Setiap orang menginginkan blog yang mereka bangun akan ramai dikunjungi oleh pengguna internet. Mereka membangun blog dengan berbagai teknik SEO untuk mengoptimalkan blog mereka. Hal ini ditujukan agar muncul di urutan teratas di halaman hasil pencarian mesin pencari. Mereka selalu terfokus pada SEO untuk membawa pengunjung ke dalam blog mereka melalui mesin pencari. Mereka sering lupa untuk mengupayakan agar pengunjung mereka menjadi setia dan kembali membuka halaman blog mereka tanpa melalui mesin pencari.

Pada saat blog baru dibangun, kita memang perlu membawa pengunjung baru ke dalam blog kita melalui mesin pencari. Namun, ada baiknya kita juga membuat agar blog kita dikenal oleh pengunjung agar mereka sering kembali mencari informasi di dalam blog kita. Kita perlu membangun blog kita agar pengunjung mengunjungi blog kita tanpa harus mencari terlebih dahulu menggunakan mesin pencari. Berikut ini adalah kunci cara membuat pengunjung mengingat blog kita:

Tampilan
Salah satu hal yang membuat pengunjung ingat dengan blog kita adalah tampilan. Tampilan blog kita perlu dirancang secara unik agar kita tampil beda dengan blog lainnya. Tampilan blog harus mudah dimengerti oleh pengunjung sehingga mereka mudah mencari informasi di dalam blog kita. Pemilihan warna tulisan harus cukup kontras dengan warna background, agar tulisan mudah dibaca oleh pengunjung. Posisi gambar dan iklan yang ditampilkan pada setiap halaman juga harus disesuaikan agar tidak mengganggu pengunjung blog kita yang sedang membaca informasi yang kita sajikan.

Cara penyajian informasi
Setiap blog dapat menyajikan informasi yang sama tapi cara penyajian informasi tentunya berbeda. Kita harus menggunakan kata-kata baku yang mudah dimengerti di dalam informasi yang kita sajikan. Cara pemilihan kata juga perlu diperhatikan karena terkadang kita tidak menyadari bahwa tulisan kita mungkin saja menyinggung pihak tertentu yang membaca tulisan kita.

Kita juga perlu tampil beda dalam hal penyajian informasi. Kita bisa menggunakan contoh suatu kasus atau gambar untuk memperjelas informasi yang ingin kita sampaikan. Kita dapat membangun “image” tentang kualitas website kita kepada pengunjung melalui kemudahan pengunjung mencerna informasi yang kita sajikan. Hal ini akan memungkinkan pengunjung mengingat nama blog kita. Mereka akan berkemungkinan mengunjungi blog kita di kesempatan berikutnya.

Mudah Diingat
Kita perlu memilih nama blog kita agar mudah diingat. Hal ini termasuk pemilihan nama domain. Bila kita terlanjur memilih nama domain yang agak susah diingat kita dapat membuat sebuah ikon atau logo yang unik. Ikon atau logo yang telah kita buat ini perlu kita sosialisasikan melalui blog kita sendiri maupun melalui media sosial. Kita perlu menampilkan ikon tersebut di setiap halaman namun kita harus mengusahakan agar tampilan ikon tersebut tidak mengganggu pemandangan.

Kita juga perlu menentukan sebuah slogan untuk blog yang kita bangun. Slogan merupakan suatu kalimat pendek yang menggambarkan isi blog kita. Kalimat pendek ini harus disusun dan dipilih kata-katanya agar tampil unik. Pengunjung mungkin saja mengingat blog kita melalui slogan blog kita yang tampil unik.

Fokus
Pengunjung akan mengingat blog kita apabila informasi yang kita sajikan terfokus pada bidang tertentu. Hal ini tentunya menarik perhatian pengunjung karena mereka akan merasa butuh mengingat nama blog kita untuk mendapatkan informasi di bidang yang blog kita fokuskan.
Contoh:
Blog yang berisi semua informasi perikanan dan akuarium,
Blog yang memuat informasi cara modifikasi sepeda motor,
Blog yang fokus pada informasi hidroponik
dan lain sebagainya.

Lengkap
Kita perlu membuat blog kita menjadi pusat perhatian pada suatu bidang. Pengunjung akan dengan senang hati bookmark atau mencatat nama website kita apabila kita menyajikan informasi pada suatu bidang dengan sangat lengkap. Mereka akan merasa tidak perlu mencari informasi bidang tersebut di website lain. Mereka merasa seakan-akan setelah mengunjungi website kita mereka akan mendapatkan informasi yang mereka inginkan melalui blog kita.
Contoh:
Blog hobby tanaman yang mengandung banyak informasi tentang:
– tanaman buah
– tanaman hias
– tanaman obat
– tanaman sayur
– cara penggunaan pupuk
– cara penanaman
– cara pemilihan bibit
– cara pembibitan
dan lain sebagainya.

Semakin lengkap informasi yang kita sajikan di dalam blog kita akan menarik perhatian pengunjung untuk mengingat blog kita. Hal terpenting yang perlu diperhatikan untuk membuat pengunjung mengingat blog kita adalah tampilan yang menarik, mudah dibaca dan dimengerti, informasi yang kita sajikan terfokus pada suatu bidang dan lengkap.