Di dalam setiap acara seminar motivasi, para motivator akan selalu mengatakan kepada setiap peserta seminar untuk selalu menanamkan pikiran positif terlebih dahulu sebelum memulai action. Para motivator menegaskan bahwa pikiran positif perlu ditanamkan dalam diri setiap orang agar kedepannya mereka menjadi lebih bersemangat, antusias memulai suatu usaha, bisnis atau suatu pekerjaan. Mereka juga mengajarkan sikap pantang menyerah ketika mengalami kegagalan, selalu berpikir ke depan dan merencanakan hal-hal positif.

Kita dapat belajar banyak dari para motivator agar di dalam kehidupan kita selanjutnya dapat berubah menjadi lebih baik. Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah dengan selalu berpikir positif setiap harinya. Pikiran positif akan membantu kita untuk meraih apa yang kita cita-citakan dan berani mewujudkannya. Hal ini harus selalu dilakukan hingga di suatu titik di mana semua angan atau cita-cita kita tercapai.

Dalam prakteknya, pikiran kita tidak selalu positif. Ada kalanya pikiran negatif seringkali menghinggapi diri kita sehingga menghambat usaha kita untuk berhasil. Berikut ini adalah beberapa cara mudah untuk tetap berpikiran positif setiap harinya:

Aktifitas penyemangat
Sebelum memulai aktifitas di pagi hari ada baiknya Anda melakukan hal yang membuat Anda bersemangat untuk memulai hari Anda yang baru. Aktifitas yang dapat Anda lakukan seperti: melompat, teriak, menendang atau hal lain yang menyenangkan hati Anda sehingga mood Anda menjadi lebih baik. Hal ini akan memacu adrenalin dan membangunkan energi di dalam tubuh kita.

To do list
Dalam memulai setiap aktifitas yang akan Anda lakukan, Anda sebaiknya membuat to do list atau daftar rincian aktifitas atau pekerjaan yang perlu Anda lakukan. Keuntungan Anda membuat to do list akan menghemat waktu Anda untuk berfikir apa yang perlu Anda lakukan pada hari itu. Segala hal yang perlu Anda lakukan dalam hari itu sudah dalam daftar rincian Anda sehingga Anda tidak akan lupa dan Anda akan menyelesaikannya pada hari tersebut. To do list akan meminimalisir stress dan membuat Anda lebih fokus pada pekerjaan yang akan Anda selesaikan. Pikiran Anda tidak terpecah untuk memikirkan hal lain yang belum Anda kerjakan. Jangan lupa masukkan kata-kata positif di dalam to do list Anda untuk mengingatkan pikiran positif Anda.

Me Time
Anda terkadang butuh waktu untuk menyendiri setelah seharian bertemu teman sekerja, client, bos Anda atau lain sebagainya. Anda tentu sudah lelah seharian beraktifitas dan membutuhkan me time. Di saat Anda dapat menyendiri ini, perasaan Anda akan lebih tenang dan dapat mengevaluasi apa saja yang telah Anda lakukan pada hari itu. Di saat Anda menyendiri, pikiran Anda lebih leluasa dan Anda mungkin mendapat ide baru cemerlang yang bermanfaat bagi usaha atau pekerjaan Anda selanjutnya.

Meditasi
Meditasi sejenak akan membuat pikiran Anda menjadi lebih tenang dan lebih relaks. Pikiran Anda akan menjadi lega sejenak pada saat melakukan meditasi. Otak akan beristirahat sejenak dengan penuh kesadaran. Pikiran Anda akan lebih terfokus setelah melakukan meditasi. Anda bisa mulai mengisikan hal-hal positif ke dalam pikiran Anda setelah selesai melakukan meditasi.

Berdoa
Berdoa tentunya bergantung pada iman seseorang. Seseorang yang beriman tinggi pasti merasakan bahwa doa mereka sangat manjur. Setiap berdoa mereka merasa diberkahi dan membuat mereka lebih bersemangat pada saat kerja. Anda juga dapat melengkapi doa Anda dengan kata-kata positif untuk memberkahi Anda bersama keluarga. Anda juga memohon petunjuk dan jalan yang benar ketika Anda menjalankan semua rencana besar Anda. Puji syukur terhadap apa yang telah Anda capai selama ini juga dapat diikut sertakan di dalam doa Anda agar Anda lebih bersemangat lagi untuk hari-hari ke depannya. Anda dapat berdoa setiap mengawali dan mengakhiri pekerjaan Anda.

Setiap orang dapat memilih cara untuk mendapatkan pikiran positif mereka masing-masing. Setiap cara yang dipilih oleh seseorang tidak selalu sama dan mungkin berbeda pada hasil akhirnya. Anda dapat mencoba cara yang disebutkan di atas dan Anda akan menilai cara mana yang lebih cocok untuk diri Anda. Anda juga dapat mengkombinasikan beberapa cara yang Anda sukai. Semoga segala pikiran positif Anda berbuah baik.