Jerawat bisa saja sering muncul di wajah atau pada bagian tubuh yang lain. Jerawat dapat diobati dengan menggunakan obat yang dijual bebas atau dengan menggunakan bahan alami yang sering kita jumpai di sekitar kita. Namun, setelah jerawat sembuh kadang masih meninggalkan bekas berupa flek hitam. Bekas jerawat yang muncul di wajah tentu akan mengganggu penampilan. Bagaimana dengan cara menghilangkan bekas jerawat secara alami?

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami

Bekas jerawat pada wajah merupakan proses penyembuhan dan perbaikan kulit yang rusak akibat jerawat pada jaringan kulit. Selama proses ini berlangsung, kulit akan memproduksi kolagen untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak akibat jerawat. Kolagen adalah suatu zat yang mendukung perbaikan kulit. Kekurangan kolagen pada kulit akan membuat kulit berlubang sedangkan kelebihan kolagen dapat menimbulkan bintik hitam dan flek pada wajah. Bekas jerawat akan memudar dengan sendirinya setelah beberapa bulan. Namun, ada beberapa cara yang dapat mempercepat penyembuhan dari bekas jerawat di wajah dan mencegah jerawat datang kembali. Berikut ini beberapa cara menghilangkan bekas jerawat dengan menggunakan bahan alami:

Tomat menghilangkan flek hitam yang disebabkan oleh jerawat

Tomat dapat digunakan untuk menghilangkan flek hitam yang disebabkan oleh jerawat. Tomat memiliki kandungan alami yang dapat membantu mengatasi minyak berlebih di wajah, memudarkan noda jerawat, mengurangi komedo di wajah, mencegah jerawat dan mengatasi pori-pori besar.

Cara penggunaannya:
Cara pertama:
Cuci bersih tomat, belah atau potong, blender. Sisihkan dalam satu wadah. Bersihkan wajah dan keringkan wajah dengan handuk. Oleskan tomat pada bagian yang berjerawat. Tunggu 10 hingga 15 menit. Bilas wajah dengan air dan keringkan wajah dengan handuk. Perawatan ini sebaiknya dilakukan 1 hingga 2 kali dalam sehari.

Cara kedua:
Potong tomat, bersihkan wajah, taruh irisan tomat pada daerah yang berjerawat dan tekan irisan tomat agar airnya dapat meresap ke dalam kulit yang berjerawat. Diamkan selama 15 menit. Buang irisan tomat, cuci wajah dan keringkan wajah dengan handuk. Perawatan ini dapat dilakukan 1 hingga 2 kali dalam sehari.

Bengkoang memutihkan wajah dan menghilangkan flek hitam akibat jerawat

Bengkoang juga berkhasiat dalam menghilangkan flek hitam akibat jerawat. Bengkoang mengandung vitamin C dan antioksidan yang berperan dalam proses regenerasi kulit dan menangkal radikal bebas. Bengkoang juga dapat digunakan sebagai pelembab wajah dan juga dapat memutihkan kulit.

Cara penggunaannya: Kupas kulit bengkoang, cuci bersih dan parut. Sisihkan dalam satu wadah. Bersihkan wajah, keringkan wajah dengan handuk, oleskan parutan bengkoang pada wajah. Diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air dingin dan keringkan wajah dengan handuk. Perawatan ini dapat dilakukan 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

Lidah Buaya memudarkan noda bekas jerawat dan membunuh bakteri penyebab jerawat

Lidah buaya mengandung antrakuinon yang dapat memudarkan noda bekas jerawat dan meregenerasi sel kulit. Lidah buaya juga mengandung saponin yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Lidah buaya memiliki anti jamur dan anti bakteri yang dapat mengurangi peradangan serta tidak menginfeksi luka pada jerawat. Lidah buaya juga mengandung asam salisilat yang dapat menghilangkan komedo putih dan komedo hitam pada wajah.

