Tahukah Anda bahwa kini banyak orang yang mencari uang menggunakan Youtube. Penghasilan mereka lebih dari yang Anda bayangkan. Hal ini tentunya membuat banyak orang bertanya-tanya mengenai bagaimana caranya mereka menghasilkan banyak uang.

Sebelumnya, Anda perlu mengetahui tentang Youtube. Youtube merupakan layanan streaming online yang disediakan oleh Google. Anda bisa mencari video apa saja yang diunggah oleh pengguna lainnya. Anda juga bisa mengirimkan video milik Anda sehingga video Anda bisa dinikmati oleh pengguna di seluruh dunia.

Kemudian muncul pertanyaan “Bagaimana cara mencari uang melalui Youtube?”. Pertanyaan bagus dan “to the point” ini yang sering dilontarkan oleh banyak orang. Penghasilan yang didapatkan adalah biaya iklan yang dihasilkan oleh video yang kita hasilkan. Tentunya tidak semua video dapat kita gunakan untuk mencari penghasilan di Youtube. Kita harus memiliki video yang memenuhi syarat untuk ditempelkan iklan. Silahkan simak langkah berikut ini, mengenai persyaratan dan cara mencari uang melalui Youtube:

1. Umur
Anda yang ingin mencari uang melalui Youtube wajib berumur 18 tahun atau lebih. Hal ini adalah mutlak untuk melanjutkan program mencari uang melalui Youtube. Google akan memverifikasi data Anda sebelum mengijinkan Anda untuk ikut serta dalam program untuk mencari penghasilan.

2. Akun Google
Anda diharuskan memiliki sebuah akun Google untuk dihubungkan ke Youtube. Anda harus masuk ke dalam akun Anda sebelum mengirimkan video ke Youtube. Anda dapat menggunakan akun google Anda yang telah Ada. Bila Anda belum memiliki akun Google, Anda dapat menbuat sebuah akun dengan data diri Anda. Anda harus memastikan bahwa data diri Anda yang tercantum di dalam akun Google Anda adalah benar. Hal ini akan membantu Anda terhindar dari masalah di masa selanjutnya.

3. Kamera memadai
Youtube tidak memiliki persyaratan kualitas video secara tertulis namun Kami menyarankan Anda untuk memiliki sebuah kamera dengan kualitas rekaman video yang cukup memadai. Kami sarankan Anda untuk mengatur kualitas rekaman ke pilihan HD(1280×768) atau lebih tinggi. Bila kamera Anda tidak memungkinkan untuk merekam video dengan kualitas HD, Anda bisa menggunakan pilihan kualitas terbaik dari kamera Anda.

Anda bisa memanfaatkan kamera dari smartphone Anda atau kamera yang telah Anda miliki. Bila Anda serius untuk mencari uang melalui Youtube, Anda dapat menginvestasikan sebuah kamera yang mampu merekam dengan video dengan kualitas Full HD yang baik dan jernih.

4. Software screen recorder
Bila Anda seseorang yang memiliki skill di bidang software komputer, Anda bisa memanfaatkan screen recorder. Anda dapat merekam cara Anda melakukan suatu hal di komputer ke dalam bentuk video. Anda juga bisa merekam tutorial singkat mengenai suatu teknik, seperti: cara edit foto, cara pemrograman, cara design 3D dan lain sebagainya. Hal ini membebaskan Anda untuk memiliki sebuah kamera yang mahal.

5. Video original
Video yang Anda hasilkan merupakan hasil karya Anda sendiri, contohnya Anda merekam cara Anda membuat kue, memasak, mengerjakan suatu pekerjaan dan lain sebagainya. Anda bisa merekam keindahan pemandangan pada saat Anda berwisata, merekam suatu kejadian, merekam tingkah laku binatang peliharaan Anda maupun tetangga dan lain sebagainya.

Anda tidak diijinkan untuk mengirimkan video hasil karya pihak lain, seperti: rekaman siaran televisi, film, video klip musik, rekaman konser, rekaman pertandingan olahraga, rekaman video di luar hak cipta Anda, rekaman musik pihak ketiga, lirik, menyanyikan lagu artis lain dan lain sebagainya.

Anda juga tidak diperkenankan untuk menggabungkan hasil karya pihak ketiga tanpa ijin ke dalam video buatan Anda. Sebagai contoh: memasukkan musik pihak lain ke dalam video Anda, memasukkan potongan video pihak lain ke dalam video Anda dan lain sebagainya. Pada intinya isi video Anda adalah murni hasil karya Anda dan hasil rekaman Anda.

6. Video legal
Isi video yang Anda kirimkan harus legal dan tidak melanggar hukum. Ada tidak diperkenankan untuk mengirimkan video yang ilegal, seperti namun tidak terbatas pada: cara hacking, cara membuat obat terlarang, pornografi, cara merusak sistem dan lain sebagainya.

7. Video dan channel
Anda selanjutnya harus membuat channel untuk video Anda dan kirimkan video Anda. Anda sebaiknya mengirimkan video Anda dengan judul yang relevan agar mudah ditemukan oleh pengguna youtube lainnya. Kirimkan video berkualitas sebanyak-banyaknya untuk menarik perhatian pengguna lain.

8. Sabar
Anda perlu bersabar menunggu team Youtube untuk memverifikasi video Anda. Pihak Youtube akan menilai apakah video Anda layak untuk dipasangkan iklan. Waktu yang dibutuhkan team Youtube untuk memverifikasi video tidak diumumkan dan tidak ada yang mengetahuinya. Anda hanya bisa menunggu proses tersebut sambil menambahkan video lain ke dalam akun Anda.

9. Monetize(jadikan uang)
Setelah salah satu video Anda diapprove oleh team Youtube, Anda bisa mangaktifkan akun Youtube Anda untuk “Monetize” yang artinya “jadikan uang”. Anda harus mengikuti beberapa langkah yang ditentukan untuk menyelesaikan langkah ini. Anda di sini diharuskan untuk mengerti, menyetujui dan menaati perjanjian dengan Youtube.

10. Akun Adsense
Google Adsense merupakan layanan penerbitan iklan. Anda harus mendaftarkan diri ke Google Adsense untuk dapat menempatkan iklan di video Anda. Bila Anda telah memiliki akun Google Adsense, Anda dapat menghubungkan akun Google Adsense Anda ke dalam akun Youtube Anda. Bila Anda belum memiliki akun Google Adsense, Anda bisa mendaftar akun Google Adsense melalui halaman “Monetization”.

11. Penghasilan
Hingga tahap ini, Anda akan mulai menikmati penghasilan yang masuk ke dalam akun Google Adsense Anda. Anda harus melakukan pengaturan bagaimana Anda akan dibayar dan jumlah pembayaran minimal yang akan dikirimkan oleh pihak Google. Penghasilan tervalidasi Anda akan dikirimkan setelah terkumpul minimal $100. Anda dapat menetapkan nilai minimal pembayaran di atas $100 melalui halaman pengaturan di Google Adsense.