Memiliki gigi yang putih dan bersih tentu akan membuat kita semakin percaya diri. Namun, seiring dengan perkembangan waktu gigi yang dulunya putih akan berubah menjadi kuning. Gigi merupakan bagian dan penampilan dan tentu saja bila gigi kuning akan membuat kepercayaan diri menurun. Oleh karena itu, kita perlu merawat gigi dan mengetahui cara memutihkan gigi kuning dengan cepat.

Cara memutihkan gigi kuning dengan cepat

Minuman yang mengandung kafein atau minuman bersoda dapat membuat gigi kita menjadi kuning. Meskipun kita rutin menggosok gigi dua kali atau lebih dalam sehari. Gosok gigi tidak selalu efektif dalam mengatasi gigi kuning. Gigi bisa saja berubah menjadi kuning tanpa kita sadari. Namun demikian, kita tidak perlu khawatir karena ada cara memutihkan gigi kuning dengan cepat:

Baking soda membantu memutihkan gigi kuning

Baking soda dapat menjangkau celah gigi, mengurangi pertumbuhan bakteri dalam mulut, menghilangkan bau mulut, membuang penumpukan plak gigi, menghilangkan perubahan warna pada gigi dan lain sebagainya.

Namun, kita perlu berhati-hati dalam menggunakan baking soda dalam memutihkan gigi. Penggunaan yang berlebihan dan dalam jangka waktu panjang akan membuat gigi mengalami korosi atau mudah rapuh.

Cara menggunakan baking soda:
Campurkan pasta gigi dengan 1/4 teh baking soda pada saat digunakan. Jangan menambah takaran baking soda karena dikhawatirkan akan merusak gigi. Gosoklah gigi sesuai jadwal Anda. Hal ini tentu telah melalui standar kesehatan, uji klinik dan direkomendasikan oleh para ahli kesehatan. Perawatan ini sebaiknya hanya dilakukan setiap 4 bulan sekali agar tidak membuat gigi mengalami korosi

Lemon membantu memutihkan gigi kuning

Lemon memiliki kandungan asam sitrat yang dapat membantu memutihkan gigi kuning. Cara penggunaannya cukup mudah: Cuci dan potong 1 buah lemon menjadi beberapa bagian. Gunakan potongan lemon untuk menggosok gigi. Berkumur dengan air bersih untuk menghilangkan sisa-sisa lemon pada gigi. Perawatan ini dapat dilakukan seminggu sekali atau 2 minggu sekali untuk mendapatkan hasil yang efektif. Gigi akan terlihat lebih putih, sehat dan bersih. Lemon mengandung asam yang dapat melunturkan warna kuning pada gigi tapi penggunaan asam yang terlalu sering pada gigi dapat mengakibatkan gigi menjadi keropos. Oleh karena itu, jangan terlalu sering menggunakan zat asam untuk membersihkan gigi.

Garam dan jeruk nipis membantu memutihkan gigi kuning dengan cepat

Garam mengandung sodium yang dapat membersihkan kotoran pada gigi. Sedangkan jeruk nipis kaya akan kandungan vitamin C yang baik untuk kesehatan gigi dan gusi. Kombinasi dari kedua bahan ini dapat digunakan untuk mengatasi gigi kuning. Caranya cukup mudah: peras sebuah jeruk nipis dan 1 sendok makan garam. Campur hingga merata. Gunakan campuran ini untuk menggosok gigi. Bila dilakukan secara rutin, plak yang menempel pada gigi akan segera hilang dan gigi akan tampak putih dan sehat. Namun demikian, jeruk nipis mengandung zat asam. Sebaiknya perawatan ini dilakukan secara berkala, sekali dalam seminggu atau sekali dalam waktu 2 minggu.

Buah-buahan dan sayuran dapat membantu memutihkan gigi kuning dengan cepat

Kita dapat mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran untuk memutihkan gigi sekaligus menjaga kesehatan tubuh. Buah-buahan dan sayuran dapat merangsang keluarnya air liur yang memiliki sifat anti bakteri. Dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran secara rutin, gigi akan menjadi putih dan sehat.