Kasus Virus Zika kini telah ditemukan di beberapa negara di luar Negara Amerika. Penyebaran kasus penyakit virus zika dikhawatirkan akan semakin cepat dikarenakan kasus penyakit virus semakin banyak ditemukan. Penyebaran virus zika semakin menakutkan karena penyakit yang ditimbulkan kini belum dapat ditanggulangi. Masalah pengobatan sekarang masih dalam tahap penelitian dan belum mendapatkan cara untuk melawan virus Zika di dalam badan manusia. Oleh karena itu, kita sebagai masyarakat harus berperan aktif untuk membantu mencegah penyebaran virus Zika. Sebelum kita dapat mencegah virus zika menyebar ke dalam masyarakat, kita harus mengetahui cara penularan virus zika.

Cara penularan virus zika

Virus zika hidup dan berkembang biak di dalam cairan darah manusia. Dalam hal ini, virus zika dalam menular dari manusia ke manusia lain melalui transfusi darah. Tapi, sangat kecil kemungkinan bagi seorang pengidap virus zika untuk mendonorkan darahnya.

Setelah melalui penelitian, virus zika juga dapat ditularkan oleh nyamuk aedes. Nyamuk Aedes bukan sebagai sumber penyakit virus zika tapi nyamuk aedes dapat menjadi jembatan penyebaran virus zika antar manusia.

Nyamuk aedes membantu penyebaran virus zika

Nyamuk aedes membutuhkan cairan darah sebagai makanan untuk berkembang biak. Aktifitas pengambilan darah manusia oleh nyamuk aedes dapat menyebarkan virus zika antar manusia secara tidak disengaja.

Awalnya seseorang yang mengidap virus zika digigit oleh nyamuk aedes. Nyamuk aedes akan membawa cairan darah beserta virus zika yang hidup di dalamnya. Virus zika yang terbawa nyamuk juga akan menempel pada alat penghisap darah nyamuk aedes. Ketika nyamuk aedes tersebut mengigit orang lain untuk menghisap darah. Virus zika akan masuk ke dalam jaringan darah orang tersebut. Dengan demikian, virus zika akan menyerang orang yang digigit nyamuk yang membawa virus zika tersebut.

Awalnya nyamuk aedes tidak membawa virus zika. Tapi, nyamuk aedes akan membawa virus zika dari orang yang digigit dan menyebarkannya ke orang yang digigit selanjutnya. Tidak semua nyamuk aedes membawa virus zika tapi manusia tidak bisa membedakan antara nyamuk yang membawa virus atau tidak membawa virus. Oleh sebab itu, kita harus mewaspadai keberadaan nyamuk aedes di sekitar lingkungan kita.

Sebaiknya kita melindungi diri kita dari serangan nyamuk untuk menghindari diri dari serangan virus zika. Nyamuk aedes sangat dikhawatirkan dapat menjadi media penyebaran virus zika yang sangat cepat. Mari kita bersama-sama menjaga kesehatan masyarakat dengan mencegah berkembangnya nyamuk aedes aegypti di lingkungan rumah kita.

Baca juga informasi dari kami mengenai
Cara Melindungi Diri Dari Virus Zika Secara Efektif
Cara Pencegahan Serangan Penyakit Virus Zika