Ketombe dapat timbul di kulit kepala dan menyebabkan rambut terlihat kusam, lepek dan tidak sehat. Kita tentu tidak ingin ketombe terlihat dan menimbulkan krisis kepercayaan diri di depan umum. Oleh karena itu, diperlukan solusi atau cara menghilangkan ketombe yang efektif sehingga ketombe tidak muncul kembali. Pada artikel ini, Kami akan membahas cara menghilangkan ketombe secara alami dan tentunya akan berfungsi efektif.

Ketombe adalah sel kulit mati yang telah mengelupas pada kulit kepala. Hal ini dikarenakan oleh folikel rambut yang telah berkurang. Penyebab dari ketombe tentunya berbeda-beda pada setiap orang. Ketombe dapat disebabkan oleh debu, minyak, terkena paparan sinar matahari(Ultra Violet), sisa shampoo yang tidak terbilas, bertukar sisir, penggunaan shampoo yang tidak cocok atau akibat banyak pikiran(stress).

Cara menghilangkan ketombe secara alami

Cara menghilangkan ketombe dengan mudah dapat dilakukan dengan menggunakan shampoo yang mengklaim dapat mengatasi ketombe. Namun, meskipun menggunakan shampoo mudah dilakukan tetapi belum tentu cocok untuk setiap orang, ketombe bisa menjadi lebih banyak atau malah menyebabkan ketombe datang kembali. Berikut ini adalah cara menghilangkan ketombe secara alami yang tentunya lebih aman dan efektif, di antaranya:

Lidah buaya dapat menghambat pertumbuhan jamur penyebab ketombe

Ketombe pada umumnya diakibatkan oleh infeksi jamur mallasezia yang membawa pengaruh buruk terhadap kulit kepala. Pada kulit kepala, jamur mallasezia akan melakukan proses metabolisme dengan sebum dan menghasilkan asam oleat. Asam yang dihasilkan tersebut akan menimbulkan peradangan pada kulit kepala dan berdampak buruk pada sel-sel kulit sehingga menyebabkan timbulnya ketombe.

Cara penggunaan lidah buaya untuk mengatasi ketombe secara alami adalah sebagai berikut: ambil isi dari lidah buaya, haluskan dan taruh dalam wadah. Oleskan lendir dari lidah buaya tersebut pada kulit kepala dan biarkan selama 45 menit. Bilas kepala hingga bersih dengan menggunakan air dingin setelahnya. Lakukan perawatan ini minimal seminggu sekali atau 2-3 kali dalam seminggu.

Baking soda menghilangkan sel-sel kulit mati penyebab ketombe

Baking soda menghilangkan sel-sel kulit mati penyebab timbulnya ketombe. Baking soda dapat menghaluskan dan menghilangkan sel-sel kulit mati yang menumpuk pada kulit kepala sekaligus menjaga kesehatan kepala dari jamur penyebab ketombe.

Cara penggunaan baking soda untuk mengatasi ketombe secara alami pada kulit kepala adalah sebagai berikut: campurkan 1 sendok makan baking soda dengan 1 gelas air. Basahi rambut dengan campuran air dan baking soda tersebut. Pijat lembut kepala kemudian bilas kepala dengan air dingin. Lakukan perawatan ini rutin selama 1-2 kali dalam seminggu.

Garam menghilangkan sel-sel kulit mati penyebab ketombe

Garam menghilangkan sel-sel kulit mati penyebab ketombe. Penggunaan garam pada kulit kepala akan membantu menyerap keringat, debu dan racun. Bila kulit kepala berkeringat, berdebu dan tidak segera dibersihkan akan mudah terinfeksi oleh jamur penyebab ketombe. Garam juga mampu menjaga kelembaban kulit kepala dan menjaga kesehatan kulit.

Cara penggunaan garam untuk mengatasi ketombe secara alami adalah sebagai berikut: Garam digunakan sebagai scrub pada kulit kepala. Ambil garam halus, taruh dalam wadah. Baluri kulit kepala dengan garam. Ratakan dan pijat perlahan. Biarkan selama 10-15 menit. Pastikan garam telah merata pada kulit kepala. Bilas kepala dengan air dingin setelahnya. Lakukan perawatan ini 1-2 kali dalam seminggu.

Lemon menghilangkan jamur yang menyebabkan ketombe

Lemon memiliki sifat antijamur dengan menghilangkan jamur yang menyebabkan ketombe. Rasa asam yang terdapat pada lemon dapat digunakan untuk membunuh jamur penyebab ketombe. Lemon aman digunakan karena tidak mengandung bahan kimia yang dapat membahayakan rambut.

Cara penggunaan lemon untuk mengatasi ketombe secara alami adalah sebagai berikut: peras lemon hingga mencukupi untuk digunakan, taruh dalam wadah. Balurkan air lemon ke kulit kepala dan rambut. Diamkan 10-15 menit. Setelah itu ulangi sekali lagi, baluri rambut dan kulit kepala dengan air lemon. Diamkan selama 10-15 menit. Bilas dengan air dan shampoo setelahnya. Lakukan perawatan ini 1-2 kali dalam seminggu.