Diare adalah penyakit pada saluran pencernaan di mana penderita akan merasa sakit pada perut dan buang air besar yang disertai air yang banyak. Proses buang air bisa sangat sering terjadi antara 5 hingga 20 kali dalam sehari. Penyakit diare dapat terjadi pada siapa saja bahkan orang yang tinggal di negara maju dan bersih. Diare dapat ditimbulkan oleh kuman yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan. Diare tidak selalu disebabkan oleh kuman yang masuk ke dalam tubuh. Tubuh memiliki suatu mekanisme untuk membersihkan usus. Biasanya ketika baru sembuh dari sakit yang cukup parah, tubuh akan membersihkan usus.

Makanan juga menjadi salah satu faktor penyebab diare. Sebagian orang yang jarang atau tidak pernah minum susu akan memiliki kemungkinan mengalami diare bila mereka mencoba minum susu. Konsumsi lemak dalam jumlah yang banyak juga akan menyebabkan diare, seperti: gorengan, kue, makanan bersantan, daging berlemak dan lain sebagainya.

Pada umumnya diare bisa sembuh sendiri tanpa harus diberikan obat atau penanganan dokter. Namun demikian diare tetap harus segera ditangani karena beberapa kasus diare, pasien mengalami buang air terlalu banyak. Tubuh pasien mengalami kehilangan banyak cairan dan pada kasus sangat parah dapat menyebabkan kematian.

Berikut ini adalah cara mengobati diare dengan cepat dan tepat:

Oralit
Oralit terdiri dari garam kalium, garam natrium dan sedikit glukosa. Oralit harus dicampur dengan segelas air sebelum diminum. Oralit dapat dibeli melalui apotik terdekat. Oralit berfungsi untuk menghentikan diare dan menggantikan cairan beserta natrium dan kalium yang hilang di dalam tubuh.

Sebagian orang tidak mengerti cara minum oralit, mereka menenggaknya langsung dan akibatnya mereka merasakan sakit di dalam perut dan terbuang lagi. Oralit harus diminum dengan perlahan-lahan dengan menggunakan sendok dan memberikan waktu bagi tubuh untuk untuk menyerapnya dan tidak menjadi beban pada saluran pencernaan. Segelas larutan oralit dapat diminum 2-3 sendok dan memberikan istirahat selama 3 menit dan kemudian ulangi lagi hingga habis.

Pengganti Oralit
Ada kalanya kita tidak dapat memperoleh oralit melalui apotik atau toko obat terdekat, misalnya: pada tengah malam, hari libur dan lain sebagainya. Kita dapat membuat larutan pengganti oralit menggunakan segelas air minum ditambahkan setengah sendok teh garam dapur dan 2 sendok teh gula pasir. Larutan ini akan cukup membantu tubuh kita untuk menggantikan cairan dan garam yang hilang dari dalam tubuh kita. Larutan ini juga bisa membantu menghentikan diare. Cara minum larutan ini juga sama dengan larutan oralit.

Obat Penghenti Diare
Obat penghenti diare, seperti: entrostop, diapet dan lain sebagainya yang mudah didapatkan melalui minimarket, apotik, atau toko obat terdekat. Obat penghenti diare cukup mudah untuk diminum dan sangat berguna bila Anda mengalami diare ketika berada di luar rumah. Anda juga sangat disarankan selalu membawa obat diare ke mana pun Anda pergi karena Kita tidak tahu kapan kita akan mengalaminya.

Makanan
Ketika mengalami diare, kita harus menghindari makanan yang dapat membuat keadaan menjadi tambah buruk, seperti: makanan berminyak, makanan bersantan, makanan yang mengandung asam, makanan manis dan makanan pedas. Ketika mengalami diare, tubuh kita akan menolak hampir semua makanan tapi makanan tetap dibutuhkan tubuh kita untuk membantu pemulihan. Makanan dapat diberikan kepada penderita dalam jumlah yang sedikit namun sering. Hal ini dimaksudkan agar kerja sistem pencernaan tidak terbebani dan dapat menyerap makanan.

Selain makanan, kuman dan mekanisme tubuh untuk membersihkan saluran pencernaan, beberapa penyakit lain juga dapat menyebabkan diare. Penyakit yang dapat menyebabkan diare di antaranya: sakit maag, kanker lambung kanker usus besar dan lain sebagainya. Diare yang disebabkan oleh penyakit lain tidak dapat disembuhkan dengan cara yang disebutkan di sini. Anda harus mengkonsultasikan kepada dokter Anda mengenai diare dan penyakit penyebab diare tersebut.