Seperti yang kita lihat, toko kelontong masih dioperasikan secara tradisional. Banyak hal yang membuat toko kelontong kini kalah bersaing dengan toko ritel modern, seperti: kotor, panas, gelap, tidak nyaman untuk berbelanja, antri menunggu pelayanan dan lain sebagainya. Hal ini tentu perlu diperbaiki karena ketidaknyamanan pelanggan akan berakibat buruk untuk masa depan toko kelontong. Berikut ini adalah cara modernisasi toko kelontong yang masih dikelola secara tradisional:

Cara Modernisasi Toko Kelontong

Bila dilihat secara fisik toko kelontong sangat berbeda jauh dengan toko ritel modern seperti minimarket perorangan maupun minimarket waralaba. Toko kelontong tradisional cenderung terlihat kumuh, tidak terawat, gelap, kotor dan tidak nyaman. Pada jaman dahulu toko kelontong tidak mempunyai saingan toko modern seperti saat ini sehingga mereka tetap berdiri di atas pasar. Kini saingan bermunculan di tengah pasar dengan penampilan jauh lebih baik. Hal ini tentu menjadi pukulan kuat untuk para pelaku bisnis toko kelontong tradisional. Kini saatnya toko kelontong merubah diri menjadi toko kelontong modern.

Penataan ulang penampilan interior toko

Salah satu perbedaan mencolok toko tradisional dengan toko modern adalah penampilan interior. Salah satu hal yang harus ditata ulang adalah kondisi ruangan interior toko. Toko harus tampil rapi dan bersih. Hal ini sangat jarang kita lihat pada toko kelontong tradisional.

Semua interior harus terlihat rapi dan bersih mulai dari lantai, dinding, plafon dan pintu. Lantai harus dilapisi menggunakan keramik atau granit yang berwarna cerah, seperti: putih, cream cerah, abu-abu cerah atau warna lain yang cerah. Plafon dan dinding harus dirapikan agar terlihat bersih kemudian ditutup dengan cat putih. Warna putih akan membantu pantulan cahaya lebih sempurna sehingga interior ruangan toko terlihat lebih terang.

Pintu dan dinding luar yang menghadap jalan harus menggunakan bahan kaca. Bahan kaca dipilih agar orang yang berlalu lalang di depan toko dapat memandang ke dalam toko dengan lebih jelas. Hal ini akan dengan mudah menampilkan interior toko kepada masyarakat.

Pasang lampu penerangan yang baik agar toko terlihat cerah dan bersinar

Kualitas penerangan dan kecerahan toko dapat menarik perhatian masyarakat untuk berkunjung ke dalam toko. Penerangan juga cukup menarik perhatian mata dari luar ruangan. Oleh karena itu, pasang lampu penerangan yang cukup banyak untuk menarik perhatian masyarakat.

Penerangan yang baik disertai interior putih atau berwarna cerah akan membangun image, bahwa toko tersebut bersih dan higenis. Pemandangan di dalam toko akan sangat berbeda bila toko tidak dilengkapi dengan penerangan memadai. Pilihlah lampu yang hemat energi agar biaya operasional toko lebih hemat.

Penataan toko beserta pajangan stok di dalam toko

Salah satu hal yang membuat toko modern lebih diminati oleh pengunjung adalah kemudahan berbelanja dan mereka dapat melihat barang sendiri tanpa bantuan petugas atau pemilik toko. Hal ini tentunya sangat penting untuk dilakukan. Barang pajangan di dalam toko harus disusun berdasarkan kategori barang yang dijual agar pembeli mudah menemukan barang yang ingin mereka beli.

Barang di dalam area toko harus tersusun rapi, stok barang berlebih harus disimpan di dalam gudang dan jangan ditumpuk di atas rak barang. Penyusunan barang pajangan pada rak secara berlebihan dapat mengurangi kualitas pemandangan di dalam toko.

