Mesin bor yang beredar di pasaran memang sangat banyak namun kaum awam terkadang terpaksa harus memiliki perkakas tersebut untuk melakukan pekerjaan di dalam rumah, seperti: memperbaiki meja, memperbaiki lemari, memasang bingkai foto, memperbaiki kunci pintu dan lain sebagainya. Walau membeli mesin bor merupakan hal sederhana namun kita perlu menetapkan pilihan yang tepat saat membeli. Bila kita salah menetapkan pilihan, mungkin saja mesin bor yang kita beli tidak akan awet bahkan tidak bisa digunakan untuk mengerjakan pekerjaan kita. Mari kita simak cara memilih mesin bor yang tepat.

Cara memilih mesin bor yang tepat

Mesin bor yang ditawarkan di pasaran antar produsen dengan berbagai merek ternyata memang dibagi atas beberapa jenis. Masing-masing produsen menawarkan berbagai jenis keunggulan dari ketahanan, kekuatan, efisiensi listrik hingga harga.

Merek

Mesin bor dari beberapa merek terkenal, seperti: makita, maktec, bosch dan lainnya memiliki ketahanan yang lebih tinggi. Produsen merek bonafit menawarkan harga mesin bor yang lebih mahal dibandingkan produsen merek lain. Namun, mesin bor yang harus dibayar mahal tentunya sebanding kualitas dinamo dan gulungannya. kekuatan bor juga lebih kuat dibandingkan dengan merek lainnya. Selain itu, mesin bor merek ternama mampu bekerja dengan lebih lama.

Ukuran Maksimal Mata Bor

Pada umumnya mesin bor mempunyai keterbatasan pada ukuran mata bor. Ukuran maksimal pada mata bor harus ditentukan pada saat membeli mesin bor. Pada umumnya mesin bor mampu menggunakan mata bor sebesar 10mm. Tapi pada mesin bor tertentu, ukuran mata bor yang dapat digunakan kurang dari 10mm, contohnya: 6mm atau 8mm. Bila Anda ingin membuat lubang sebesar 12mm, Anda harus memilih mesin bor yang mampu menggunakannya. Biasanya mesin bor yang berukuran besar hanya mampu menggunakan mata bor ukuran 13mm.

Pembuatan lubang pada kayu dengan diameter lebih dari 13mm, Anda harus mencari mata bor lubang khusus untuk kayu. Biasanya mata bor ini dapat dipasangkan pada mesin bor 10mm walaupun dapat digunakan untuk membuat lubang sebesar 20mm. Namun, untuk membuat lubang pada kayu yang lebih besar dari 13mm, sebaiknya Anda mencari mata bor tersebut sebelum Anda memutuskan untuk membeli mesin bor.

Fitur hammering atau demolition

Beberapa mesin bor ditawarkan dengan fitur hammering atau demolition. Fitur ini digunakan untuk bor tembok atau beton yang keras. Mesin bor ini dirancang untuk bergetar sewaktu dioperasikan. Getaran tersebut akan sangat membantu pada saat melakukan pengeboran pada beton yang keras. Namun, fitur ini tidak cocok bila Anda ingin membuat lubang pada kayu. Lubang yang dihasilkan oleh mesin bor ini akan kurang halus ketika mode ini diaktifkan. Mesin bor yang dilengkapi fitur ini biasanya lebih mahal dibandingkan mesin bor biasa karena bahan yang digunakan pada mesin bor juga harus lebih baik untuk menahan getaran.

Fitur reversible

Beberapa mesin bor juga memberikan fitur reversible. Fitur ini digunakan untuk membalikkan arah putaran bor. Terkadang pekerjaan mengebor menyebabkan mata bor nyangkut di dalam beton atau kayu yang keras. Fitur membalikkan arah putaran akan membantu kita untuk mengeluarkan mata bor yang terjepit. Ironisnya, fitur ini biasanya malah ditawarkan oleh mesin bor dari merek kurang terkenal.

Mesin Bor tidak untuk memasang skrup atau baut

Mesin bor sering disalah gunakan oleh para pengguna. Mesin bor diciptakan untuk membuat lubang dan tidak digunakan untuk memasang baut atau skrup. Tapi, banyak orang malah menyalahgunakannya. Secara prakteknya mesin bor bisa digunakan untuk memasang skrup atau baut. Namun, sisi negatifnya baut atau skrup yang dipasangkan menjadi terlalu kencang dan malah merusak kayu atau skrup tersebut. Mata obeng pada skrup mudah rusak dikarenakan kekuatan bor yang berlebih dan akhirnya skrup tersebut akan susah untuk dibuka kembali.

Bila Anda ingin memasang atau membuka baut dengan tenaga listrik, Anda harus menggunakan mesin electric screw driver. Putarannya lebih lambat dan stabil sehingga Anda mudah mengendalikan mesinnya dan tidak merusak skrup atau barang lain.

Perlengkapan mata bor

Beberapa mesin bor dijual sepaket dengan berbagai mata bor. Bila Anda belum mempunyai mata bor, paket penjualan ini juga patut dipertimbangkan karena Anda tidak perlu membeli mata bor dengan berbagai ukuran secara terpisah. Namun, perlu hal yang perlu dipertimbangkan adalah kualitas mata bor yang disertakan pada paket penjualan tersebut.