Pada awalnya media sosial dibuat untuk kegiatan bersosial secara online. Pada kenyataannya media sosial lebih sering digunakan sebagai media promosi bisnis. Media sosial dapat membantu memberikan kemudahan pada saat melakukan promosi produk karena informasi yang disampaikan akan langsung ditujukan pada target atau pengguna media sosial. Sebagai pengguna media sosial Anda pasti mengenal Instagram. Instagram adalah media sosial yang ditujukan untuk berbagi foto, yang memungkinkan pengguna mengambil foto kemudian membagikannya ke layanan jejaring sosial. Instagram dapat digunakan sebagai alat marketing untuk mempromosikan bisnis Anda. Dengan tampilan Instagram yang lebih menarik dan elegant, membuat banyak orang tertarik untuk berjualan dan mempromosikan bisnisnya melalui Instagram. Berikut ini cara mempromosikan bisnis di instagram:

1. Respon aktif kepada follower
Ketika Anda mempromosikan bisnis pada Instagram, hal terpenting yang perlu dilakukan adalah dengan memberikan respon aktif dengan menanggapi berbagai komentar pada postingan Anda. Anda dapat memberikan respon positif pada postingan sehingga membuat pembaca senang untuk berkomentar. Dengan aktif memberikan respon, follower akan lebih terhubung dengan Anda dan merasa dihormati oleh Anda. Setiap pertanyaan yang Anda jawab dari setiap komentar akan membangun kedekatan pada follower serta memberikan dampak positif bagi bisnis Anda. Follower akan lebih mengenal produk dan bisnis Anda, dengan demikian bisnis Anda akan lebih dikenal luas.

2. Hashtags
Terkadang hashtags dianggap tidak terlalu penting, tetapi hashtags merupakan cara sederhana yang justru membantu dalam mengukur pertumbuhan komunitas pada akun Anda. Ketika Anda memberikan hashtags pada postingan, hal tersebut akan membuat para pembaca lebih mengerti maksud dari subyek postingan Anda.

3. Aplikasi tambahan untuk mengelola akun
Terdapat banyak aplikasi tambahan yang dapat digunakan untuk memantau komunitas dan mengukur popularitas pada akun Anda, seperti: Statigram, Nitrogram dan lain sebagainya. Statigram dapat digunakan sebagai media untuk mengetahui keadaan komunitas serta menampilkan news feed. Statigram juga dapat membantu pengguna Instagram untuk menampilkan data statistik, seperti: jumlah foto yang telah diunggah, jumlah like yang diterima, jumlah komentar, jumlah follower dan jumlah following pada akun Instagram Anda. Selanjutnya Anda juga bisa menggunakan Nitrogram sebagai media untuk membantu mengukur popularitas dari sebuah akun instagram. Aplikasi tambahan ini dapat membantu promosi produk Anda lebih mudah dengan mengetahui respon yang diterima untuk setiap postingan Anda.

Kini terdapat banyak media sosial yang dapat digunakan untuk mempromosikan bisnis, seperti: Facebook, Twitter, Instagram dan lain sebagainya. Media sosial dapat digunakan sesuai dengan kegunaan dari aplikasi sehingga dapat membantu memperkenalkan bisnis Anda. Demikian informasi mengenai cara mempromosikan bisnis di Instagram, semoga bermanfaat.