Rak pajangan yang digunakan sebaiknya berwarna putih dan disertai tempat untuk meletakan label harga. Gunakan rak pajangan yang setinggi dada manusia dewasa. Hal ini akan memudahkan pengunjung untuk mengambil barang. Posisikan rak sesuai dengan ukuran ruangan. Jangan letakkan rak pajangan sampai terlalu padat karena hal ini akan membuat pengunjung susah untuk berjalan di arena belanja.

Selalu sediakan label harga barang pada rak pajangan terkait

Salah satu faktor yang membuat pengunjung enggan berkunjung ke toko kelontong adalah ketidaknyamanan. Mereka harus terus menanyakan harga barang yang ingin dibeli. Salah satu hal yang mereka harapkan adalah ketersediaan label harga untuk barang yang ingin dibeli pada rak pajangan. Oleh karena itu, sediakan label harga pada rak pajangan barang terkait.

Pasang AC sesuai ukuran dan jumlah pengunjung di toko

Toko sembako atau toko kelontong modern yang akrab dipanggil minimarket ternyata bukan hanya tempat “ngadem” buat sebagian orang. Mereka senang mengunjungi toko untuk beli snack sambil mendinginkan badan. Hal ini ternyata menjadi suatu daya tarik utama dari sebuah minimarket. Hal ini tentunya menjadi suatu kewajiban untuk sebuah toko kelontong modern.

Unit AC yang dipasang harus sesuai dengan kapasitas ruangan dan kapasitas pengunjung di toko kelontong. Kekuatan dari unit AC harus mencukupi agar suhu ruangan cukup nyaman dan stabil. Sebaiknya mempergunakan beberapa unit AC yang total kekuatannya melebihi kapasitas ruangan dan jumlah pengunjung, hal ini dilakukan agar unit AC yang digunakan lebih awet. Selain itu, unit AC dapat beroperasi secara bergantian ketika ada unit AC yang mengalami kerusakan atau sedang melakukan proses maintenance.

Terbitkan promo pada setiap periode tertentu

Konsumen tentu akan sangat senang bila diberikan promo. Mereka suka membeli barang yang murah. Hal ini merupakan salah sifat manusia yang dapat dimanfaatkan agar toko kelontong menjadi ramai. Mereka akan berkunjung ke dalam toko bila mereka mendapatkan informasi diskon atau promo barang tertentu. Mereka juga berkemungkinan untuk membeli barang yang tidak sedang diberikan harga promo dan hal ini tentu akan menaikkan keuntungan yang diterima toko.

Berikan kantong plastik yang berkualitas tinggi

Konsumen jaman sekarang lebih bergengsi dan mereka lebih suka membawa barang belanjaan dengan kemasan yang terlihat bagus. Kantong plastik putih dan bersih merupakan salah satu daya tarik pengunjung untuk berbelanja. Berikan plastik berkualitas tinggi seperti yang diharapkan oleh konsumen.

Komputerisasi manajemen stok dan penjualan di toko

Komputerisasi toko bukan merupakan kewajiban tapi komputerisasi memudahkan pekerjaan pengawasan stok, perhitungan rugi laba, laporan penjualan dan lain sebagainya. Pengaplikasian software komputer yang tepat juga dapat memudahkan perhitungan barang belanja konsumen dan mempercepat pelayanan kepada konsumen.

Tukar nama toko yang membuat kesan modern

Nama toko terkadang tidak terlalu dipedulikan padahal nama toko juga mempengaruhi kesan tradisional atau modern. Bila toko kelontong yang masih menggunakan nama tradisional, ubahlah nama usaha menjadi nama yang lebih modern. Perubahan nama toko menjadi modern dapat menciptakan image berbeda terhadap toko yang dulunya tradisional menjadi modern.

Proses perubahan toko kelontong tradisional menjadi toko kelontong modern memerlukan usaha kerja keras dan cukup banyak menguras dana. Namun hal ini dilakukan demi masa depan toko kelontong yang lebih baik. Perubahan toko kelontong menjadi modern ini diharapkan dapat menaikkan daya saing toko kelontong terhadap pesaing lain.