Ada kalanya kita semua menemukan saat-saat di mana kita merasa malas atau ingin menunda suatu pekerjaan. Kita mengerti dan sadar bahwa pekerjaan atau kegiatan tersebut penting untuk kepentingan kita sendiri. Kita tidak mempunyai dorongan untuk memulai sesi pengerjaan. Kita ambil contoh sebagai berikut:
– Malas untuk berolahraga padahal dokter menganjurkan bahkan mengharuskan.
– Malas berangkat ke fitness center padahal kita sendiri menginginkan bentuk badan yang bagus.
– Malas untuk membuat konten atau penjelasan padahal website sudah siap untuk digunakan.
– Malas untuk bersih-bersih karena menyebabkan badan terasa lelah.
– Dan lain sebagainya.

Hal yang kita tunda tersebut mungkin saja penting bahkan sangat penting. Kita sendiri menyadari kepentingan akan hal-hal yang kita tunda tapi kita tidak ingin melakukannya. Kita dapat melakukan hal sederhana berikut ini sebagai cara mengatasi kemalasan atau penundaan dan kembali bersemangat:

Audio book
Audio book merupakan rekaman ceramah motivasi untuk memperbaiki hidup dan memberikan pemikiran baru tentang melakukan hal-hal positif. Kita bisa memilih rekaman ceramah yang kita paling suka atau idolakan. Kita bisa mendengarkan kata-kata positif mereka agar kita termotivasi untuk bekerja lebih giat lagi. Kita juga dapat mendengarkan ceramah motivasi melalui radio bila kita tidak memiliki koleksi rekaman audio book. Setiap hari sebelum beraktifitas, kita dapat mendengarkan satu judul ceramah singkat. Hasilnya akan membuat kita jauh termotivasi setelah mendengarkan kata-kata positif yang membangkitkan semangat.

Olahraga singkat
Olahraga singkat selama 1 hingga 3 menit secara tiba-tiba sesaat sebelum kita mulai melakukan pekerjaan. Olahraga ini bisa dilakukan dengan cara lari di tempat, lompat-lompat, lompat sambil tepuk tangan atau apa pun yang membuat kita bersemangat. Olahraga singkat ini harus dilakukan dengan penuh tenaga, penuh semangat, penuh kecepatan dan sungguh-sungguh. Walaupun hal ini terlihat sederhana dan tidak bermakna tapi hasilnya sungguh luar biasa. Hal ini akan memacu adrenalin kita dan membangkitkan semangat bekerja yang mendalam.

Jadwal, Hadiah dan Hukuman
Suatu proyek atau pekerjaan yang panjang waktunya, tentunya membuat kita lelah dan menimbulkan perasaan yang tidak menentu mengenai hasil dan harapan. Kita harus memecah pekerjaan yang panjang tersebut menjadi beberapa bagian pekerjaan yang pendek. Setiap bagian pekerjaan kita harus dijadwalkan kapan bagian pekerjaan tersebut harus diselesaikan.

Semangat dan tekanan harus ditambahkan pada setiap bagian pekerjaan. Bila kita mampu menyelesaikan pekerjaan tersebut 3 hari lebih cepat dari target, kita harus menghadiahkan diri kita sendiri. Berikan hadiah yang sangat kita suka pada diri kita sendiri, contoh:
Anda suka shopping, Anda bisa luangkan sejumlah uang untuk dihabiskan pada saat Anda menyelesaikan pekerjaan itu
Anda suka main game, Anda bisa luangkan beberapa hari untuk bermain game sepuasnya.
dan lain sebagainya.

Bila kita hanya menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, berikan hadiah yang lebih kecil pada diri kita. Bila kita tidak dapat menyelesaikan pekerjaan tersebut tepat waktu, Kita harus memberikan hukuman yang paling tidak Anda sukai, contoh:
Anda harus melakukan pekerjaan pembantu Anda dan berikan hari libur kepada  pembantu Anda tanpa potongan gaji selama Anda menjalani hukuman.
Bila Anda perokok berat, Anda tidak mendapat jatah rokok selama seminggu dan anggaran rokok Anda harus disumbangkan ke panti asuhan atau lainnya.

Pada intinya, kita sendiri harus disiplin berkomitmen dalam memberikan jadwal, hadiah dan hukuman. Hal ini akan sangat membantu produktifitas diri kita sendiri.