Anda hanya perlu membeli bahan-bahan yang Anda perlukan untuk melakukan perawatan tersebut dan menggunakannya sendiri di rumah. Anda bisa mendapatkan manfaat lebih dengan melakukannya sendiri di rumah, yaitu biaya lebih murah dan tidak harus keluar dari rumah. Berikut ini ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan rambut sehat dan berkemilau indah:
1. Keramas dengan benar
Keramas adalah langkah awal yang perlu Anda lakukan sebelum Anda melakukan crembath atau hair masking. Pada saat Anda keramas jangan menggunakan kuku jari Anda karena kulit kepala Anda akan luka. Gosoklah dengan lembut menggunakan jari-jari Anda. Sebaiknya hindari penggunakan air hangat pada saat Anda keramas karena dapat membuat rambut menjadi kering. Gunakan air dingin agar rambut Anda tetap terjaga kelembabannya. Rambut setiap orang pasti berbeda kondisi, jadi pastikan Anda keramas dengan jenis shampoo yang sesuai dengan jenis rambut Anda. Gunakan hair conditioner setelah keramas agar rambut Anda lebih lembut, kuat dan terlihat indah. Keramas sebaiknya dilakukan setiap hari atau disesuaikan dengan kondisi rambut Anda.

2. Hair Masking
Setelah Anda keramas, keringkan rambut Anda dengan menggunakan tangan Anda. Setelah Anda mengeringkan rambut, Anda dapat langsung menggunakan cream hair masker pada rambut Anda. Bila rambut Anda tergolong jenis rambut kering, Anda tidak perlu menggunakan handuk panas pada kepala Anda setelah selesai mengoleskan cream hair masker. Anda dapat memijat kepala Anda dengan lembut agar peredaran darah lancar. Silahkan tunggu beberapa menit agar cream dapat bekerja secara optimal sebelum membilasnya dengan air dingin. Selanjutnya, Anda dapat mengeringkan rambut Anda kembali menggunakan tangan Anda dan tidak perlu mengeringkan rambut menggunakan hair dryer. Biarkan rambut Anda kering dengan sendirinya tanpa bantuan pengering rambut. Penggunaan hair dryer pada rambut dapat mengakibatkan rambut Anda menjadi kering dan mudah pecah.

3. Creambath
Anda juga dapat melakukan creambath sendiri di rumah. Cara menggunakan cream sama seperti ketika Anda melakukan hair masking. Setelah keramas, keringkan rambut menggunakan tangan Anda dan usapkan cream tersebut pada rambut Anda. Anda dapat memijat kepala Anda dengan lembut. Anda tidak perlu menggunakan handuk panas apabila Anda memiliki jenis rambut kering. Silahkan tunggu beberapa menit agar cream meresap dengan merata kemudian bilas dengan air dingin. Hindari menggunakan air hangat karena dapat membuat rambut Anda menjadi kering dan pecah.

4. Konsumsi makanan yang bergizi dan sehat
Makanan yang sehat dan bergizi akan membuat rambut Anda menjadi lebih kuat, sehat dan terlihat lebih indah. Konsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi yang terkandung dalam sayuran atau ikan serta protein yang terkandung dalam kacang-kacangan. Jenis makanan tersebut dapat membantu menyuburkan dan melembutkan rambut.

5. Relaksasi
Anda perlu melakukan relaksasi untuk menghindari stress. Stress dapat berpengaruh pada pertumbuhan rambut dan bahkan dapat menyebabkan kerontokkan rambut. Relaksasi pada rambut dapat dilakukan dengan membiarkannya tergerai. Bila Anda sering menyanggul atau mengikat rambut Anda, Anda perlu membiarkan rambut Anda tergerai untuk beristirat.

6. Hindari atau kurangi minuman kopi dan soda
Dalam hal menjaga kualitas rambut, Anda disarankan untuk mengurangi konsumsi kopi dan soda karena kopi dan soda dapat menghilangkan cadangan vitamin B5 dan B6. Vitamin ini berguna untuk membuat rambut menjadi lebih kuat. Anda dapat mengganti kopi dan soda dengan minuman yang baik bagi kesehatan rambut Anda, seperti: jus mangga, jus kiwi, jus jeruk atau jus stroberi yang banyak mengandung vitamin B.

Perawatan rambut agar tetap sehat dapat dilakukan sendiri disertai menjaga makanan dan perlakuan terhadap rambut Anda agar tetap relax. Perawatan sendiri memang jauh lebih murah dan menghindarkan Anda dari kemacetan lalu lintas dan antri di salon. Namun Anda tetap harus pergi ke salon untuk potong rambut karena untuk memotong rambut dibutuhkan keahlian khusus.