Flu atau pilek merupakan suatu penyakit yang menyerang pada organ pernafasan, seperti: hidung, tenggorokan dan paru-paru. Influenza merupakan nama lain dari penyakit flu atau pilek ini. Penyakit flu umumnya terjadi dikarenakan virus flu yang dapat menular melalui: sentuhan tangan, udara, alat makan, makanan dan lain sebagainya. Berbagai cara pengobatan telah ditemukan secara klinis, namun ada baiknya bila kita menggunakan cara mengatasi flu dan pilek(influenza) secara alami.

Cara Mengatasi Flu Dan Pilek(Influenza) Secara Alami

Orang yang daya tahan tubuhnya sedang menurun akan mudah terkena penyakit influenza. Penyakit flu dan filek ini disebabkan oleh virus RNA dari famili Orthornyxoviriadae. Virus influenza akan menginfeksi dan mengganggu aktifitas dari hidung, tenggorokan bahkan paru-paru. Namun infeksi virus pada paru-paru biasanya agak jarang terjadi.

Gejala awal yang umumnya timbul pada penderita flu adalah demam, badan menggigil, nyeri tenggorokan, nyeri otot, sakit kepala, lemas, dan rasa tidak nyaman pada tubuh. Berikut ini cara mengatasi flu atau pilek(Influenza) secara alami:

Air putih 8 gelas sehari mengurangi mampet akibat influenza

Mengapa pada saat flu kita perlu minum air putih lebih banyak? Air putih diperlukan tubuh untuk mencegah terjadinya dehidrasi tubuh, melancarkan pencernaan dan dapat membantu melegakan tenggorokan akibat terkena flu atau pilek. Konsumsi air putih disarankan minimal 8 gelas(sekitar 1.5 liter) sehari untuk membantu mengurangi mampet pada saat terkena pilek. Air putih yang dikonsumsi pada saat pilek sebaiknya dalam kondisi hangat. Hal ini akan membantu organ pernapasan bekerja dengan lebih baik.

Beristirahat total mengembalikan sistem imun tubuh akibat terserang flu atau pilek

Pada saat virus berhasil menyerang, hal ini menandakan sistem imun tubuh sedang lemah. Oleh karena itu, Kita perlu beristirahat total agar dapat mengembalikan sistem kekebalan tubuh yang menurun pada saat kita terkena penyakit influenza. Sistem kekebalan tubuh diperlukan untuk melawan virus flu agar kita dapat cepat sembuh dari penyakit influenza. Selain itu, sistem imun tubuh sangat diperlukan untuk mencegah kita diserang oleh penyakit lain selain influenza itu sendiri.

Minuman hangat membantu melegakan tenggorokan di saat terserang influenza

Minuman hangat seperti: wedang jahe, bandrek, air putih hangat, air teh hangat dan lain sebagainya akan membantu mengencerkan lendir dan melegakan tenggorokan akibat flu maupun pilek. Pada saat kita mengalami pilek, cairan tubuh akan dikeluarkan dalam bentuk ingus, dahak, keringat dan ludah. Konsumsi minuman hangat akan membantu menghindarkan terjadinya dehidrasi tubuh disaat kita mengalami flu.

Buah dan sayuran mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh untuk memperbaiki sistem imun tubuh

Buah dan sayuran mengandung mineral dan vitamin yang dapat mengembalikan kesehatan tubuh. Pada saat mengalami flu sebaiknya kita rutin mengkonsumsi buah dan sayuran untuk memperbaiki sistem imunitas tubuh agar kita cepat sembuh dan tidak mudah terserang penyakit lainnya.

Mandi dengan air hangat menaikkan suhu tubuh pada saat terserang pilek

Hindari mandi menggunakan air dingin pada saat mengalami pilek karena akan membuat suhu tubuh menurun. Mandi dengan air hangat akan menaikkan suhu tubuh dan membantu sistem metabolisme di dalam tubuh. Sistem metabolisme tubuh yang baik akan lebih cepat untuk menyerap gizi makanan dan memperbaiki daya tahan tubuh. Selain itu air hangat akan mengurangi alergi yang dialami organ pernapasan.

Berkumur membunuh virus penyebab influenza yang masuk ke tenggorokan

Mengapa berkumur perlu dilakukan? Iya, tapi berkumur harus menggunakan air garam. Berkumur menggunakan air garam dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut atau penyebab kerusakan pada gigi dan gusi. Hal ini juga bertujuan untuk menghilangkan sebagian virus penyebab flu atau pilek yang berada di dalam mulut. Jumlah virus yang lebih sedikit akan membantu tubuh lebih cepat untuk mengatasinya.

Sup hangat meredakan nyeri dan mengatasi gangguan hidung tersumbat akibat penyakit influenza

Mengkonsumsi sup hangat akan membantu meredakan nyeri, demam atau gangguan hidung tersumbat akibat terkena penyakit influenza. Sup ayam hangat merupakan obat alami yang enak dan mudah dilakukan dalam mengobati flu. Kandungan protein dan gizi lain yang terkandung di dalam sup ayam akan menjadi asupan untuk memperbaiki kondisi tubuh.

Aroma mint atau menthol membantu melegakan tenggorokan disaat terkena pilek

Pada saat hidung mampet akibat pilek, aroma mint atau menthol yang didekatkan pada dekat lubang hidung, tenggorokan dan dada akan membantu melegakan pernafasan. Aroma mint atau menthol dapat didapatkan dari balsem atau produk pelega pernapasan lainnya yang menggunakan aroma mint atau menthol untuk membantu melegakan pernafasan.

Terapi uap secara tradisional

Uap panas dari air akan membantu melegakan pernapasan dan mengurangi efek influenza. Selain itu, alergi dingin pada hidung akan lebih cepat teratasi dengan menghirup uap panas secara rutin. Terapi uap air panas juga relatif mudah untuk dilakukan di dalam rumah.