Setiap orang baik pria maupun wanita pasti tidak senang dengan wajahnya yang berjerawat. Bahkan setelah jerawat sembuh masih saja meninggalkan bekas di wajah. Wajah yang berjerawat memang mengganggu penampilan dan masalahnya pada sebagian orang jerawat sering muncul. Jerawat muncul merupakan suatu akibat pola hidup individu terkait. Sikap malas atau lupa membersihkan wajah setelah bepergian tentunya jerawat menjadi sering muncul. Pola makan yang tidak sehat juga merupakan salah satu penyebab timbulnya jerawat dan susah disembuhkan.

Wajah yang berjerawat dapat diobati namun tentunya waktu yang dibutuhkan untuk memulihkan bekas jerawat tentunya cukup lama. Banyak kejadian jerawat hilang dari wajah setelah diobati tapi kemudian jerawat baru muncul kembali. Selain mengobati jerawat tentunya diperlukan pencegahan agar jerawat tidak muncul kembali. Berikut ini adalah cara mencegah jerawat datang kembali:

Kebersihan wajah
Wajah perlu dibersihkan pada pagi hari sebelum memakai pelembab wajah. Hal ini dilakukan untuk menhindari kontoran tertimbun di dalam lapisan pelembab wajah yang kemudian menjadi penyebab timbulnya jerawat. Wajah juga harus dibersihkan pada malam hari setelah seharian beraktifitas. Kita mungkin tidak menyadari bahwa setiap hari kulit kita mengeluarkan minyak dan mengikat kotoran dan debu di udara. Wajah kita tentunya akan dipenuhi oleh debu dan kotoran dalam jumlah banyak setelah melakukan aktifitas di luar ruangan dalam waktu yang cukup lama. Membersihkan wajah dengan pembersih wajah merupakan solusi untuk membersihkan dan menyegarkan kulit wajah. Make Up di wajah harus dibersihkan agar kulit wajah mendapatkan udara segar. Bila Kita lupa membersihkan wajah tentu jerawat akan muncul.

Pembersih dan pelembab wajah
Kita perlu cermat dalam memilih produk pembersih dan pelembab wajah. Salah memilih produk dapat mengakibatkan kulit wajah menjadi berjerawat, iritasi, kering dan lain sebagainya. Pilih dan gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit wajah kita. Kita juga perlu memilih produk yang dapat mengangkat semua make up tanpa meninggalkan residu pada kulit. Facial wash yang mengandung butiran scrub halus dan foam dapat digunakan untuk membersihkan kotoran yang lengket dan susah dibersihkan. Kita perlu rutin untuk membersihkan wajah pada pagi hari dan malam hari menjelang tidur agar wajah kita terhindar dari jerawat.

Shampoo
Bila kita sudah mempunyai kebiasaan membersihkan wajah, namun jerawat masih muncul. Kita perlu memperhatikan apakah shampoo yang kita gunakan yang menjadi penyebab kita berjerawat. Produk shampoo tertentu dapat menempel pada kulit wajah pada saat kita keramas dan menjadi penyebab tumbuhnya jerawat. Alangkah baiknya, kita cegah cairan shampoo yang mengandung minyak atau bahan tertentu agar tidak mengenai area wajah yang mungkin menjadi penyebab timbulnya jerawat pada wajah kita.

Jenis Kulit
Apabila jenis kulit kita berminyak maka kita perlu membeli produk pelembab wajah, pembersih wajah, sabun mandi hingga shampoo yang cocok untuk kulit berminyak. Jangan salah membeli produk kecantikan hanya karena kita tergoda dengan iklan produk tersebut. Tidak semua produk kecantikan cocok untuk kulit kita. Apabila kita mencoba suatu produk dan hasilnya tidak cocok dengan kulit kita, kita harus segera menghentikan penggunaan produk tersebut. Jangan sampai penggunaan produk tersebut merusak kulit kita.

Pembersih yang kita gunakan untuk kulit yang berminyak akan mengurangi minyak berlebih pada wajah kita. Sebaliknya produk kulit kering mengandung minyak tambahan agar kulit pengguna menjadi tidak terlalu kering. Pelembab kulit, sabun mandi serta shampoo juga memiliki beberapa jenis yang terbagi atas penggunaan terhadap jenis kulit. Beberapa produk yang sering kita gunakan ini sebaiknya diperhatikan juga kecocokannya dengan kulit kita.

Pola Makan
Pola makan kita sangat menentukan tingkat kesehatan badan kita. Bila kita sering mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung minyak atau lemak, hal ini tentunya tidak baik bagi kesehatan kita. Tubuh kita akan menyimpan lemak yang kita konsumsi, sebagian lemak akan terserap oleh serat makanan yang akhirnya terbuang melalui saluran pencernaan. Lemak yang terserap sebagian akan tersimpan di bawah jaringan kulit. Lemak yang berada di bawah jaringan kulit akan terbuang keluar secara perlahan melalui pori-pori kulit. Minyak yang dibuang melalui kulit ini akan membuat kulit berminyak dan mengikat kotoran ke dalam pori-pori kulit yang akhirnya berkembang menjadi jerawat.

Oleh karena itu, sebaiknya kita membatasi jumlah makanan yang mengandung minyak. Perbanyak makanan buah dan sayur yang mengandung banyak serat karena serat akan membantu mengikat sebagian lemak di dalam saluran pencernaan sehingga kadar lemak yang terserap oleh tubuh menjadi lebih sedikit. Kita juga perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung beta karoten agar dapat menghindari terjadinya komedo yang kemudian berpotensi berkembang menjadi jerawat.

Tidur
kita perlu tidur cukup selama 7-8 jam setiap hari. Kurang waktu tidur pada malam hari dapat memicu peningkatan inflamasi sitokin yang pada akhirnya dapat menyebabkan peradangan. Dengan begitu, jerawat akan lebih mudah muncul di wajah dan bagian tubuh lain. Perlu kita ketahui juga bahwa, jerawat terjadi karena adanya peradangan pada pori-pori yang tersumbat dan pertumbuhan kelenjar minyak yang disebut sebum. Kurang tidur setiap harinya akan meningkatkan resistensi insulin sehingga akan memaksa tubuh memproduksi insulin lebih banyak dan kadar insulin di dalam tubuh yang tinggi akan meningkatkan produksi sebum yang juga menjadi faktor penyebab timbulnya jerawat.