Belanja online merupakan aktifitas jual-beli yang sering dilakukan oleh sebagian besar pengguna internet. Salah satu kemudahan saat berbelanja online adalah Anda tidak perlu repot keluar rumah untuk membeli sebuah produk. Dengan fasilitas yang disediakan oleh toko online, Anda dapat memesan, membeli produk dan membayarnya maka produk yang Anda beli akan segera dikirimkan. Kini banyak pihak yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan toko online untuk melakukan penipuan. Kita sebagai konsumen harus mewaspadai transaksi jual-beli yang dapat merugikan. Anda harus ekstra waspada dalam melakukan transaksi berbelanja online, apalagi Anda belum mengetahui latar belakang toko online yang sedang Anda kunjungi. Berikut ini adalah beberapa cara untuk menghindari penipuan saat berbelanja online:

1. Cek informasi produk dan penjualnya
Saat berbelanja online, Anda harus memperhatikan informasi produk yang akan dibeli. Anda perlu membandingkan harga produk pada toko online lain untuk membedakan harga dan kualitas produk. Anda juga perlu memperhatikan toko online yang Anda kunjungi dengan mencari informasi latar belakang perusahaan, informasi penjual, tahun berdiri, testimoni dan lain sebagainya. Pada akhirnya, Anda dapat menyimpulkan bahwa toko online tersebut profesional dan tidak melakukan penipuan.

2. Hindari produk dengan harga terlalu murah
Salah satu usaha untuk membohongi pelanggan, biasanya pihak yang tidak bertanggung jawab memberikan harga miring atau lebih rendah dibanding harga pasaran. Hal ini dilakukan untuk menarik perhatian korban untuk membeli produk tersebut. Anda harus lebih teliti untuk memilih produk dan membandingkan produk pada toko online lain. Anda disarankan untuk tidak terlalu percaya dengan produk yang dijual dengan harga yang terlalu murah karena ada kemungkinan produk tersebut palsu.

3. Waspadai produk palsu
Sebagai pelanggan yang cermat, Anda harus berhati-hati terhadap toko online yang sengaja melakukan penipuan dengan memberikan barang palsu. Biasanya produk yang diterima pelanggan tidak sesuai dengan yang ditampilkan di website. Anda perlu mencari informasi tentang produk tersebut agar terhindar dari produk palsu. Jika Anda masih ragu, Anda perlu bertanya pada seseorang yang mengerti mengenai produk yang akan dibeli.

4. Waspadai pencurian identitas
Pada saat Anda membeli produk, pihak toko online akan memberikan form pengisian data lengkap Anda. Anda akan diminta untuk mengisi data lengkap, seperti: nama, alamat, nomor telepon dan lain sebagainya. Namun, jika pihak toko online meminta nomor rekening Anda, Anda harus berhati-hati karena hal tersebut bisa dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan. Selain itu, Anda perlu mewaspadai metode pembayaran yang tak lazim dengan memberikan beberapa rekening dan hanya mencantumkan pembayaran tunai lewat Pos. Apabila Anda berbelanja online, Anda disarankan untuk menggunakan metode pembayaran yang aman dan terpercaya dengan menggunakan rekening bersama atau menggunakan pembayaran yang memberikan asuransi.

5. Produk pesanan tidak dikirim
Jangka waktu pengiriman pesanan tergantung jenis jasa pengiriman barang yang Anda pilih. Jika pesanan Anda mengalami keterlambatan pengiriman, segera hubungi customer service toko online tersebut untuk mendapatkan informasi pengiriman barang. Tetapi, jika customer service tidak merespon dengan keluhan yang Anda berikan dan pesanan tetap tidak diterima, bisa jadi Anda mengalami penipuan. Anda lebih baik memilih toko online yang sudah diketahui latar belakang perusahaannya agar terhindar dari penipuan. Toko online yang profesional memberikan jaminan uang kembali jika barang tidak diterima dan memiliki customer service yang akan selalu merespon bila pembeli butuh bantuan.

Saat berbelanja online, kita harus selalu waspada terhadap penipuan yang bisa terjadi pada Anda. Anda harus memperhatikan toko online yang sedang Anda kunjungi, seperti: latar belakang perusahaan, informasi penjual, tahun berdiri, testimoni dan lain sebagainya. Anda dapat memilih toko online yang terpercaya dan memiliki respon baik dari pelanggan agar terhindar dari penipuan. Demikian pembahasan mengenai cara menghindari penipuan saat berbelanja online, semoga bermanfaat.