Cara penggunaannya: Cuci bersih lidah buaya, belah kemudian keluarkan isinya di satu wadah. Bersihkan wajah dan keringkan wajah dengan handuk. Oleskan isi lidah buaya pada wajah. Diamkan selama 15 menit. Basuh wajah dengan air dingin dan keringkan wajah dengan handuk. Perawatan ini dapat dilakukan setiap hari.

Minyak Zaitun meregenerasi sel kulit yang rusak akibat jerawat

Minyak zaitun dapat digunakan untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat karena minyak zaitun dapat meregenerasi sel sehingga sel kulit yang rusak cepat diganti menjadi sel kulit yang baru. Minyak zaitun memiliki kandungan anti radang, anti inflamasi dan anti bakteri sehingga dapat menyembuhkan jerawat. Minyak zaitun juga mengandung antioksidan yang tinggi sehingga dapat menangkal efek dari radikal bebas, seperti polusi lingkungan yang dapat menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan dan kecantikan kulit sehingga Anda akan terhindar dari timbulnya jerawat, keriput, hyperpigmentasi kulit dan lain sebagainya.

Cara penggunaannya: Bersihkan wajah dan keringkan wajah dengan handuk. Oleskan minyak zaitun pada daerah yang berjerawat atau bernoda hitam. Diamkan selama 15 menit. Cuci wajah dengan air hangat dan keringkan dengan handuk. Perawatan ini dapat dilakukan setiap hari pada saat menjelang tidur.

Lemon mengeringkan jerawat dan menyamarkan noda merah akibat peradangan

Lemon mengandung asam sitrat yang dapat mengeringkan jerawat dan mengelupas sel kulit mati. Lemon juga mengandung vitamin C yang dapat menyamarkan noda merah akibat peradangan yang disebabkan oleh jerawat.

Cara penggunaannya: cuci bersih lemon, belah menjadi 2. Ambil satu wadah, peras lemon dan ambil airnya. Bersihkan wajah dan keringkan dengan handuk. Oleskan air lemon pada wajah yang berjerawat. Diamkan selama 15 menit. Bilas wajah dengan air dingin dan keringkan wajah dengan handuk. Perawatan ini dapat dilakukan 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

Putih Telur mencegah timbulnya jerawat dan menyembuhkan luka akibat jerawat

Putih telur mengandung vitamin B3 yang dapat meredakan stress dan melancarkan peredaran darah. Stress dapat menyebabkan munculnya minyak berlebih dan mengakibatkan timbulnya jerawat. Putih telur juga mengandung zinc yang dapat menyembuhkan luka akibat jerawat.

Cara penggunaanya: Ambil satu wadah, pecahkan telur, ambil putihnya saja. Kocok putih telur sampai berbusa. Sisihkan. Bersihkan wajah dan keringkan wajah dengan handuk. Oleskan putih telur pada wajah atau daerah yang bernoda akibat jerawat. Diamkan selama 30 menit. Cuci bersih wajah dengan menggunakan air hangat. Keringkan wajah dengan handuk. Perawatan ini dapat dilakukan seminggu sekali. Perawatan ini cocok bagi semua jenis kulit, terutama pada jenis kulit kombinasi dan berminyak.

Ampas Teh Hijau menghaluskan wajah dan memulihkan noda bekas jerawat

Ampas teh hijau dapat Anda gunakan untuk menghilangkan bekas jerawat. Teh hijau mengandung polipenol dan antioksidan yang dapat menghaluskan wajah dan memulihkan noda bekas jerawat.

Cara penggunaannya: Bersihkan wajah dengan air dingin dan keringkan wajah dengan handuk. Kemudian tempelkan ampas teh secara merata pada daerah yang berjerawat. Diamkan sekitar 30 menit. Cuci wajah dengan menggunakan air dingin. Keringkan wajah dengan menggunakan handuk. Perawatan ini dapat dilakukan setiap hari.