Wajah yang putih dan berseri identik dengan kulit yang sehat. Setiap orang mendambakan memiliki wajah yang putih, sehat dan berseri. Dengan wajah putih dan bersih akan membuat penampilan seseorang menjadi lebih menarik dan terlihat awet muda. Di dalam kehidupan sehari-hari, ada beberapa faktor yang dapat membuat wajah terlihat gelap dan muncul noda pada wajah akibat terpapar sinar matahari(ultra violet), penuaan dini atau radikal bebas yang tidak bisa dihindari. Bila kulit terlanjur menjadi gelap, coba lakukan cara memutihkan wajah dengan cara alami berikut ini:

Cara memutihkan wajah dengan cara alami

Sel kulit yang menggelap yang timbul akan membuat wajah seseorang terlihat kurang menarik. Kulit menggelap dapat dikarenakan noda hitam yang sangat kecil dan sel kulit yang terbakar akibat sinar matahari. Semua faktor ini akan membuat wajah terlihat kusam dan tidak segar.

Perawatan kulit agar kembali bercahaya tidak harus selalu menggunakan pengobatan secara klinis. Terapi dan perawatan secara alami juga dapat dilakukan di rumah. Selain itu perawatan dengan cara alami untuk memutihkan wajah dapat dilakukan dengan biaya yang lebih terjangkau dan tidak menimbulkan efek samping. Berikut ini cara alami memutihkan wajah, di antaranya:

Pepaya melembabkan kulit dan membantu pemulihan kulit

Pepaya dapat digunakan untuk membuat kulit menjadi sehat dan lebih cerah. Pepaya mengandung vitamin A, C dan E yang dapat melembabkan kulit dan membantu pemulihan sel kulit yang rusak. Pepaya juga dapat melindungi kulit dari radiasi sinar matahari.

Pepaya juga dapat yang dijadikan masker pada kulit yang kusam dan bernoda hitam. Perawatan dengan menggunakan masker pepaya dapat dilakukan dengan rutin setiap minggu.

Bengkoang baik untuk kulit dan membuat tampilan kulit lebih cerah

Bengkoang mengandung vitamin B1 dan vitamin C yang bermanfaat untuk membuat kulit lebih sehat dan membuat tampilan kulit lebih cerah. Bengkoang juga berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang dapat mencegah dan mengatasi penuaan dini. Manfaat lain dari bengkoang adalah dapat menyegarkan kulit akibat terpapar dari sinar matahari. Bengkoang juga dapat dimanfaatkan sebagai masker wajah. Perawatan menggunakan masker bengkoang dapat dilakukan setiap minggu.

Tomat mencerahkan dan melembabkan kulit

Tomat mengandung vitamin C dan vitamin E yang bermanfaat dalam mencerahkan dan melembabkan kulit. Tomat juga dapat digunakan untuk mengatasi kuman pada kulit wajah, melindungi wajah dari sinar matahari yang dapat mengakibatkan kulit menjadi terbakar dan meradang. Tomat cocok digunakan sebagai masker pada wajah terutama untuk jenis kulit berminyak karena tomat dapat mengurangi minyak berlebih pada wajah, mencegah komedo dan jerawat. Perawatan menggunakan masker tomat juga dapat dilakukan setiap minggu.

Madu mengobati bintik hitam di wajah, mengelupas sel-sel kulit mati dan mengganti sel-sel kulit mati dengan sel-sel baru

kandungan antioksidan dalam madu dapat memperlambat proses penuaan dini. Madu juga berkhasiat dalam melembabkan kulit, memutihkan kulit, mencegah dan mengobati jerawat, mengobati bintik hitam di wajah, mengelupas sel-sel kulit mati dan mengganti sel-sel kulit mati dengan sel-sel baru. Madu dapat digunakan langsung pada wajah sebagai masker wajah. Perawatan dengan menggunakan masker madu dilakukan rutin 1 minggu sekali.

Susu mengurangi pigmentasi kulit sehingga warna kulit tidak akan menjadi gelap

Susu memiliki kegunaan dalam mengatur warna kulit kita sehingga warna kulit akan tampak lebih bersih dan natural. Susu juga mengandung lemak yang baik untuk menjaga kelenturan dan kelembaban kulit. Bila konsumsi susu dilakukan secara rutin, kulit akan terlihat lebih cerah, lembab dan sehat. Kandungan asam laktat dari susu juga dapat mengurangi pigmentasi kulit sehingga warna kulit tidak berubah. Susu juga dapat digunakan sebagai masker wajah. Perawatan kulit wajah menggunakan masker susu dapat dilakukan setiap hari maupun seminggu sekali.