Pernahkah Anda mengalami kesulitan untuk menggunakan alat komunikasi karena kehabisan daya baterai? Pada saat Anda terburu-buru ingin menggunakan handphone tetapi daya baterai habis. Anda harus menunggu waktu yang agak lama untuk mengisi baterai hingga penuh. Masalah seperti ini sering terjadi dan akan membuat pengguna handphone merasa terganggu. Daya baterai handphone cepat habis dikarenakan banyak aplikasi yang bekerja di belakan sistem operasi. Setiap aplikasi yang berjalan pada perangkat Anda memiliki andil dalam menghabiskan daya baterai sehingga baterai sering sekali kehabisan daya dan perlu diisi kembali. Hal ini membuat produsen melengkapi perangkat baru dengan baterai yang berkapasitas besar untuk menjaga agar daya baterai dapat bertahan lama. Pada kenyataannya semakin lama perangkat digunakan maka semakin menurun pula daya tahan baterai. Hal ini yang selalu menjadi masalah, karena Anda harus sering untuk mengisi kembali daya baterai perangkat Anda. Namun, Anda tidak perlu khawatir masalah ini, karena kami mempunyai solusi cara mempercepat pengisian baterai perangkat Anda.

1. Matikan perangkat saat pengisian baterai
Anda disarankan untuk mematikan perangkat ketika melakukan proses pengisian baterai. Daya yang berasal dari charger akan lebih terfokus pada pengisian baterai sehingga baterai lebih cepat penuh. Pada saat perangkat dimatikan, perangkat tidak membutuhkan sumber daya untuk operasional, seperti: memancarkan sinyal ke operator, menjalankan sistem operasi dan lain sebagainya. Mematikan perangkat ketika melakukan pengisian baterai akan mempercepat proses pengisian lebih cepat sekitar 25% dari biasanya.

2. Gunakan charger original
Penggunaan charger yang asli dari bawaan perangkat menjadi salah satu kunci pengisian baterai yang maksimal. Charger asli bawaan dari perangkat memiliki pengaturan tegangan charger yang optimal. Charger alternatif yang dijual di pasaran memiliki harga lebih murah tapi tegangan charging dikhawatirkan tidak memenuhi standar dan tidak stabil sehingga dapat memperpendek daya tahan baterai.

3. Gunakan mode offline
Mode offline atau mode airplane dapatpat diaktifkan pada saat melakukan pengisian baterai sehingga segala koneksi jaringan akan diputus. Bila Mode offline  diaktifkan, perangkat komunikasi tersebut tidak bisa menerima panggilan, sms dan mengakses internet pada sementara waktu sampai mode offline dimatikan. Mode offline dapat membantu proses pengisian baterai lebih maksimal karena tidak terganggu oleh beban kerja sistem operasi berlebih. Beban daya operational yang kecil tersebut dapat membantu pengalihan daya charging yang lebih besar sehingga energi baterai lebih cepat penuh.

4. Tidak menggunakan perangkat saat pengisian baterai
Saat pengisian baterai perangkat, Anda disarankan untuk tidak melakukan aktifitas, seperti: SMS, BBM, Melakukan panggilan atau yang lainnya. Aktifitas ini akan berpengaruh pada lambatnya pengisian baterai dan memperpanjang waktu yang diperlukan untuk mengisi daya baterai hingga penuh. Anda dapat membiarkan baterai perangkat Anda terisi penuh terlebih dahaulu sebelum digunakan.

Baterai cepat habis karena aplikasi atau koneksi yang tertanam di dalam sistem operasi selalu bekerja dan membutuhkan daya baterai yang cukup besar. Daya baterai sering sekali cepat habis dan perlu diisi kembali. Dengan melakukan cara pengisian baterai yang tepat akan membuat baterai akan bertahan lama. Demikian pembahasan ini, semoga bermanfaat.