Sebagian orang memiliki masalah kegemukan di daerah perut. Masalah ini dapat timbul pada wanita maupun pria baik, tua maupun muda. Sebagian orang memiliki kecenderungan lebih mudah menjadi gemuk karena faktor genetik. Namun hal tersebut tidak berperan aktif dalam menentukan kondisi badan seseorang.

Banyak orang melakukan diet ketika mereka sudah mengalami kegemukan. Mereka melakukan diet dan berharap ukuran badan mereka mengecil dan berat badan menurun. Sebagian orang yang berhasil melakukan diet masih terlihat besar di daerah perut dan paha atas. Hal ini dikarenakan mereka hanya melakukan diet sedangkan lemak yang menumpuk di kedua daerah tersebut tidak terbakar. Buat Anda yang memiliki kesulitan untuk memperkecil kedua daerah badan tersebut, silahkan ikuti cara memperkecil perut dan paha berikut ini:

Sit Up
Lakukan gerakan sit up secara rutin setiap pagi dan malam hari. Gerakan sit up ini akan menggerakkan otot perut. Gerakan ini berfungsi untuk membakar lemak yang terletak di area perut. Gerakan ini akan membakar banyak kalori karena gerakan ini membutuhkan banyak energi. Tumpukan lemak di daerah perut akan diubah oleh tubuh sebagai sumber energi secara perlahan. Semakin banyak Anda melakukan gerakan sit up ini, semakin banyak pula kalori di dalam tubuh yang Anda keluarkan melalui otot di perut.

Bila Anda tidak pernah melakukan gerakan sit up sebelumnya, Anda disarankan untuk tidak memaksakan diri untuk melakukan gerakan ini sebanyak mungkin pada hari-hari awal Anda memulai latihan. Bila Anda merasa otot perut Anda mulai lelah, Anda harus berhenti melakukan gerakan sit up. Anda dapat beristirahat selama 15 menit dan melanjutkan latihan. Lakukan gerakan sit up ini sesuai dengan kemampuan Anda.

Pada hari-hari awal mulai melakukan gerakan sit up, Anda dapat lakukan 20 sampai dengan 30 kali dalam sehari. Anda dapat meningkatkan jumlah gerakan sit up sebanyak 5 hingga 10 kali setiap minggu sesuai dengan kemampuan Anda. Anda juga disarankan untuk tidak menambah jumlah gerakan bila hal itu di luar kemampuan diri Anda. Bila Anda memaksakan diri untuk melakukan gerakan ini, akan ada kemungkinan Anda mengalami cedera pada otot perut. Hal ini akan membuat Anda merasa sakit pada daerah perut dan Anda harus menghentikan latihan sementara waktu. Latihan gerakan sit up dapat Anda lakukan hingga 100 kali dalam sehari bila Anda mampu melakukannya.

Angkat Kaki
Otot paha atas merupakan salah satu anggota badan yang sangat jarang digunakan untuk beraktifitas berat dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini memungkinkan lemak yang timbul di daerah itu susah terbakar dan terus bertahan. Salah satu cara untuk mengecilkan ukuran paha atas adalah melakukan gerakan-gerakan yang membutuhkan otot paha atas untuk bekerja lebih keras.

Anda bisa mencoba melakukan gerakan mengangkat kaki ke depan atau ke samping dengan lurus. Gerakan harus dilakukan secara perlahan agar otot paha atas dapat bekerja secara efektik untuk mengeluarkan energi tubuh. Gerakan ini akan terasa susah pada hari-hari awal Anda melakukan latihan. Hal ini dikarenakan otot paha kita tidak pernah digunakan untuk beraktifitas berat sehingga otot di daerah ini lebih lemah. Gerakan angkat kaki bisa dilakukan dengan posisi berdiri maupun tidur terlentang. Gerakan ini lebih mudah dilakukan dengan posisi tidur terlentang. Pada posisi tiduran, otot kaki tidak terlalu terbebani. Namun, setelah Anda terbiasa melakukan gerakan ini, Anda harus melakukannya dengan posisi berdiri agar otot mengeluarkan lebih banyak energi dan dapat menyerap energi pada jaringan lemak lebih cepat.

