Ketika bau mulut menyerang seringkali mengganggu aktivitas. Meskipun seseorang rutin menyikat gigi, bau mulut masih saja muncul. Bila Anda mengalami masalah seperti ini dan lupa membawa permen penyegar mulut atau tidak sempat untuk menyikat gigi Anda. Berikut ini ada beberapa cara menghilangkan bau mulut dengan cepat:

1. Air
Anda perlu cukup minum air putih setiap hari untuk menghindari mulut kering yang dapat menyebabkan bau mulut. Bau mulut dapat terjadi apabila Anda kurang bersih dalam menyikat gigi sehingga tumpukan sisa makanan tersebut akan diuraikan oleh bakteri yang akan menghasilkan gas kimia volatile sulfur compounds(VSCs) dan menimbulkan bau mulut.

Anda dapat mengurangi bau mulut dengan cara berkumur dengan air sehingga sisa-sisa makanan yang masih tersisa di gigi dapat keluar dan mengurangi resiko bau mulut yang ditimbulkan dari sisa-sisa makanan tersebut.

2. Teh hijau
Teh hijau mengandung fluor untuk mengurangi resiko gigi berlubang. Gigi berlubang menjadi salah satu penyebab timbulnya bau mulut karena sisa makanan akan menempel pada lubang gigi dan diuraikan oleh bakteri.

Kandungan zat aktif Catechins pada teh hijau dapat membunuh bakteri dari mulut dan mengurangi gula dari plak. Anda disarankan untuk rutin meminum teh hijau sebanyak 2-3 gelas dalam sehari. Anda juga tidak perlu khawatir dengan meminum teh hijau dalam jumlah besar akan menimbulkan efek samping. Teh hijau mengandung kafein yang relatif aman dibanding kopi. Anda sebaiknya tidak meminum teh hijau pada sore hari untuk menghindari kesulitan tidur pada malam hari.

3. Apel
Anda disarankan untuk rutin menggigit atau mengunyah buah apel karena buah ini dapat meningkatkan sekresi air liur dalam mulut yang dapat mengatasi kerusakan gigi dan mambantu mengatasi bau mulut. Anda akan memperoleh nafas yang segar dan gigi yang putih dan sehat berkat rutin mengkonsumsi apel.

4. Lemon
Buah lemon dapat mengatasi bau mulut yang tidak sedap dan yang diakibatkan mengkonsumsi bawang. Lemon mengandung asam sitrat yang dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut.

5. Yoghurt
Anda dapat menggunakan yoghurt tanpa gula untuk mengatasi bau mulut. Yoghurt mengandung bakteri baik yang dapat menekan pertumbuhan sulfat yang menyebabkan bau mulut. Yoghurt dapat membunuh bakteri jahat pada mulut sehingga dapat membantu menjaga kesehatan mulut dan gigi.

Menurut penelitian para ahli kesehatan, bau mulut dapat terjadi dikarenakan sebagian orang mungkin lupa membersihkan gusi atau lidah selain dari menggosok gigi. Hal inilah yang dapat menimbulkan bau mulut. Anda disarankan untuk tak lupa membersihkan gusi dan belakang lidah setiap Anda menggosok gigi Anda.

Bau mulut dapat disebabkan dengan mengkonsumsi bawang-bawangan, jengkol, petai atau karena Anda kurang terhidrasi. Sikat gigi saja terkadang kurang efektif bila Anda baru saja mengkonsumsi makanan penyebab bau mulut, sehingga Anda disarankan untuk mengurangi atau menghindari konsumsi makanan tersebut. Namun bila Anda terlanjur mengkonsumsinya dan untuk mengatasi bau mulut tersebut, Anda dapat mencoba salah satu cara yang Anda suka untuk membantu mengurangi bau mulut.