Sinyal pada media penghubung komunikasi tanpa kabel pada handphone merupakan gelombang elektromagnetik yang dipancarkan antara perangkat Anda dan pemancar dari operator jaringan. Komunikasi hanya dapat terjadi apabila kedua belah pihak dapat menerima sinyal satu sama lainnya. Anda bisa membayangkan jika perangkat Anda tidak memiliki penguat sinyal yang baik, Anda akan sulit menggunakan perangkat Anda untuk melakukan komunikasi, seperti: SMS, BBM, menelepon dan lain sebagainya. Pengguna setiap perangkat seluler tentunya memprioritaskan untuk memilih perangkat yang memiliki penguat sinyal yang baik.

Hampir semua perangkat yang beredar pada saat ini telah dilengkapi dengan penguat sinyal yang baik namun ada faktor lain yang mempengaruhi kualitas sinyal yang diterima pada perangkat. Anda perlu mengetahui bahwa kekuatan sinyal yang diterima oleh perangkat Anda dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain: perangkat Anda sendiri, Operator seluler yang digunakan dan lokasi Anda untuk mengakses jaringan. Pada beberapa daerah pedesaan, pegunungan dan daerah yang jauh dari tower pemancar, akan sulit untuk mendapatkan sinyal yang baik bahkan tidak terjangkau sama sekali oleh sinyal pemancar. Selain kualitas penguat sinyal perangkat Anda, keberadaan pemancar dari operator yang berada di dekat lokasi di mana Anda berada juga mempengaruhi kualitas sinyal yang diterima oleh perangkat Anda. Keberadaan antena pemanca di dekat lokasi Anda berada bertujuan agar sinyal yang dipancarkan dapat diterima dengan baik oleh perangkat Anda.

Bila pada daerah di mana Anda berlokasi telah tersedia pemancar dari operator jaringan dengan kualitas sinyal yang memadai tetapi sinyal yang diterima oleh perangkat Anda kurang baik, maka ada kemungkinan masalah terjadi pada perangkat Anda. Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut ini untuk membantu memperbaiki kualitas dan stabilitas sinyal yang diterima pada perangkat Anda:

1. Pilih jaringan
Anda perlu memilih jaringan yang tepat pada perangkat Anda. Anda bisa masuk ke dalam setting jaringan dengan menekan *#*#4636#*#* maka akan tampil Phone Information Network. Kemudian pilih jaringan yang ingin digunakan, seperti: GSM only, WCDMA only, GSM auto(PRL), CDMA auto(PRL), CDMA only, EvDo Only, GSM/CDMA auto(PRL) atau lain sebagainya. Untuk mendapatkan sinyal 3G yang stabil pada Android, pilih jaringan WCDMA only. Namun jika sinyal 3G tidak tersedia di daerah Anda, pilih jaringan 2G/EGDE. Setting jaringan ini dilakukan dengan menggunakan Smartphone Android. Pada perangkat non Android cara setting jaringannya berbeda-beda tergantung dari tipe perangkat Anda.

2. Refresh jaringan
Refresh koneksi jaringan dapat dilakukan dengan mematikan koneksi ke jaringan, kemudian menyalakan kembali koneksi sebelumnya. Caranya tekan tombol power dan tahan sampai muncul pilihan menu mode Pesawat/Airplane dan pilih mode tersebut. Setelah perangkat Anda berada di mode Pesawat/Airplane, Anda dapat mengaktifkan kembali ke mode Normal dengan mematikan mode Pesawat/Airplane. Hal ini dilakukan untuk mengkoneksi ulang perangkat Anda ke jaringan dan diharapkan untuk mendapatkan sinyal dengan kualitas yang lebih baik.

3. Install aplikasi pembantu konektifitas
Install aplikasi tambahan untuk membantu stabilitas koneksi perangkat Anda ke jaringan. Silahkan masuk ke dalam apps market, seperti: Apps Store, Play Store, Ovi Store atau lain sebagainya. Anda dapat menggunakan aplikasi resmi yang dapat berfungsi untuk membantu konektifitas handphone Anda ke jaringan, seperti WiFi Booster Easy Connect, Network Booster Free, Network Signal Speed Booster, Open Signal Maps, WiFi Overview 360, Network Signal Info atau lain sebagainya.

Demikian penjelasan mengenai cara mendapatkan sinyal handphone yang stabil. Kami tekankan bahwa langkah di atas adalah cara untuk mendapatkan sinyal jaringan yang stabil dan tidak ada cara untuk memperkuat sinyal pada perangkat selain menambahkan antena penguat sinyal. Mengapa judul artikel ini menggunakan “Cara Memperkuat Sinyal Handphone, Smartphone Atau Tablet?” Hal ini dikarenakan sebagian besar orang tidak mengetahui bahwa sinyal tidak diperkuat sehingga mereka mencari ulasan ini dengan kata kunci pencarian “Cara Memperkuat Sinyal Handphone, Smartphone Atau Tablet”. Berdasarkan hal ini, Kami mengulas cara mestabilkan sinyal pada perangkat handphone, Smartphone Atau Tablet menggunakan judul memperkuat sinyal handphone, smartphone Atau tablet.

Anda juga perlu ingat, bahwa cara untuk melakukan setting jaringan pada setiap perangkat berbeda-beda tergantung perangkat masing-masing. Kami mencoba mencontohkan setting jaringan menggunakan salah satu perangkat Android kami. Semoga apa yang kami contohkan sesuai dengan cara setting pada perangkat Anda.