Kekebalan tubuh kita perlu dijaga untuk pencegahan virus menginfeksi tubuh kita. Jumlah trombosit di dalam darah yang berkurang akan menurunkan sistem imun tubuh kita. Hal ini bila dibiarkan dapat mengakibatkan tubuh kita rentan terserang penyakit. Kita perlu mengkonsumsi makanan penambah trombosit sebagai salah satu cara menambah trombosit darah agar kesehatan kita tetap terjaga.

Fungsi trombosit

Trombosit(keping darah) adalah sel kecil yang terdapat dalam darah. Trombosit berfungsi untuk membantu pembentukan bekuan darah sehingga lebih cepat menghentikan pendarahan yang terjadi. Trombosit normalnya hanya bertahan hidup selama 9 hari dalam aliran darah dan secara konstan akan digantikan oleh sel-sel trombosit baru yang dibentuk oleh sum-sum tulang belakang. Oleh sebab itu, jumlah trombosit di dalam darah tidak boleh terlalu sedikit karena apabila jumlah trombosit terlalu sedikit, hal ini dapat mengakibatkan pendarahan dan dapat mengancam jiwa seseorang. Pada saat jumlah trombosit terlalu sedikit, pendarahan internal(dalam organ dalam tubuh) maupun eksternal(seperti: mimisan, bintik merah pada kulit) sangat rentan terjadi karena pembuluh darah mudah pecah dan pendarahan susah berhenti karena darah tidak membeku.

Cara Menambah Trombosit Darah. Makanan penambah trombosit

DBD(Demam Berdarah Dengue adalah penyakit yang menyerang trombosit di dalam darah. Di saat kita terserang demam berdarah, trombosit akan cepat menurun dan hal ini dapat membahayakan jiwa. Jumlah trombosit perlu mencapai nilai normal antara 150.000 sampai 450.000 butir trombosit per mikro liter darah. Dalam upaya untuk meningkatkan jumlah trombosit hingga mencapai jumlah normal, kita dapat mengupayakannya dengan mengkonsumsi makanan penambah trombosit berikut ini:

Buah-buahan dan sayuran berdaun hijau membantu menaikkan trombosit dengan cepat

Kita bisa menambah asupan makanan sehat seperti: buah-buahan dan sayuran segar setiap hari. Sayuran segar yang berdaun hijau, buah kiwi, tomat dan jeruk dapat membantu menaikkan trombosit dengan cepat.

Asam folat dan vitamin B 12 berperan penting dalam produksi elemen darah terutama trombosit

Makanan yang mengandung asam folat dan vitamin B12 berperan penting dalam produksi elemen darah terutama trombosit. Makanan yang banyak mengandung asam folat banyak terdapat pada: jeruk, bayam, brokoli, kol dan kacang kering. Sementara makanan yang banyak mengandung vitamin B 12 adalah susu, keju, telur, hati dan daging kambing.

Makanan yang mengandung asam lemak omega-3 dapat meningkatkan trombosit dengan cepat

Asam lemak omega-3 akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami dan dapat meningkatkan trombosit dengan cepat. Makanan yang mengandung asam lemak omega-3, di antaranya: ikan, minyak ikan, tuna, salmon dan biji rami.

Suplemen vitamin dan mineral dapat menaikkan trombosit dengan cepat dan memperkuat sistem kekebalan tubuh

Apabila kita tidak menyukai atau kesulitan menemukan sayuran atau buah-buahan. Upaya yang dapat kita lakukan untuk menaikkan trombosit dengan cepat adalah dengan mengkonsumsi suplemen vitamin dan mineral. Suplemen vitamin dan mineral dapat menaikkan jumlah trombosit dengan cepat dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kita perlu mengkonsumsi vitamin C 1000 mg setiap hari. Vitamin ini mudah larut dalam air sehingga dapat diserap tubuh dengan cepat. Vitamin C juga membantu penyerapan zat besi yang berperan penting dalam pembentukan sel darah.

Angkak dapat digunakan sebagai obat demam berdarah karena dapat menaikkan jumlah trombosit dengan cepat

Angkak merupakan beras putih yang telah dibiakkan dengan sejenis ragi khusus selama beberapa hari sehingga warnanya menjadi merah. Menurut beberapa penelitian, angkak dapat digunakan sebagai obat demam berdarah. Manfaat dalam mengkonsumsi angkak bagi penderita demam berdarah sangat cepat. Dalam hitungan hari angkak dapat menaikkan jumlah trombosit dengan cepat. Angkak dapat dikonsumsi dengan cara diseduh dengan air panas atau dimasak kuah dengan daging ayam.

Hal yang perlu kita lakukan selain mengkonsumsi makanan sehat yang dapat menaikkan trombosit dengan cepat. Kita juga perlu beristirahat dengan cukup setiap hari, menghindari aktifitas yang dapat menyebabkan pendarahan(olahraga) ataupun cedera(benturan, luka atau goresan), menghindari konsumsi obat pereda nyeri dan penurun panas dan minum air yang cukup setiap hari. Hindari minum air dingin karena air dingin dapat memperlambat saluran pencernaan dan dapat mempengaruhi cara tubuh dalam menyerap nutrisi.