Perangkat Android dapat mengakses internet menggunakan koneksi 2G, GPRS(2.5G), EDGE(2.75G), HSDPA(3G), 3.5G, LTE(4G), CDMA, EVDO atau WiFi. Kecepatan internet pada perangkat Android memang tergantung pada kualitas jaringan internet. Keberadaan dan kualitas sinyal jaringan provider juga menentukan kecepatan internet pada perangkat. Tapi pada beberapa kasus, kecepatan internet menurun dikarenakan kondisi di dalam perangkat terkait. Dalam hal ini tentunya kita harus menelusuri kondisi di dalam perangkat kita sendiri. Berikut ini cara meningkatkan kecepatan internet di perangkat Android:

Cara meningkatkan kecepatan internet perangkat android

Kecepatan internet pada perangkat tergantung dari beberapa faktor termasuk faktor luar dari perangkat.

Faktor utama dari kecepatan internet adalah jaringan provider, pada daerah tertentu jaringan provider tidak mampu menyuguhkan internet berkecepatan tinggi. Tapi kini hampir semua provider melebarkan jangkauan jaringan ke seluruh nusantara sehingga konektifitas data semakin bertambah baik. Lokasi ruangan yang tertutup juga dapat mengakibatkan kualitas sinyal menurun. Kami juga membahas mengenai
cara memperkuat dan memperbaiki sinyal perangkat Android.

Faktor internal perangkat mempengaruhi kecepatan internet

Kualitas sinyal yang diterima perangkat mempengaruhi kecepatan internet. Namun, kondisi perangkat terkait juga sangat berpengaruh dari kecepatan internet.

Gunakan aplikasi antivirus dan sejenisnya

Kita sebagai pengguna perangkat terkadang tidak mengetahui bahwa perangkat kita sudah terinfeksi oleh virus atau malware. Keberadaan virus dan malware terkadang tidak membawa efek yang terasa pada saat penggunaan aplikasi. Tapi, beberapa jenis virus atau malware akan menggunakan jaringan internet kita untuk melakukan aktifitas yang merugikan. Sebaiknya kita juga berwaspada terhadap virus yang mungkin mencuri data penting di dalam perangkat kita.

Kecepatan internet kita akan banyak terpakai oleh program jahat dan kita akan merasa kecepatan internet kita melambat. Dalam hal ini kita bisa membasminya dengan menggunakan aplikasi antivirus yang telah dipercaya, seperti: avast mobile security, norton mobile security, AVG antivirus for Android, Kaspersky mobile security dan lain sebagainya.

Hapus aplikasi yang tidak dipergunakan

Kehadiran aplikasi gratis membuat kita tidak sungkan untuk mencoba dan menginstalnya di dalam perangkat. Hampir semua aplikasi gratis mencari keuntungan melalui iklan dipasangkan di dalam aplikasi maupun di luar aplikasi. Aplikasi akan berjalan dan mengambil iklan dari internet dan hal ini akan membuat sebagian kecepatan internet kita terpakai.

Kita sering tidak mendapat kejelasan bahwa aplikasi mana yang mengirimkan atau menampilkan iklan di dalam perangkat kita. Oleh karena itu, kita sebaiknya menghapus aplikasi yang tidak kita gunakan. Hal ini akan menghemat kecepatan internet kita bila koneksi internet kita ternyata digunakan oleh aplikasi yang tidak pernah digunakan tersebut.

Non Aktifkan aplikasi bawaan perangkat

Kita tidak melupakan juga ternyata ada beberapa aplikasi yang tidak bisa dihapus. Bila aplikasi tersebut merupakan aplikasi bawaan perangkat, kita tentunya tidak dapat menghapusnya. Tapi kita mempunyai suatu cara untuk menghadapi hal ini, yaitu menonaktifkan aplikasi.

Aplikasi dapat dinonaktifkan secara permanen melalui manajer aplikasi. Kemudian pilih nama aplikasi dan tekan tombol disable/non aktifkan. Aplikasi tersebut tidak akan berjalan namun tetap berada di dalam perangkat kita.

Matikan Auto Sync pada perangkat akan membuat kenyamanan berinternet

Auto sync merupakan fitur keamanan data pada perangkat kita. Namun, proses untuk sync data kita dengan server penyimpanan data tentunya akan mengganggu aktifitas internet kita. Kecepatan internet akan menurun karena sebagian jatah komunikasi data kita dialihkan untuk melakukan syncing.

Cara mematikan sync: masuk ke dalam pengaturan, pilih menu accounts & sync dan kemudian matikan sync. Proses sync tidak akan berjalan hingga Anda menyalakannya kembali.