Setiap orang pasti berharap barang elektronik yang mereka beli akan awet dan tidak banyak mengalami masalah. Hal ini berlaku juga untuk perangkat komputer. Perangkat komputer akan lebih awet dan bandel bila kita mengetahui cara menentukan spesifikasi komputer yang akan kita beli. Pada umumnya masyarakat Indonesia memilih untuk membeli komputer rakitan dibandingkan komputer built up karena mempertimbangkan faktor harga. Namun, tidak dipungkiri kemungkinan komputer rakitan rusak lebih tinggi dibandingkan komputer built up. Hal ini dikarenakan konsumen awam tidak mengerti tentang spesifikasi komputer yang wajib diperhatikan. Berikut ini adalah cara memilih spesifikasi komputer yang handal dan jarang rusak.

Cara memilih spesifikasi komputer yang handal dan jarang rusak

Komputer built up telah dirancang oleh pihak manufaktur yang kompeten sehingga memiliki daya tahan yang lebih tinggi. Namun, hal berbeda akan ditemui ketika kita membeli sebuah komputer rakitan. Komputer rakitan tidak memiliki spesifikasi standar dan toko komputer terkait yang memberikan rekomendasi spesifikasi. Hal yang perlu diingat adalah bahwa tidak semua toko komputer mengerti benar tentang spesifikasi komputer sehingga mereka tidak bisa memberikan rekomendasi terbaik. Bila Anda ingin membeli sebuah komputer, perhatikan hal-hal berikut ini:

Kipas Prosesor

Prosesor yang dijual di pasaran tidak selalu disertai dengan kipas asli bawaan produsen. Sebaiknya pilih prosesor yang datang sepaket dengan kipasnya. Biasanya kipas dan prosesor terbungkus pada kotak yang sama dan tersegel. Beberapa penjual komputer menjual prosesor dengan menyertakan kipas yang tidak asli. Kipas yang tidak asli terkadang kurang presisi asnya sehingga kipas menjadi mudah kehilangan pelumas dan menjadi mudah macet. Hal ini akan menyebabkan prosesor menjadi kepanasan dan mudah rusak.

Prosesor

Prosesor yang akan digunakan sebaiknya tidak menghasilkan panas berlebih. Panas yang dihasilkan oleh prosesor akan berkumpul di dalam casing dan menyebabkan suhu di dalam ruangan casing semakin panas dan mudah menyebabkan kerusakan.

Casing

Casing yang dipilih harus disesuaikan dengan tingkat panas yang dihasilkan oleh spare part lain, seperti: prosesor, vga dan hard disk. Semakin banyak komponen yang menghasilkan panas berlebih maka semakin besar pula ukuran casing yang digunakan. Selain itu, lubang sirkulasi udara pada casing harus cukup banyak. Hal ini akan mempercepat pembuangan panas pada spare part komputer. Tambahkan kipas pada casing untuk mempercepat pembuangan panas.

Power Supply

Power supply merupakan komponen penting yang menyediakan daya untuk digunakan keseluruhan perangkat komputer. Semakin besar kebutuhan daya yang dibutuhkan oleh spare part komputer, seperti: prosesor, vga dan harddisk maka power supply yang harus digunakan juga harus mencukupi permintaan dayanya.

Gunakan power supply yang mempunyai merek terkenal, seperti: thermaltake, seasonic, corsair, acbel, ocz dan lain sebagainya. Jangan gunakan power supply dengan merek abal-abal karena spesifikasi daya yang dicantumkan tidak murni. Power supply dengan kualitas yang kurang bagus tidak hanya menyebabkan unit power supply menjadi mudah rusak tapi juga menyebabkan hard disk mudah rusak.

Sistem Onboard

Sistem onboard seperti prosesor atau vga merupakan poin yang bagus terhadap ketahanan sistem komputer. Sistem onboard merupakan sistem yang menyatu pada motherboard sehingga tidak ada sambungan antara prosesor dengan motherboard atau vga dengan motherboard. Hal ini menyebabkan koneksi menjadi stabil dan tidak terganggu oleh kotoran yang berada pada sambungan. Sistem komputer onboard akan lebih rendah kemungkinan terjadi rusak dibandingkan sistem komputer discreet(terpisah).

Beberapa pengguna tidak menghendaki penggunaan sistem onboard dengan alasan sistem onboard memiliki kecepatan yang lebih lambat. Namun, bila kecepatan sistem komputer onboard sudah memadai untuk penggunaan maka lebih baik menggunakan sistem onboard dibandingkan menggunakan sistem terpisah.

Sistem discreet atau terpisah membuat komputer menjadi lebih upgradable tapi harga perangkat akan menjadi lebih mahal dibandingkan perangkat komputer onboard.