Perut kembung adalah suatu kondisi perut yang penuh dan menimbulkan perasaan begah. Hal ini terjadi karena adanya penumpukan gas di dalam usus kecil. Perut kembung membuat daerah perut tampak membuncit, bengkak dan tidak nyaman. Agar perut kembung tidak mengganggu aktifitas kita, yuk kita simak cara mengatasi perut kembung secara alami.

Cara mengatasi perut kembung secara alami

Selain adanya penumpukan gas pada usus kecil, perut kembung juga disebabkan oleh beberapa faktor, seperti: sembelit, makan berlebihan, PMS dan lain sebagainya. Perut kembung selain menimbulkan perasaan tidak nyaman juga dapat mengakibatkan nyeri perut, sendawa, diare, sesak nafas, kram perut dan nyeri punggung bagian bawah. Oleh sebab itu, perut kembung perlu segera diatasi dengan tepat. Berikut ini cara mengatasi perut kembung secara alami:

Minuman probiotik

Probiotik adalah mikroorganisme baik yang dapat membantu melancarkan proses pencernaan. Bakteri probiotik dapat mengatasi perut kembung dengan cara mengurangi tumpukan gas yang menumpuk di dalam usus pada saat kita mengalami perut kembung. Minuman yang mengandung probiotik adalah yoghurt. Yoghurt akan membantu kita mengatasi rasa tidak nyaman yang disebabkan perut kembung.

Jahe

Jahe adalah salah satu jenis akar tanaman yang dapat digunakan untuk meredakan perut kembung. Jahe mengandung bahan aktif, seperti shogaols dan gingerol yang dapat mengurangi peradangan di usus dan mengendurkan otot-otot usus. Air rebusan jahe mengurangi tumpukan gas di usus kecil dan meredakan perut kembung.

Teh bunga chamomile

Teh bunga chamomile memiliki sifat anti spasmodik dan anti inflamasi yang dapat menenangkan perut. Kita dapat mengkonsumsi teh bunga chamomile dengan sesendok madu untuk mengatasi perut kembung.

Peppermint

Peppermint juga memiliki kandungan anti spasmodik yang dapat mengurangi rasa tidak nyaman akibat perut kembung. Pepermint juga mengandung minyak menthol yang dapat menenangkan otot polos saluran pencernaan. Kita dapat langsung mengunyah daun peppermint untuk mengurangi perut kembung.