Latihan ini dapat dilakukan pada kedua kaki secara bergantian. Anda dapat melakukan 5 kali gerakan pada salah satu kaki kemudian melakukan gerakan yang sama pada kaki lainnya secara bergantian. Anda juga tidak boleh memaksakan diri Anda untuk melakukan gerakan ini untuk menghindari cedera otot. Pada hari-hari awal Anda melakukan latihan, Anda bisa melakukan 20 kali gerakan ke depan dan 20 kali gerakan ke samping pada masing-masing kaki dalam sehari. Anda dapat menambahkan jumlah gerakan bila otot kaki Anda mulai terlatih melakukan gerakan ini. Bila otot kaki Anda cukup terlatih, Anda dapat melakukan 100 kali gerakan ke depan dan ke samping untuk setiap kaki dalam sehari.

Lompat
Bila Anda memiliki kelebihan berat yang cukup banyak, Anda mungkin mengalami kesulitan untuk melakukan gerakan sit up dan angkat kaki. Hal ini diakibatkan oleh otot Anda harus mengangkat berat badan berlebih yang menumpu pada otot tersebut. Bila Anda memiliki berat badan berlebih dan terdapat tumpukan lemak pada daerah perut, paha dan lengan, Anda dapat melakukan gerakan lompat kecil.

Gerakan lompat kecil dapat dilakukan di dalam rumah. Lompatan yang Anda lakukan hanya setinggi 5cm dari tanah. Anda tidak perlu melakukan lompatan tinggi yang membuat otot kaki Anda mudah lelah. Lompatan kecil dilakukan untuk menggerakkan timbunan lemak yang terdapat pada badan kita. Gerakan pada jaringan lemak dapat membantu tubuh kita untuk menyerapnya untuk digunakan sebagai cadangan energi. Gerakan lompat juga ikut membakar kalori tubuh kita. Gerakan ini dapat dilakukan pada pagi dan malam hari. Anda dapat melakukan latihan lompat kecil ini selama 10 hingga 15 menit pada setiap sesi.

Gerakan ini lebih efektif bila Anda memiliki timbunan lemak yang berlebih dan timbunan lemah tersebut akan tergerak oleh gerakan melompat. Gerakan lompat ini akan menjadi kurang efektif apabila timbunan lemak di badan sudah menipis atau tinggal sedikit. Gerakan lompat ini akan membantu mempercepat pengikisan timbunan lemak di samping Anda membakar kalori melalui gerakan sit up dan angkat kaki.

Jaga Makanan
Setelah Anda melakukan gerakan otot secara rutin setiap hari, Anda akan merasa lebih lapar daripada sebelumnya. Latihan fisik membuat Anda membutuhkan energi tambahan tapi Anda tidak boleh mencukupi kebutuhan energi melalui makanan. Anda harus membatasi jumlah energi yang ditambahkan melalui makanan agar tubuh Anda menyerap energi yang terkandung di dalam jaringan lemak di tubuh Anda.

Anda disarankan untuk menjaga porsi makanan terutama makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak. Porsi makanan utama yang biasa banyak mengandung karbohidrat seperti nasi, roti, mie dan lain sebagainya dapat diganti dengan sayur dan buah. Sayur dan buah memiliki banyak serat yang berfungsi mengikat lemak pada makanan. Hal ini akan mengurangi jumlah lemak pada makanan yang diserap oleh tubuh.

Istirahat
Bekerja dan latihan tubuh membuat fisik Anda menjadi sangat lelah. Beberapa sel otot juga mungkin mengalami cedera ringan pada saat latihan tanpa disadari. Otot yang lelah membutuhkan istirahat untuk memperbaiki sel yang rusak atau cedera. Otot juga akan menyerap energi lebih optimal pada saat beristirahat. Istirahat yang cukup akan membuat Anda lebih segar untuk melakukan latihan pada hari berikutnya.