Apakah Anda sering mengalami rambut rontok? Bila iya, hal ini masih termasuk normal dan tidak menandakan kita sedang terkena penyakit jenis tertentu. Rambut rontok umumnya sering dialami oleh wanita, khususnya wanita yang berambut panjang. Kini banyak jenis shampoo dan perawatan rambut yang dapat mengatasi rambut rontok. Cara mengatasi rambut rontok secara alami juga dapat kita lakukan sendiri di rumah.

Cara mengatasi rambut rontok secara alami

Rambut rontok itu sebenarnya merupakan hal yang normal. Rambut mengalami tiga fase pertumbuhan, yaitu fase pertumbuhan, fase istirahat dan fase kerontokan. Setelah fase kerontokan, rambut akan mulai tumbuh kembali. Oleh karena itu kita tidak perlu khawatir dengan rambut rontok yang kita alami. Selama rambut rontok yang kita alami tersebut tidak lebih dari 100-200 helai rambut perhari. Hal ini termasuk ke dalam siklus alami rambut dan akan tumbuh rambut baru. Jumlah total rambut kita dapat mencapai 100.000 helai dan rambut rontok akan tumbuh kembali tanpa kita sadari. Ketika kita mengalami rambut rontok, bagaimana cara mengatasi rambut rontok?

Setelah rambut mengalami fase kerontokan, rambut baru akan tumbuh. Rambut rontok terjadi hanya pada daerah umbi. Daerah papil sudah menyiapkan rambut baru sebagai pengganti rambut yang telah rontok.

Alpukat menguatkan rambut dan merangsang pertumbuhan rambut baru

Alpukat memiliki kandungan protein dan nutrisi lainnya yang dapat digunakan untuk menguatkan rambut dan merangsang pertumbuhan rambut baru. Selain itu alpukat dapat mengatasi rambut yang kering dan pecah.

Caranya: Ambil buah alpukat dan haluskan daging alpukat. Gunakan daging alpukat yang telah dihaluskan tadi sebagai masker rambut. Balurkan masker alpukat pada rambut dan diamkan selama 20 menit. Bersihkan rambut dengan shampoo. Lakukan 1 hingga 2 kali dalam seminggu.

Lidah buaya menjaga kelembaban rambut, menguatkan rambut dan mencegah rambut rontok

Lidah buaya(aloe vera) mengurangi kelebihan sebum pada kulit kepala sehingga memungkinkan bagi kulit kepala untuk bernafas dan membantu folikel rambut untuk memperbaiki diri. Kelebihan sebum pada kulit kepala yang bercampur keringat dapat menyebabkan ketombe dan membuat rambut mudah rontok. Lidah buaya juga dapat mengaktifkan pertumbuhan rambut dan menyediakan kelembaban alami, mineral dan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh rambut untuk memperbaharui diri.

Lidah buaya bisa dimanfaatkan sebagai masker rambut. Caranya: Ambil bagian daging dari lidah buaya. Taruh di wadah. Basahi rambut dan biarkan setengah basah. Balurkan lendir dari daging lidah buaya pada rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 15 hingga 20 menit. Cuci bersih dengan menggunakan shampoo. Lakukan 3 kali dalam seminggu.

Teh hijau menguatkan dan melembabkan rambut

Teh hijau dapat melindungi rambut dari bahaya sinar matahari, mengembalikan keindahan rambut yang telah rusak dan kering, mencegah rambut menjadi patah dan memjaga kelembaban rambut. Cara penggunaannya: Seduh teh hijau dan diamkan semalaman. Basuhkan teh hijau ke rambut dan diamkan selama 1 jam. Bilas dengan shampoo setelahnya. Lakukan 1 hingga 2 kali dalam seminggu.

Santan memperbaiki rambut yang rusak dengan menjaga kesehatan folikel rambut

Santan mengandung kandungan nutrisi dan minyak untuk menjaga kelembaban rambut, memperbaiki rambut yang pecah-pecah, kering dan kusam serta menjaga kesehatan folikel rambut. Santan mengandung protein yang dapat menyuburkan rambut dan merangsang pertumbuhan sel rambut baru.

Santan bisa digunakan untuk creambath. Caranya: Air perasan dari kelapa disaring kemudian dimasak selama 5 menit. Biarkan selama 30 menit. Basuhkan santan pada rambut dan diamkan selama 30 menit. Bilas dengan air dingin setelahnya. Lakukan 1 hingga 2 kali dalam seminggu.

Kemiri membuat rambut lebih hitam, lebih berkilau dan sehat

Kemiri mengandung protein dan mineral untuk mengatasi rambut rontok dan menguatkan rambut. Nutrisi yang terdapat dalam kemiri akan membuat rambut lebih hitam, berkilau, sehat dan kuat.

Cara membuat minyak kemiri adalah sebagai berikut: Sangrai kemiri dan tumbuk halus sampai minyak keluar. Taruh dalam wadah. Oleskan minyak kemiri pada kulit kepala atau daerah yang mengalami rambut rontok atau langsung pada rambut. Diamkan 30 menit. Bilas dengan shampoo setelahnya. Lakukan rutin 1 hingga 2 kali dalam seminggu.

Jangan menyisir rambut pada saat rambut basah

Hindari menyisir rambut pada saat rambut dalam keadaan basah. Menyisir rambut pada saat basah sebaiknya tidak dilakukan karena rambut akan mudah patah dan rontok. Hindari juga untuk menggunakan sisir yang terlalu rapat. Sisir yang terlalu rapat dapat membuat rambut terjepit dan tercabut.