Ketika Anda ingin membuat website pasti Anda pasti berpikir kira-kira apa domain yang tepat untuk website Anda. Di dalam ulasan ini, Kami ingin memberikan tips untuk membantu menentukan domain yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda untuk website pribadi, produk ataupun binis Anda.

Kini beredar banyak sekali perusahaan pendaftar domain yang menyediakan jasa untuk mendaftarkan berbagai jenis TLD domain dan membuat Anda bingung untuk memilihnya. Anda butuh menetapkan domain yang paling tepat agar selanjutnya Anda tidak perlu mengganti domain. Sebelum membeli domain Anda harus memperhatikan beberapa hal dalam memilih domain berikut ini:

Pilih TLD Umum
Kini banyak sekali TLD yang bisa didaftarkan dengan bebas, sebagai contoh:
.com        untuk website komersial
.net        untuk website penyedia layanan jaringan
.org        untuk website organisasi
.co            untuk website profil perusahaan
.asia        untuk website asia
.info        untuk website informasi
.web.id        untuk website pribadi negara Indonesia
.co.id        Untuk website komersial negara Indonesia
dan masih banyak lagi

Kami sarankan Anda memilih domain umum seperti di atas, namun sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Hindari juga penggunaan domain yang gratis karena TLD domain gratis tidak umum digunakan dan pengunjung akan susah untuk mengingat dan mungkin akan merusak citra bisnis Anda. Hal ini disebabkan pelanggan akan sulit percaya dengan website tersebut karena menganggap website tersebut hanya coba-coba atau tidak sunggguh-sungguh dalam menjalankan bisnisnya.

Mudah Diingat
Untuk memilih domain yang tepat Anda harus mencari domain lebih membuat kesan lain dari yang lain. Unik, mudah dihafal, mudah diucapkan dan mudah ditulis oleh setiap orang. Penggunaan nama domain biasanya menggunakan satu atau dua kata agar mudah diingat.
misalnya holiday.com, libur.com, wisata.com, tokobaju.com, tokokeren.com, lancarstore.com, serbaonline.com dan lain sebagainya.

Sesuai dengan Kebutuhan
Bila domain digunakan untuk website pribadi, Anda bisa menggunakan nama Anda, nama samaran Anda, nama binatang kesayangan Anda atau yang lainnya.
Bila domain digunakan untuk website bisnis atau usaha Anda, Anda bisa gunakan nama usaha Anda atau bidang usaha Anda.
Bila domain digunakan untuk website informasi produk, sebaiknya masukkan produk atau semboyan untuk produk tersebut agar lebih mengingatkan konsumen tentang produk Anda.

Hindari Tanda Baca
Menambahkan tanda baca ke dalam domain memang sekilas membuat domain Anda menjadi mudah dibaca namun pada prakteknya pengunjung website Anda akan susah mengetikkan tanda baca. Anda sendiri sebagai pemilik website juga akan susah mengsosialisasi nama website Anda.

Kami yakin Anda sendiri sudah mempunyai bayangan mengenai domain yang ingin Anda daftarkan sebelum membaca bahasan ini. Namun, Kami mencoba menambahkan wawasan mengenai cara memilih domain dan faktor apa saja yang perlu diperhatikan. Pemilihan domain sebenarnya tidak susah, hanya saja ketersediaan domain makin hari makin sedikit karena semakin banyak domain yang telah didaftarkan oleh pihak lain. Secara keseluruhan pemilihan domain tidak sulit dan Kami rasa Anda sudah mengerti cara memilih domain yang tepat untuk keperluan Anda. Semoga tips Kami bermanfaat untuk Anda.