Setiap hari kita melihat iklan baik di tepi jalan, koran hingga di dalam siaran televisi, namun ada beberapa iklan yang membuat kita mengingat iklan tersebut dan ada beberapa iklan yang tidak melekat di ingatan kita. Hal ini disebabkan oleh kualitas iklan tersebut. Ada beberapa iklan yang hanya menggunakan gambar dan tidak disertai dengan kata-kata sehingga beberapa kalangan tidak mengerti dengan apa yang sedang diiklankan. Oleh sebab itu, diperlukan cara pemilihan kata-kata atau kalimat untuk pembuatan iklan.

Cara Pemilihan Kata Atau Kalimat Untuk Pembuatan Iklan

Kalimat yang digunakan harus bisa menggambarkan iklan tersebut sehingga masyarakat yang menyaksikan mengerti apa yang diiklankan. Iklan yang ditayangkan tentu harus terfokus pada produk yang ingin dijual. Hal yang diutamakan tentunya membuat produk terlihat lebih baik dibandingkan produk pesaingnya. Pada akhirnya tujuan dari suatu iklan adalah mencetak penjualan. Oleh karena itu, diperlukan pemilihan kata-kata yang baik dan tepat. Berikut ini cara pemilihan kata-kata atau kalimat untuk pembuatan iklan:

Ungkapkan nama produsen dan nama produk yang akan dipromosikan melalui iklan

Masyarakat yang menyaksikan iklan harus menyadari bahwa iklan tersebut mempromosikan produk tertentu dan berasal dari produsen tertentu. Hal ini difungsikan agar masyarakat lebih mempercayai produk yang dipromosikan tersebut. Konsumen akan mengacu pada informasi yang disaksikan pada iklan tersebut.

Sebagai contoh: Intel selalu menggunakan kata-kata Intel inside, Intel Pentium, Intel Core2 Duo, Core i7 dan lain sebagainya.

Dalam prakteknya pentium adalah produk dari intel yang telah dipatenkan, sehingga tidak ada produk yang menggunakan nama yang sama. Namun, di dalam setiap iklan mereka selalu menyebutkan bahwa nama produsennya adalah Intel. Hal ini akan menanamkan suatu image di dalam masyarakat bahwa produk Intel lebih baik.

Sebutkan kelebihan produk dibandingkan pesaingnya

Konsumen juga sering membanding berbagai fitur produk sejenis karena mereka ingin mendapatkan produk terbaik. Setiap fitur unggulan pada produk tersebut wajib disebutkan di dalam iklan. Contoh iklan AC: non CFC, bio filter, anti bakteri, anti nyamuk, menggunakan teknologi inverter dan lain sebagainya.

Gunakan kata-kata yang pendek dan jelas pada fitur produk

Kalimat yang panjang memang mampu menjelaskan lebih jelas tapi kalimat panjang susah diingat dan susah dicerna. Kalimat panjang dapat diganti dengan kata-kata pendek karena hal ini memudahkan konsumen lebih mudah mengingatnya.
Contoh kalimat panjang:
Menggunakan refrigant non CFC yang ramah lingkungan.
Penggunaan silent motor membuat ruangan menjadi lebih tenang.
Teknologi inverter yang membuat lebih hemat listrik.

Contoh kalimat pendek:
non CFC
silent motor
teknologi inverter

atau:
ramah lingkungan
tenang
hemat listrik

Penggunaan kata-kata pendek membuat iklan lebih mudah dicermati dan iklan terlihat lebih bersih.

Gunakan kalimat yang menimbulkan keinginan memiliki

Kalimat yang disertai foto atau ilustrasi dapat digunakan untuk menggambarkan bahwa produk yang diiklankan memiliki banyak kegunaan untuk kehidupan mereka. Produk apa pun dapat dibuat sedemikian rupa agar terlihat sangat berguna.
Contoh: Peralatan memasak mampu membuat proses memasak menjadi jauh lebih mudah.
Smartphone membuat pekerjaan lebih mudah dan tampil lebih “keren”.
Mesin cuci otomatis, pekerjaan mencuci menjadi serba otomatis, masukkan pakaian tanpa harus ditunggu dan selesai dalam keadaan bersih dan kering.

Berikan kata-kata yang membuat masyarakat melakukan aksi pembelian

Masyarakat yang menyaksikan iklan dapat dipancing menggunakan promosi yang terbatas.
Promosi terbatas dapat berupa keterbatasan jumlah produk, seperti penjualan handphone merek dan model tertentu secara online dan ketersediaan sangat terbatas.
Promosi terbatas pada batas waktu tertentu, produk dengan harga khusus atau potongan harga hanya ditawarkan pada periode tertentu.
Hal ini akan menimbulkan urgensi dari peminat produk. Mereka akan memprioritaskan pembelian produk tersebut karena masalah keterbatasan.

Pergunakan kata-kata yang memberikan kesan sempurna tapi tidak mengakibatkan tuntutan secara hukum

Iklan yang membuat seseorang merasa harga penawaran sangat murah atau penawaran disertai bonus akan sangat menarik perhatian.

Contoh kalimat: Segera kunjungi gerai terdekat dan dapatkan voucher gratis ditambah bonus hadiah langsung tanpa diundi.

Namun pada beberapa iklan promosi yang harus memenuhi suatu persyaratan agar bisa mendapatkan produk bonus atau diperoleh dengan harga tertentu harus menyertakan kalimat “syarat & ketentuan berlaku”.