Bau pada kaki dapat terjadi dikarenakan kebiasaan yang kurang menjaga kebersihan kaki. Setelah pulang ke rumah, kita tidak langsung mencuci kaki dengan sabun antibakteri dan pada keesokan harinya menggunakan kembali sepatu dan kaos kaki yang dipakai sehari sebelumnya. Kaki dapat mengeluarkan keringat dan bercampur dengan bakteri yang dapat menimbulkan bau pada kaki. Pada kesempatan ini, kami akan membahas tentang cara menghilangkan bau kaki dengan cepat dan efektif.

Cara menghilangkan bau kaki dengan cepat dan efektif

Kita sering tidak sadar, kaki kita mulai berbau. Ketika kita sadar, kaki kita sudah terlanjur bau akibat keringat yang berkumpul dan mengakibatkan terjadinya fermentasi oleh bakteri atau jamur.

Kaki harus tetap dalam kondisi kering

Cara mudah dilakukan untuk menghilangkan bau kaki, yaitu: rutin mencuci kaki setelah beraktifitas dengan memakai sabun anti bakteri, menjaga kaki tetap kering, memakai kaos kaki dan sepatu yang kering atau lain sebagainya. Kaus kaki yang sudah digunakan untuk beraktifitas harus diganti. Sepatu atau sandal yang digunakan harus dicuci secara berkala untuk menghindari bakteri berkumpul.

Baking soda menghilangkan bau kaki dan mengurangi bakteri yang dapat menimbulkan bau pada kaki

Baking soda dapat digunakan untuk menghilangkan bau kaki yang menempel pada jaringan kulit kaki. Baking soda juga berfungsi untuk mengurangi bakteri yang menyebabkan bau pada kaki. Cara penggunaanya adalah sebagai berikut: campur 1/2 liter air dengan 1 sendok makan baking soda. Sikat kaki dengan menggunakan campuran baking soda tersebut.

Antiperspirant mengurangi keringat berlebih pada kaki

Antiperspirant adalah krim yang dapat dipergunakan pada telapak kaki sebelum memakai kaos kaki dan sepatu. Penggunaan dari antiperspirant ini untuk mengurangi keringat berlebih dengan cara mempersempit pori-pori dan saluran yang menuju pada kelenjar keringat. Cara penggunaan antiperspirant ini cukup mudah: oleskan krim ini sebelum memakai kaos kaki dan sepatu. Setelah kita memakai antiperspirant, kaki tidak akan mengeluarkan bau yang menyengat meskipun beraktifitas sepanjang hari.

Kaos kaki berbahan dasar katun menyerap keringat pada kaki

Pilihlah kaos kaki yang berbahan dasar katun atau wol agar dapat menyerap keringat pada kaki. Harga dari kaos kaki berbahan dasar katun atau wol memang lebih mahal dari kaos kaki berbahan dasar lainnya. Namun, Kaos kaki berbahan dasar wol atau katun akan lebih baik dalam menyerap keringat yang dapat menyebabkan kaki. Kaos kaki yang berbahan wol atau katun juga harus dicuci setelah digunakan tuntuk beraktifitas.

Lemon dapat membunuh kuman penyebab bau kaki

Air perasan jeruk lemon dapat digunakan untuk membunuh kuman yang bernaung pada daerah kaki. Penggunaan air lemon juga dapat menjaga kelembaban kaki. Cara penggunaannya adalah sebagai berikut: campurkan 1.5 liter air dengan air perasan dari 1 buah jeruk lemon. Rendam kaki selama 10 hingga 15 menit. Lakukan minimal seminggu sekali.

Sabun antibakteri mengurangi bakteri pada kaki

Sabun antibakteri dapat digunakan untuk membunuh bakteri penyebab bau kaki. Cara penggunaannya adalah sebagai berikut: oleskan sabun antibakteri pada kaki, sikat kaki, bilas dengan air kemudian keringkan kaki. Bersihkan kaki dengan sabun antibakteri setiap hari untuk mencegah bau kaki.

Sepatu berbahan kulit dan kanvas meminimalisir keringat penyebab bau kaki

Hindari menggunakan sepatu plastik karena kaki akan mudah berkeringat dan menimbulkan bau kaki. Gunakan sepatu berbahan kanvas atau sepatu berbahan kulit untuk memungkinkan kaki dapat bernafas dan meminimalisir keringat penyebab bau kaki.