Pengguna handphone atau tablet pastinya sudah tidak asing lagi dengan perangkat energi tambahan yang disebut power bank. Power bank merupakan perangkat portable untuk mengisi daya baterai ketika berada di luar rumah. Penggunaan power bank ternyata cukup membantu ketika baterai perangkat Anda mulai habis. Kita tidak perlu mencari charger dan stop kontak untuk mengisi daya baterai berkat kehadiran power bank. Harga power bank bervariasi mulai dari di bawah seratus ribu rupiah hingga lebih dari lima ratus ribu rupiah. Power bank yang baik mempunyai fitur, seperti: Overcharge Protection, Short Circuit Protection dan Overheat Protection. Memilih power bank yang terbaik harus memiliki fitur yang lengkap agar tidak mengakibatkan kerusakan pada perangkat Anda. Berikut ini adalah cara memilih power bank yang berkualitas:

1. Kapasitas power bank
Setiap power bank memiliki kapasitas yang berbeda-beda, mulai dari 1000 mAH sampai 15.000 mAH. Memilih power bank sebaiknya menentukan terlebih dahulu kapasitas yang diinginkan, misalnya handphone yang kapasitas baterai 1.500 mAH sebaiknya menggunakan power bank di atas 4.000 mAH. Gunakan power bank yang memiliki kapasitas lebih besar dari baterai, setidaknya 2 kali lipat daya baterai. Hal ini dilakukan agar bisa melakukan pengisian ulang baterai perangkat Anda dari power bank dari keadaan habis hingga penuh selama 2 kali atau lebih.

2. Fitur keamanan
Anda harus terlebih dahulu mengetahui fitur keamanan yang tertanam pada power bank yang ingin Anda beli agar terhindar dari masalah teknis yang mungkin terjadi pada perangkat Anda. Fitur keamanan yang terdapat pada power bank, antara lain: Overcharge Protection, Short Circuit Protection dan Overheat Protection. Overcharge Protection berfungsi untuk menghentikan proses pengisian baterai bila pengisian baterai sudah penuh. Short Circuit Protection berfungsi untuk menghidari perangkat Anda atau power bank terbakar atau meledak akibat terjadi hubungan pendek. Overheat Protection berfungsi melindungi perangkat Anda ketika menimbulkan panas berlebih pada saat pengisian baterai perangkat Anda.

3. Kondisi dan merek
kondisi produk tidak kalah penting untuk diperhatikan sebelum membelinya. Anda harus lebih memfokuskan untuk memperhatikan kondisi produk, bila produk yang Anda akan beli adalah produk second. Produk second pada umumnya tidak disertai garansi atau periode garansi yang ditawarkan sangat pendek. Produk second memang lebih murah dari produk baru tetapi kualitas dan kondisi produk mendapat jaminan garansi. Selain itu, merek juga merupakan suatu acuan terhadap kualitas sebuah produk. Anda juga disarankan untuk tidak mudah tergoda oleh produk tiruan yang memberikan harga murah atau merek yang belum pernah Anda ketahui sebelumnya. Anda disarankan untuk memilih merek power bank sudah terpercaya di pasaran, seperti: Vivan, Hippo, Advan, Sony, Xiaomi, Asus dan lain sebagainya.

Power bank memang cukup membantu ketika perangkat Anda kehabisan daya baterai. Namun, jika Anda salah memilih power bank maka akan ada kemungkinan dampak buruk yang terjadi pada perangkat Anda. Anda dapat memilih power bank dengan kualitas baik agar lebih nyaman digunakan dan terhindar dari masalah pada power bank atau perangkat Anda. Sekian informasi mengenai cara memilih power bank yang berkualitas, semoga dapat membantu Anda menentukan power bank yang terbaik untuk Anda.