Pada awal usia 30-an sebagian wanita mulai merasakan efek dari penuaan dini, seperti timbulnya kerutan di wajah yang dapat mengurangi kepercayaan diri wanita. Sebagian wanita memilih menggunakan cara suntik untuk mengembalikan kecantikan, contohnya: suntik silikon, suntik botox, suntik putih dan lain sebagainya. Sebagian wanita juga menggunakan cara tanam benang pada wajah agar wajah tetap terlihat awet muda.

Treatment atau perawatan dengan cara suntik tersebut tentunya tidak murah dan memerlukan biaya yang cukup banyak. Anda perlu mengeluarkan biaya jutaan rupiah untuk memperoleh treatment tersebut di klinik kecantikan yang terpercaya.

Tidak sedikit klinik kecantikan yang mengklaim bahwa perawatan kulit menggunakan teknik suntik tersebut relatif aman dan tidak menimbulkan efek samping. Namun, Anda perlu ingat bahwa bahan kimia yang digunakan dalam perawatan tersebut belum tentu cocok bagi setiap orang. Bila Anda ingin mencoba perawatan alami sebelum memutuskan untuk melakukan perawatan menggunakan suntikan atau bahan kimia, Anda dapat mencoba cara menghilangkan kerutan wajah yang relatif murah dan alami:

1. Tidur terlentang
Anda disarankan untuk tidur terlentang untuk mencegah kerutan tambahan di wajah Anda. Cara ini menghindari wajah Anda untuk menahan beban kepala Anda dan menciptakan atau memperdalam kerutan di wajah. Anda sebaiknya tidak tidur menyamping yang dikhawatirkan dapat menambahkan kerutan di wajah.

2. Pisang
Buah yang satu ini selain enak dan membuat kenyang juga memiliki manfaat yang baik bagi kulit wajah. Caranya cukup mudah, cukup dengan menghaluskan buah ini dan menggunakan buah yang sudah dihaluskan ini sebagai masker pada wajah Anda yang telah dibersihkan. Diamkan kira-kira 10 menit. Setelah itu Anda dapat membilas wajah Anda dengan air hangat.

3. Kulit Semangka
Buah berair yang satu ini pun selain memiliki rasa yang enak dan baik untuk diet juga ternyata sangat baik untuk digunakan pada kulit wajah. Cairan buah ini dapat menghidrasi kembali kulit wajah kita. Caranya cukup mudah, Setelah Anda membersihkan wajah Anda, Anda dapat langsung mengoleskan cairan kulit semangka pada wajah Anda.

4. Nanas
Buah multifungsi ini sangat baik untuk digunakan sebagai pengencang wajah. Nanas mengandung enzim bromelain sebagai zat anti inflamasi dan asam alpha hidroksi yang sangat baik untuk membantu pengelupasan sel-sel kulit mati dan dapat digunakan untuk mengurangi kerutan di wajah. Caranya cukup mudah, haluskan irisan beberapa potong buah nanas yang sudah dibersihkan dan oleskan pada wajah yang telah dibersihkan. Diamkan selama 10 menit, bilaslah dengan air hangat.

5. Minyak zaitun
Minyak zaitun telah dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Oleskan minyak zaitun pada wajah yang telah dibersihkan terlebih dahulu. Minyak zaitun dapat membantu mengencangkan kulit wajah Anda. Keberadaan minyak zaitun di atas kulit wajah Anda dapat menjaga kelembaban kulit wajah dan dapat mencegah kulit wajah Anda dari kekeringan.

6. Air
Tubuh kita memerlukan asupan air yang cukup setiap harinya untuk melakukan proses detoks tubuh. Kekurangan air akan menyebabkan kulit kurang terhidrasi dan menjadi kering. Anda perlu minum cukup air setiap harinya, minimal 8 gelas setiap harinya agar kulit Anda terhidrasi dan menjadi lembab.

7. Irisan mentimun
Mentimun memiliki banyak kandungan air yang sangat baik bagi kulit. Anda dapat mengiris mentimun dan menyimpan dalam kulkas beberapa saat sebelum menaruhnya pada mata Anda. Dua puluh menit setelah Anda taruh di atas mata tertutup Anda, Anda dapat melepaskan irisan mentimun tersebut. Mata Anda akan terasa lebih segar dan mentimun juga dapat menghidrasi kembali kulit di area mata dan memperkecil kerutan di sekitar mata.

8. Istirahat yang cukup
Tubuh kita memerlukan waktu istirahat untuk melakukan pergantian sel-sel tubuh yang rusak. Anda disarankan cukup beristirahat setiap harinya agar kulit Anda dapat lebih segar dan terlihat sehat sehingga menghindarkan Anda dari kantung mata akibat kurang tidur.

9. Olahraga teratur
Anda disarankan berolahraga dengan teratur setiap harinya agar elasitas kulit tetap terjaga. Dengan berolahraga teratur, kulit Anda akan lebih sehat dan cantik.

10. Pola makan yang sehat
Ada peribahasa yang berbunyi: “You Are What You Eat”. Maksudnya adalah kondisi tubuh Anda tercermin dari makanan apa yang telah Anda konsumsi. Anda perlu menjalankan pola makan yang sehat untuk menunjang kesehatan dan kecantikan Anda.

Tubuh akan menua dengan sendirinya. Pencegahan dini akan sangat baik dilakukan untuk memperlambat proses penuaan tersebut. Tentunya setiap perawatan memerlukan waktu dan usaha yang tidak instant. Semakin alami produk yang kita gunakan tentunya akan semakin baik dan mengurangi biaya perawatan yang lebih mahal.