Negara Indonesia merupakan negara yang kaya dengan beragam rempah dan bumbu yang mempunyai cita rasa tajam. Hal ini akan mempengaruhi masyarakat untuk memasukkan rasa pedas ke dalam masakannya. Masakan yang banyak mengandung bumbu dan rempah rasanya sangat nikmat bila ditambahkan rasa pedas. Pencinta kuliner juga tidak segan-segan untuk menambahkan sambal yang tentunya menambah rasa pedas ke dalam masakan. Namun, hal ini akan menimbulkan suatu masalah setelah menyantap masakan pedas ini, yaitu rasa pedas atau panas yang seperti terbakar sehingga diperlukan cara meredakan rasa pedas secara cepat. Pada artikel singkat ini kami akan memberikan tips mengenai cara meredakan rasa pedas secara alami dan efektif:

Rasa makanan pedas tidak dipungkiri membuat masakan terasa jauh lebih lezat dan menggugah selera. Banyak masakan Indonesia yang terasa lezat apabila disertai rasa pedas, contohnya: sambal, rujak, ulukutek leunca, balado telur, balado daging, sambal goreng kentang ati ampela dan lain sebagainya. Nah, bagi Anda pecinta kuliner pedas, jangan lupa tips meredakan rasa pedas berikut ini:

Cara Meredakan Rasa Pedas Secara Alami

Setelah selesai menyantap makanan pedas, umumnya kita akan merasa kepedasan. Pedasnya cabai akan membuat lidah serasa terbakar, keringat mengalir dan mata berair. Cara biasa dalam meredakan rasa pedas adalah dengan meminum segelas air putih dingin. Meredakan rasa pedas dengan cara ini sebenarnya kurang efektif dan sia-sia. Jadi bagaimana cara meredakan rasa pedas secara alami agar rasa pedas dapat segera teratasi?

Susu meredakan rasa panas di mulut dan perut

Mengatasi rasa pedas secara alami dapat dilakukan dengan cara meminum segelas susu. Mengapa harus meminum segelas susu bukannya segelas air putih dingin? Pertanyaan tersebut dapat muncul dibenak kita. Menurut beberapa penelitian, pedasnya cabai mengandung zat capcaisin yang merupakan zat non polar di mana molekul zat non polar hanya dapat diatasi dengan menggunakan zat non polar juga. Air putih dingin tidak mengandung zat non polar sehingga mengatasi rasa pedas dengan air putih dingin akan kurang efektif. Susu mengandung zat non polar sehingga dapat secara efektif mengatasi rasa pedas dimulut akibat mengkonsumsi cabai.

Jadi kita tidak perlu ragu lagi menggunakan susu untuk meredakan rasa pedas akibat banyak mengkonsumsi cabai. Jadi sebelum menyantap makanan pedas, sediakan selalu segelas susu sebagai pereda rasa pedas secara alami.

Atasi rasa pedas di mulut menggunakan air

Tadi disebutkan bahwa air putih tidak efektif untuk mengatasi rasa pedas. Sekarang malah menyarankan menggunakan air putih. Sabar dulu, begini ceritanya. Ketika kita merasa kepedasan, kelenjar liur di dalam mulut akan mengeluarkan rasa pedas dari lidah dengan cara mengeluarkan air liur. Air liur yang keluar akan membawa rasa pedas meninggalkan mulut dan lidah. Bila kita minum air maka rasa pedas tersebut akan terbawa ke dalam perut sehingga rasa pedas diperut semakin bertambah. Pada saat kepedasan seusai makan sebaiknya kita kumur-kumur menggunakan air putih.

Cara kumur tidak dilakukan seperti pada saat kita sedang gosok gigi tapi cara kumur dilakukan dengan perlahan. Minum setenggak air tapi jangan ditelan. Gerakkan lidah berkali-kali hingga kita merasa air yang berada di dalam mulut menjadi mengental. Buang air yang sudah mengental dan ulangi 3 kali atau hingga kita sudah merasa tidak kepedasan. Cara ini sudah sering dipraktekkan oleh saya pribadi. Tanpa susu, tanpa es dan ga pake lama. Heheheh… tidak percaya? Coba saja.