Komedo dapat terjadi karena keberadaan sel kulit mati dan kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit. Sel kulit mati yang tidak rutin dieksfoliasi akan menjadi menumpuk dan mengundang bakteri untuk berkoloni sehingga menimbulkan tonjolan putih(whitehead) atau tonjolan hitam(blackhead) pada kulit yang dikenal dengan komedo. Namun demikian, ada beberapa cara menghilangkan komedo secara alami dengan memanfaatkan bahan-bahan yang terdapat di dalam rumah kita.

Komedo dikelompokkan menjadi 2 jenis

Komedo putih(whitehead) merupakan jenis komedo yang terjadi akibat pori-pori kulit tertutup atau tersumbat. Ciri-ciri dari komedo putih adalah tonjolan kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat dan terlihat seperti tonjolan putih kecil. Komedo jenis ini terjadi karena adanya minyak yang berlebih dan bakteri terperangkap di bawah permukaan kulit dan mengeras. Komedo hitam(blackhead) ini terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Komedo jenis ini terjadi karena pori-pori yang membuka ke permukaan kulit dan kemudian kelenjar minyak teroksidasi oleh udara dan berubah menjadi warna hitam atau coklat. Komedo secara umum terjadi pada hampir setiap orang.

Komedo secara umum terdapat pada daerah wajah khususnya daerah sekitar hidung. Komedo lebih sering muncul ketika seseorang mengalami masa puber, di mana saat itu hormon dapat menghasilkan sebum yang berlebih. Sebum adalah zat berminyak yang diproduksi oleh tubuh secara alami. Sebum disekresikan lewat kelenjar rambut untuk menjaga kelembaban kulit.

Kehadiran komedo di wajah cukup mengganggu penampilan dan harus diatasi. Berikut ini adalah cara menghilangkan komedo secara alami:

Putih telur dapat melunturkan minyak pada komedo

Putih telur bisa digunakan untuk mengobati komedo. Minyak dan sebum akan luntur setelah terkena putih telur. Minyak kemudiaan akan mudah dicuci dengan air. Caranya: campurkan 1 butir putih telur dengan 1 sendok makan madu dalam satu wadah. Bersihkan wajah dan keringkan dengan handuk. Oleskan campuran putih telur dan madu pada daerah wajah atau area yang terdapat komedo dan biarkan selama 25-30 menit atau sampai terasa mengering di wajah. Kemudian bilas dengan air dan keringkan wajah dengan handuk. Gunakan air hangat terlebih dahulu dan air dingin untuk melakukan pembilasan.

Lemon menghilangkan minyak berlebih di wajah

Lemon dapat digunakan untuk menghilangkan minyak berlebih pada wajah sehingga komedo cepat hilang dan mencegah komedo tidak timbul kembali. Caranya: siapkan wadah dan sebuah lemon yang dibelah kemudian ambil airnya. Campurkan minyak gliserin dan minyak almond secukupnya dan aduk rata. Campuran ketiga bahan tersebut dapat bekerja secara efektif untuk menghilangkan komedo. Sebelumnya diaplikasikan, bersihkan wajah terlebih dahulu dan keringkan wajah Anda dengan handuk. Oleskan campuran bahan tersebut pada daerah yang terdapat komedo. Biarkan beberapa saat hingga campuran bahan tersebut meresap pada wajah dan mulai mengering. Bilas wajah dengan air dingin dan keringkan wajah.

Uap air mempercepat pencairan minyak

Uap air panas dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan komedo. Komedo yang terkena uap panas akan lebih cepat luntur dan mudah dibilas dengan air. Caranya: Gunakan penutup kepala untuk mengikat rambut. Siapkan sebuah wadah atau baskom yang diisi dengan air panas. Dekatkan wajah ke uap air panas tersebut.

Pepaya mengangkat sel kulit mati di wajah

Pepaya dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan komedo di wajah Anda karena banyak mengandung nutrisi. Papain dan sodium akan membersihkan sel kulit mati yang menumpuk di dalam komedo dan pori-pori kulit. Vitamin dan kandungan lain pada pepaya akan menjaga kelembaban wajah dan menyegarkannya kembali. Caranya: Haluskan pepaya dan simpan dalam satu wadah. Cuci wajah dan keringkan wajah dengan handuk. Oleskan pepaya yang telah dihaluskan pada wajah atau hanya pada daerah berkomedo saja. Biarkan beberapa saat hingga terasa mengering. Basuh wajah dengan air dingin dan keringkan wajah dengan handuk. Perawatan ini dapat dilakukan 2 kali dalam sehari, pada pagi hari dan menjelang tidur.

Lidah buaya membunuh bakteri penyebab komedo

Lidah buaya mengandung antibiotik alami yang dapat bekerja sebagai bahan anti bakteri yang dapat digunakan untuk menghilangkan komedo. Selain itu lidah buaya merupakan sumber vitamin yang dapat memberikan nutrisi bagi kulit. Kesehatan kulit akan menjadi lebih baik dan lebih terjaga kelembabannya. Caranya: Ambil isi dari lidah buaya dan simpan di wadah. Bersihkan wajah dan keringkan dengan handuk. Oleskan lendir dari lidah buaya pada daerah yang terdapat komedo. Diamkan beberapa saat sampai terasa mengering di wajah. Bilas wajah dengan air dingin dan keringkan wajah dengan handuk. Perawatan ini juga dapat dilakukan 2 kali dalam sehari.