Tubuh manusia memerlukan asupan cairan untuk menunjang proses metabolisme tubuh. Bila kurang asupan cairan ke dalam tubuh, maka tubuh tidak dapat berfungsi dengan semestinya. Gejala yang sering timbul akibat kurang cairan tubuh, di antaranya: tubuh cepat merasa lelah, lemas, kurang semangat dan lain sebagainya. Pada pembahasan kali ini, kami akan membahas tentang cara mencegah dehidrasi secara alami.

Dehidrasi adalah suatu kondisi di mana tubuh manusia mengalami kekurangan cairan. Dehidrasi akan mengakibatkan tubuh tidak dapat berfungsi dengan normal. Kandungan air yang ideal dalam tubuh adalah lebih dari 60%.

Cara mencegah dehidrasi secara alami

Cara mencegah dehidrasi secara alami dapat dilakukan dengan mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang dianjurkan(1.5 liter atau 8 gelas perhari). Namun, ada sebagian orang yang hanya minum air putih dalam jumlah yang sedikit. Kebutuhan cairan tubuh perlu dipenuhi agar tubuh kita tetap sehat. Apabila kita kurang suka minum air putih, ada cara lain yang dapat kita lakukan dengan tetap memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Berikut ini alternatif pengganti air putih, di antaranya:

Teh hijau mempertahankan keseimbangan elektrolit dalam tubuh

Teh hijau mengandung natrium dan magnesium yang dapat mempertahankan keseimbangan elektrolit tubuh. Teh hijau juga mengandung seng yang dapat meningkatkan imun tubuh sehingga akan menghindarkan tubuh dari serangan penyakit.

Informasi yang beredar di masyarakat menyebutkan bahwa mengkonsumsi teh dalam jumlah banyak tidak dianjurkan karena dapat membuat kita sering buang air kecil. Namun, faktanya dengan mengkonsumsi teh hijau dalam jumlah yang cukup banyak akan memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh sehingga mencegah terjadinya dehidrasi pada tubuh.

Sup hangat kaya akan kandungan air, vitamin dan protein yang menyehatkan tubuh

Sup hangat kaya akan kandungan air sehingga sangat dianjurkan untuk menghidrasi tubuh selain air putih. Sup hangat juga memiliki kandungan protein dan vitamin yang berasal dari daging dan sayuran.

Timun memiliki kandungan air yang dapat dimanfaatkan untuk mencegah dehidrasi

Timun mengandung kandungan air sebesar 96% sehingga dapat dimanfaatkan tubuh untuk mencegah dehidrasi. Manfaat lain dari timun adalah menawarkan racun dalam tubuh, menangkal serangan bakteri dan virus, meningkatkan daya tahan tubuh dan lain sebagainya.

Timun dapat dimakan langsung atau dijadikan campuran dalam jus. Jus timun baik untuk melancarkan pencernaan karena mengandung serat dan kandungan air yang banyak.

Infused water merupakan detoks alami untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan langsing

Infused water adalah air mineral yang dicampur dengan irisan buah-buahan yang kemudian didinginkan selama beberapa lama di lemari pendingin. Setelah itu, infused water dapat langsung diminum. Infused water kini menjadi suatu trend di masyarakat. Individu yang rutin mengkonsumsinya akan membuat tubuhnya tetap terhidrasi, mengatasi penuaan dini, detoks alami untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan langsing.

Sebagian orang lebih menyukai rasa dari infused water karena ada rasa alami dari buah-buahan yang ditambahkan ke dalam air mineral tersebut. Tubuh akan terhidrasi dengan mengkonsumsi infused water secara rutin.