Cara Mudah Memulai Bisnis Online - Photo Credit Salford Business School

Cara Mudah Memulai Bisnis Online

Untuk memulai bisnis online Anda harus memiliki sikap mental yang positif dan sabar. Tidak sedikit pemula yang merasa bingung untuk melakukan apa dan memulainya dari mana. Bisnis online sendiri terdiri dari banyak jenis bisnis. Bila Anda belum mengetahui jenis-jenis bisnis online silahkan baca:

Jenis bisnis online yang terbukti menghasilkan

Anda dapat klik link di atas untuk mengetahui jenis-jenis bisnis yang dapat dijalankan sebagai referensi Anda. Setelah Anda mengetahui target bisnis yang Anda ingin jalankan tentunya Anda bisa mempersiapkan kebutuhannya, seperti berikut ini:

1. Perangkat
Anda dapat memilih perangkat yang dapat digunakan untuk melakukan bisnis online mulai dari perangkat komputer(PC), laptop, smartphone atau tablet PC. Perangkat tentunya juga disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda, namun demikian Kami menyarankan Anda untuk menggunakan PC atau laptop. Ada beberapa hal yang tidak dapat dilakukan oleh smartphone atau tablet. Anda juga dapat bekerja dengan lebih cepat jika menggunakan PC atau laptop. Perlu diingat bahwa pelanggan lebih suka untuk mendapatkan layanan yang cepat. Bila Anda suka bepergian atau berada di luar rumah atau kantor, perangkat smartphone atau tablet dapat membantu mobilitas Anda.

2. Koneksi Internet
Koneksi internet merupakan suatu kebutuhan mutlak. Anda harus pastikan bahwa Anda tetap dapat terkoneksi dengan internet. Pelanggan atau calon pelanggan Anda akan menghubungi Anda menggunakan aplikasi yang terhubung dengan internet. Pelanggan akan kecewa bila Anda terlambat untuk melakukan respon. Koneksi internet di setiap daerah berbeda-beda ketersediaannya begitu juga dengan biayanya, untuk hal ini Anda harus mencari penyedia layanan internet yang paling efisien untuk bisnis Anda.

3. Pengetahuan
Setelah perangkat dan koneksi internet tersedia, Pengetahuan tentang cara kerja mekanisme internet, cara menggunakan aplikasi atau layanan pihak ketiga hingga cara menjalan bisnis Anda juga merupakan hal penting. Anda dapat mencari pengetahuan di internet, bertanya di forum, mengikuti kursus online, beli ebook dan lain sebagainya untuk menunjang bisnis Anda.

4. Kontak
Anda memiliki sarana kontak yang selalu aktif untuk dihubungi oleh pelanggan atau calon pelanggan Anda. Anda dapat menggunakan email, yahoo messenger, BBM, whatsapp, line, telepon dan lain sebagainya untuk kemudahan bagi pelanggan menghubungi Anda.

5. Sarana Bisnis
Kebanyakan jenis bisnis di internet menggunakan sarana bisnis untuk melakukan transaksi. Anda dapat menggunakan website, toko online, blog, forum, market, media sosial sebagai sarana Anda untuk melakukan bisnis. Namun penggunaan sarana tentunya harus disesuaikan dengan model bisnis Anda.

Kami sarankan Anda memiliki sebuah website sebagai brand image Anda, karena kehadiran sebuah website dapat merubah pandangan seseorang terhadap produk atau layanan Anda.

6. Marketing
Bila Anda belum pernah bergelut dengan namanya bisnis apalagi bisnis online, mungkin kata marketing ini asing untuk Anda. Marketing adalah suatu usaha untuk menjual produk/jasa atau suatu usaha untuk memperkenalkan bisnis Anda kepada masyarakat. Kebanyakan pebisnis online sudah mempersiapkan bisnis mereka sesuai dengan 5 poin yang disebutkan sebelumnya, namun mereka gagal dalam melakukan marketing. Anda harus memiliki perencanaan mengenai menjual produk/jasa Anda dan tentunya memperkenalkan bisnis Anda juga sangat penting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *