Cara Memilih Perangkat Komputer Untuk Toko Kelontong - Photo Credit aaltonen

Cara Memilih Perangkat Komputer Untuk Toko Kelontong

Perangkat komputer pada toko kelontong akan digunakan untuk mengoperasikan aplikasi penjualan, manajemen stok, akses laporan penjualan dan lain sebagainya. Perangkat komputer yang akan digunakan sebaiknya dapat memberikan kenyamanan terhadap petugas yang mengoperasikannya. Kendala akan timbul bila pada saat pelaksanaan operasional di dalam toko ternyata perangkat komputer tidak memberikan kenyamanan dari sisi penggunaan, keberadaan fisik komputer, durabilitas hingga efisiensi. Untuk menghindari hal tersebut, kita perlu mengetahui cara memilih perangkat komputer untuk toko kelontong yang kita miliki.

Cara memilih perangkat komputer untuk toko kelontong

Pemilihan perangkat komputer yang akan digunakan tidak hanya dipertimbangkan dari sisi kelayakan penggunaan secara aplikasi. Perangkat komputer yang akan digunakan untuk melaksanakan operasional toko kelontong sebaiknya ditinjau dari beberapa sisi.

Ukuran Fisik

Ketersediaan ruangan atau ukuran meja di toko juga harus dipertimbangkan. Tidak jarang ukuran casing dan monitor komputer akan menyita banyak tempat di dalam toko. Salah satu hal yang perlu dipertimbangkan adalah ukuran fisik dari komputer yang akan digunakan. Bila ruangan di dalam toko tidak cukup lapang untuk meletakkan sebuah komputer ukuran standar sebaiknya mempertimbangkan untuk menggunakan komputer dengan ukuran fisik cpu yang lebih kecil dan ukuran fisik monitor yang tipis dan tidak banyak menyita ruangan.

Beberapa produsen komputer telah memproduksi cpu dengan ukuran fisik yang sangat kecil bahkan seukuran smartphone atau tablet. Namun, komputer dengan ukuran cpu yang kecil biasanya harus dibayar dengan harga yang lebih mahal.

Kemampuan Komputasi

Dalam hal memberikan kenyamanan penggunaan dalam operasional tentunya kemampuan komputasi dari perangkat komputer harus mencukupi kebutuhan aplikasi atau perangkat lunak yang akan digunakan. Kita sebaiknya meninjau kebutuhkan kekuatan komputasi dari aplikasi yang akan digunakan. Pilihlah perangkat komputer dengan kinerja yang sedikit lebih tinggi di atas spesifikasi yang disarankan oleh pembuat aplikasi. Hal ini akan membebaskan kemungkinan perangkat komputer mendapatkan beban berlebih ketika menjalankan lebih dari 1 aplikasi pada saat bersamaan.

Durabilitas

Komputer yang akan digunakan sebaiknya tidak menimbulkan panas berlebih. Hal ini akan memperpanjang umur komputer karena kita akan menggunakan komputer tersebut untuk melaksanakan kegiatan operasional sepanjang hari dan setiap hari. Bila komputer ternyata berhenti beroperasi maka kegiatan jual beli di dalam toko akan terhambat. Sebaiknya kita memilih komputer yang lebih tangguh dan bandel.

Cara Memilih Spesifikasi Komputer Yang Handal Dan Jarang Rusak

Efisiensi

Kemampuan kinerja komputer berbanding lurus dengan kenyamanan operasional komputer. Namun, penggunaan perangkat komputer dengan kemampuan komputasi yang terlalu tinggi mengakibatkan biaya perangkat komputer menjadi membengkak. Komputer yang kinerjanya tinggi pada umumnya memerlukan tenaga listrik yang lebih besar. Oleh karena itu, kita perlu memilih kinerja komputer yang cukup tinggi tetap tetap menggunakan daya listrik yang tidak terlalu tinggi dan harga perangkat komputer tetap terjangkau.

Bila aplikasi penjualan memerlukan kebutuhan daya komputasi yang terlalu tinggi sebaiknya kita mempertimbangkan kembali untuk menggunakan aplikasi tersebut. Kita dapat memilih aplikasi yang tidak haus daya komputasi perangkat komputer. Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi penjualan untuk toko kelontong Anda.

Cara Memilih Program Penjualan Untuk Toko Kelontong Atau Warung Sembako

Upgradability

Setiap komputer memiliki kemampuan upgrade. Kita mungkin saja memerlukan kemampuan komputasi yang lebih tinggi pada masa mendatang. Dengan adanya kemampuan upgrade, kita dapat mengganti sebagian spare part di dalam komputer untuk menaikkan kinerja komputer dan kita tidak perlu mengganti keseluruhan perangkat komputer.

Availability

Sebuah toko kelontong yang telah mengaplikasikan sistem komputerisasi akan sangat tergantung dengan keberadaan atau availability komputer tersebut. Pada keadaan listrik padam maka komputer juga tidak dapat dioperasikan. Dalam hal ini, kita butuh sebuah power supply cadangan yang sering disebut UPS(Uninteruptible Power Supply). Pada saat listrik padam, komputer tetap akan berjalan menggunakan tenaga listrik cadangan pada perangkat UPS.

Sebuah UPS tetap mempunyai batas daya untuk digunakan dan pada umumnya sebuah UPS hanya dapat menyediakan tenaga listrik selama 15 menit hingga 30 menit tergantung kemampuan perangkat UPS dan kebutuhan daya pada perangkat komputer. Pada saat terjadinya pemadaman tenaga listrik, sebaiknya sebuah toko yang sudah terkomputerisasi juga memiliki sebuah pembangkit listrik yang sering disebut generator atau genset.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *