Apakah Anda pernah mengalami keadaan di mana Anda tetap terjaga setelah memejamkan mata untuk tidur atau Anda susah untuk kembali tidur setelah terbangun di tengah malam. Hal ini tetap terjadi meskipun tubuh Anda sudah lelah setelah bekerja seharian? Jika jawabannya iya, maka Anda positif terkena insomnia. Insomnia mempengaruhi kualitas tidur seseorang sehingga menyebabkan seseorang menjadi kelelahan, kurang semangat, tidak dapat berkonsentrasi, lemas, sakit bahkan dapat mengakibatkan kecelakaan lalu lintas.

Insomnia tidak boleh dianggap remeh, karena memiliki resiko serius terhadap kesehatan seseorang. Setiap orang idealnya memerlukan waktu istirahat di malam hari yang cukup sekitar 6-8 jam setiap harinya. Waktu istirahat selama 8 jam setiap malam seperti yang disarankan oleh dokter, diperlukan tubuh untuk meregenerasi sel-sel yang rusak, peregangan otot, produksi sel darah merah, peregangan pembuluh darah. Segala proses regenerasi dan instirahat organ dalam tubuh hanya dapat dilakukan oleh tubuh pada saat seseorang tidur. Oleh karena itu, kualitas tidur sangat penting dan dibutuhkan oleh setiap orang untuk menjaga kesehatan dan kelangsungan hidupnya. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi insomnia dengan efektif dan mudah untuk dilakukan:

Bangun pagi
Anda disarankan untuk bangun pagi setiap hari sekitar jam 5 pagi. Apabila Anda mengalami kesulitan untuk bangun pada pukul 05.00 pagi, Anda dapat mempergunakan fungsi alarm pada smartphone atau tablet Anda atau menggunakan jam waker untuk membantu agar Anda bangun tepat waktu setiap hari. Beberapa saat setelah alarm berbunyi, Anda bisa meregangkan badan terlebih dahulu sebelum bangun. Anda disarankan untuk melakukan aktifitas di luar rumah dengan berjalan kaki di dekat rumah Anda selama 30-60 menit. Aktifitas ini harus dilakukan secara rutin agar tubuh menyesuaikan jam bangun pada jam 5 dengan sendirinya. Hormon melatonin di dalam tubuh akan membantu mengatur waktu tidur dan membantu Anda mudah tidur pada malam hari.

Kebersihan seprai
Apabila Anda sering mengalami sulit tidur, Anda bisa mencoba untuk mengganti seprai dengan seprai yang bersih. Seprai yang telah lama Anda gunakan dapat membuat tidur menjadi kurang nyaman dan seprai yang bersih membuat tidur Anda menjadi lebih nyenyak. Anda disarankan rutin mengganti seprai setiap minggu apabila Anda mudah berkeringat dan setiap 2 minggu apabila Anda tidak terlalu sering berkeringat. Anda juga perlu mengganti seprai Anda walaupun tempat tidur Anda jarang Anda gunakan.

Minum susu
Anda disarankan untuk minum segelas susu hangat rendah lemak sejam sebelum tidur agar tidur Anda lebih pulas. Kandungan magnesium dan kalsium dari susu hangat rendah lemak akan memberi rasa tenang pada Anda sekaligus Anda tidak perlu khawatir gemuk karena minum susu. Susu juga mengandung triptofan yang dapat diubah menjadi serotonin. Serotonin akan membantu menghilangkan stress sehingga membantu seseorang beristirahat dengan lebih cepat.

Membaca buku
Membaca buku merupakan aktifitas yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Aktifitas membaca ini akan membantu Anda cepat merasa lelah dan akhirnya akan membantu Anda cepat tertidur.

Hindari Mainan
Anda disarankan menjauhkan diri dari mainan seperti: gadget, smartphone, laptop, komputer dan lain sebagainya sejam sebelum Anda beristirahat. Rangsangan dari mainan akan memacu adrenalin dan menekan hormon tidur dan membuat seseorang menjadi terjaga. Hal ini juga akan membuat Anda lupa waktu untuk tidur.

Mandi air hangat
Mandi air hangat akan membantu tubuh menjadi lebih rileks dan akan membuat tidur Anda lebih nyenyak. Mandi dengan air hangat akan membantu menenangkan pikiran yang lelah setelah seharian bekerja. Kebersihan pada badan juga akan membantu Anda mendapatkan kenyamanan dan memperbaiki kualitas tidur Anda.

Seseorang yang mengalami insomnia perlu mengetahui penyebab mereka mengalami kesulitan tidur. Penyebab insomnia bisa saja berasal dari stress akibat pekerjaan, masalah di masyarakat, masalah keluarga, atau masalah lainnya. Seseorang yang sedang sakit pun akan mengalami kesulitan dalam tidur di malam hari. Penderita insomnia harus mengetahui akar masalah yang menyebabkan sulit tidur agar bisa mengatasinya dengan cepat. Anda disarankan untuk tidak mengkonsumsi obat yang dapat membuat Anda cepat tertidur karena efek samping negatif akibat penggunaan obat-obatan tersebut mungkin saja memperburuk keadaan bahkan menyebabkan ketergantungan terhadap obat.