Sariawan adalah sejenis luka cekung berwarna putih dan sedikit kekuningan yang muncul di bibir dan pada organ dalam mulut. Sariawan biasanya menyerang selaput lendir pipi bagian dalam, lidah, gusi, langit-langit atau bibir bagian dalam. Sariawan dapat terjadi pada siapa pun mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga orang yang berusia lanjut. Mereka yang menderita sariawan akan merasa sakit dan kesulitan pada saat mengunyah dan menelan makanan. Sariawan pada umumnya tidak berbahaya namun cukup mengganggu aktifitas. Pada pembahasan kali ini, kami akan membahas cara mengatasi sariawan secara alami dan efektif.

Sariawan secara umum dapat terjadi akibat kekurangan vitamin C, dinding mulut tergigit pada saat makan, panas dalam, sering mengkonsumsi makanan pedas dan berminyak, kurang menjaga kebersihan mulut, penggunaan pasta gigi, kesalahan pada saat menggosok gigi dan penggunaan obat tertentu.

Sariawan dapat juga disebabkan oleh faktor luar, di antaranya: jamur candida albicans yang menyerang bagian lidah, bakteri penyebab sariawan atau virus herpes simpleks yang menyerang dinding mulut dan belakang tenggorokan. Sariawan yang diakibatkan oleh akibat luka tergigit biasanya membutuhkan 3 hingga 10 hari masa pengobatan. Sariawan yang diakibatkan oleh virus herpes simpleks membutuhkan waktu 7 hingga 10 hari masa pengobatan.

Cara mengatasi sariawan secara alami dan efektif

Sariawan dapat terjadi bila daya tahan tubuh sedang menurun. Sariawan dapat diatasi dengan menggunakan obat oles agar sariawan terlindungi agar tidak terjadi iritasi. Penggunaan obat kumur yang bersifat antimikroba juga dapat dilakukan untuk menghindarkan terjadinya infeksi pada sariawan. Obat-obatan jenis steroid juga dapat digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan dan mencegah sariawan tidak bertambah besar. Cara mengatasi sariawan secara alami juga dapat menjadi pilihan karena memiliki kegunaan yang sama dalam menyembuhkan sariawan, lebih mudah didapat dan tidak menimbulkan efek samping.

Berikut ini adalah cara mengatasi sariawan secara alami dan efektif, di antaranya:

Kelapa menenangkan pencernaan dan menyembuhkan sariawan akibat panas dalam

Kelapa memiliki manfaat dalam menenangkan pencernaan dan menyembuhkan sariawan akibat panas dalam. Selain itu, kelapa juga mengandung anti jamur dan antibiotik yang dapat menyembuhkan sariawan.

Cara mengatasi sariawan dengan menggunakan kelapa adalah sebagai berikut:
Air kelapa diminum langsung tanpa diproses terlebih dahulu.
Minyak kelapa dioleskan langsung pada daerah yang terdapat sariawan.

Garam mensterilkan sariawan

Garam mensterilkan sariawan dengan membersihkan bakteri dan kuman di mulut. Garam dapat menarik bakteri keluar dari sel dan membunuh bakteri penyebab sariawan. Garam juga dapat berfungsi untuk melenturkan otot, mengurangi peradangan pada gusi dan mulut, mencegah infeksi dan menguatkan gigi.

Berkumur dengan air garam adalah salah satu cara yang mudah dilakukan, murah dan efektif dalam mengobati sariawan.
Cara mengatasi sariawan menggunakan garam adalah sebagai berikut: Siapkan gelas dan beri satu sendok teh garam dan beri air hangat. Berkumur dengan air larutan garam. Pengobatan ini dapat dilakukan setiap hari. Berkumur dengan air garam dapat dilakukan setelah menggosok gigi pada siang hari dan malam hari.

Baking soda mengurangi rasa sakit dan menghilangkan bakteri dalam mulut penyebab sariawan

Baking soda atau natrium bikarbonat dapat membantu mengurangi rasa sakit dan menghilangkan bakteri dalam mulut penyebab sariawan. Baking soda dapat dijadikan obat oles untuk sariawan maupun untuk obat berkumur.

