Setelah Anda memiliki website, pastinya Anda perlu membuat konten sebagai materi website untuk mendatangkan pengunjung melihat dan membaca konten Anda. Tetapi, karena banyaknya kompetitior yang membuat konten yang sama, menjadikan website Anda sulit untuk menempati ranking 10 teratas di mesin pencari. Apalagi bila website Anda baru dibuat dan membutuhkan waktu untuk dapat dikenali oleh mesin pencari. Setiap pengguna internet biasanya lebih tertarik mengunjungi website yang menduduki ranking 10 teratas pada hasil-hasil pencarian, selebihnya pengunjung jarang untuk menelusuri halaman selanjutnya pada mesin pencari.

Usaha menaikkan ranking website merupakan hal yang sangat sulit dilakukan, untuk itu saya ingin menjelaskan cara untuk meningkatkan ranking pencarian konten website Anda pada mesin pencari, caranya sebagai berikut:

Judul Konten
Pada saat membuat konten judul sangat berpengaruh besar karena judul merupakan prioritas pertama pada mesin pencari. Sebaiknya Anda menggunakan kata-kata yang baku dan sering digunakan oleh pengunjung untuk mencari di mesin pencari.

Keyword
Keyword yang baik dan dapat mendeskripsikan isi halaman website Anda. Oleh karena itu keyword juga sangat membantu konten Anda diprioritaskan oleh mesin pencari. Jadi selain Anda memilih judul, Anda juga sangat disarankan untuk memilih kata keyword.

Struktur Halaman Website
Halaman website perlu diperhatikan juga strukturnya karena merupakan SEO OnPage. Optimalisasi struktur halaman sangat dianjurkan oleh para webmaster berpengalaman. Hal ini sangat membantu mesin pencari untuk mencerna konten website Anda.

Struktur utama sangat disarankan adalah Anda membuat judul menggunakan <h1> dengan subjudul menggunakan tag <h2>, <h3> dan selanjutnya. Struktur konten website juga dibantu dengan pengelompokan menggunakan tag, category, label atau lain sebagainya. Untuk itu, Anda perlu merencanakan atau memperbaiki struktur website Anda yang kurang tepat agar mesin pencari mudah untuk mengenali website Anda dan akhirnya dapat meningkatkan traffik website Anda.

Penggunaan Struktur URL
Penggunaan struktur URL yang benar pada setiap konten website Anda akan mempermudah mesin pencari untuk melakukan indexing terhadap website Anda. Hal ini menjadikan mesin pencari lebih mudah mengkaitkan keyword terhadap judul dan description website Anda.

Perlu diperhatikan URL juga Tidak boleh terlalu panjang, buatlah sesingkat dan sepadat mungkin. URL tidak perlu panjang seperti dalam menulis judul. Biasanya pada pemrograman website membatasi jumlah karakter url, jadi bila URL mengikuti judul konten menggunakan kalimat yang panjang maka URL akan otomatis terpotong dan sebagian dihilangkan. Hal ini menjadikan hasil indexing menjadi kurang relevan terhadap konten Anda.

Usia Domain Website
Dalam dunia hosting website, peran umur domain sangat penting di mana semakin lama domain digunakan maka akan menjadi perhitungan tersendiri bagi mesin pencari. Bila domain Anda telah cukup berumur dan digunakan pada website sudah bisa dipercaya baik kualitas dan kuantitas kontennya, hal ini akan sangat membantu Anda dalam meningkatkan ranking hasil pencari dan traffic menuju website Anda.

Namun bila Domain Anda masih baru dan website Anda belum banyak memiliki konten, jangan takut bila domain Anda belum berperan penting. Anda dapat memilih konten berkualitas untuk disuguhkan, hal ini akan mendongkrak ranking hasil pencarian membantu mengeser para pesaing Anda.

Aktif Berkomentar
Anda perlu cukup rajin untuk memberikan komentar di website atau blog lain. Jangan lupa cantumkan alamat website Anda di sana. Hal ini akan berperan positif dalam membantu website Anda dikenali oleh mesin pencari.

Kesimpulan Cara Meningkatkan Ranking Pecarian

Website harus dibangun dengan semaksimal mungkin untuk mendapatkan hasil yang maksimal juga. Selain itu Anda harus cukup inovatif dalam menyediakan konten yang istimewa melalui website Anda. Anda perlu ketekunan dan kesabaran untuk membuat ranking hasil pencarian Anda naik ke papan atas mesin pencari. Percayalah bahwa dengan kerja keras membuat konten yang baik dan semangat untuk berjuang menaikkan ranking di mesin pencari akan berbuah positif. Jangan lupa juga untuk aktif berpartisipasi di website lain.