Cara mengatasi sariawan dengan menggunakan baking soda untuk alat kumur adalah sebagai berikut:
Baking Soda untuk berkumur.
campur baking soda, garam dan sedikit air di dalam wadah. Oleskan campuran tersebut pada daerah yang terdapat sariawan. Diamkan selama 10 menit kemudian berkumur.
Baking Soda sebagai obat oles.
Campur baking soda dan air hangat hingga menjadi pasta dan oleskan pada luka sariawan.

Daun Jambu Biji mengandung vitamin C setara dua kali lipat jeruk

Jambu biji yang mempunyai nama latin psidium guajava l mengandung vitamin C dua kali lipat dari jeruk manis juga dapat digunakan untuk menyembuhkan sariawan. Daun jambu biji dapat mengatasi peradangan yang diakibatkan oleh sariawan. Daun jambu biji juga mengandung banyak kandungan nutrisi, seperti: minyak atsiri, tannin dan lain sebagainya yang sangat baik bagi kesehatan.

Cara mengatasi sariawan menggunakan daun jambu biji:
Daun jambu biji untuk dikunyah.
Bersihkan daun jambu biji. Kunyah beberapa lembar daun jambu biji kemudian berkumur.
Daun jambu biji sebagai obat minum.
Bersihkan 5 helai daun biji. Rebus daun dengan segelas air. Air rebusan digunakan untuk sekali minum. Minum Air rebusan daun jambu biji 2 kali dalam sehari.

Yoghurt menjaga keseimbangan bakteri dalam mulut dan mempercepat penyembuhan sariawan

Yoghurt dapat dikonsumsi setiap hari agar keseimbangan bakteri dalam mulut dapat terjaga dan mempercepat penyembuhan sariawan. Konsumsi yoghurt setiap hari akan mencegah terjadinya sariawan datang kembali. Selain itu, yoghurt bermanfaat dalam menjaga kekebalan tubuh terhadap bakteri jahat, memperlancar pencernaan dalam tubuh dan menjaga kesehatan jantung.

Buah-buahan sumber vitamin C membantu mempercepat penyembuhan sariawan

Buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C, seperti: apel, jeruk, pepaya, jambu biji dan kiwi. Vitamin C yang terdapat pada buah-buahan akan mempercepat penyembuhan sariawan apabila dikonsumsi secara rutin. Fungsi dari vitamin C yang diperoleh dari buah-buahan di atas adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu penyerapan zat besi sehingga tidak menyebabkan anemia dan meredakan nyeri pada sendi serta membantu mempercepat penyembuhan sariawan.

Kunyit mempercepat penyembuhan luka pada sariawan

Kunyit atau curcuma domestica bermanfaat untuk mengatasi sariawan dengan mempercepat penyembuhan luka pada sariawan. Kunyit juga bermanfaat menurunkan panas demam, meningkatkan stamina, mengobati radang gusi, dan melepaskan gas berlebih pada usus.

Cara mengatasi sariawan menggunakan kunyit:
Bersihkan kunyit, haluskan kunyit kemudian campur dengan 1 sendok teh gliserin. Oleskan campuran kunyit dan gliserin langsung pada daerah yang terkena sariawan. Lakukan 3 hingga 4 kali dalam sehari.

Bawang Putih mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan sariawan

Bawang putih atau allium sativum memiliki kandungan gizi yang sangat lengkap apabila dikonsumsi dalam keadaan segar, mentah dan masih berwarna putih. Bawang putih memiliki kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin C, mineral, karoten dan selenium. Bawang putih memiliki sifat anti inflamasi sehingga dapat mengurangi pembengkakan dan rasa sakit yang ditimbulkan oleh sariawan. Bawang putih juga dapat mengatasi radikal bebas yang dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Cara mengatasi sariawan menggunakan bawang putih:
Haluskan bawang putih dan oleskan pada daerah yang terkena sariawan. Lakukan 1 hingga 2 kali dalam sehari.

Pencegahan terhadap sariawan datang kembali dengan cara menjaga kebersihan mulut dan gusi, menjaga pola makan dengan mengurangi konsumsi makanan yang dapat memicu sariawan dan menjaga daya tahan tubuh.