Pada jaman sekarang ini iklan dapat ditemukan di mana saja, baik ukuran kecil hingga ukuran besar. Iklan merupakan salah satu elemen terpenting untuk menaikkan penjualan di dalam ilmu marketing. Banyak perusahaan mengalokasikan dana yang sangat besar untuk menerbitkan iklan. Namun, mereka harus memastikan kualitas iklan yang diterbitkan agar usaha marketing mereka dapat menghasilkan penjualan yang optimal. Lantas, bagaimana cara membuat iklan yang menarik dan mendatangkan konsumen?

Cara membuat iklan yang menarik dan mendatangkan konsumen

Iklan yang baik adalah iklan yang menarik perhatian calon pelanggan. Setelah mereka melihat iklan mereka akan mengingat dan mencari tahu tentang produk yang diiklankan. Namun, yang paling diharapkan adalah cara menggerakkan hati pelanggan untuk membeli dan memiliki produk.

Iklan yang baik adalah mudah terlihat dan menarik mata pelanggan

Sewaktu iklan diterbitkan, iklan kita akan hadir di antara iklan-iklan lainnya. Pada saat itu iklan kita akan beradu menarik dengan iklan lain. Iklan yang paling menarik adalah iklan yang pertama membuat mata pelanggan terfokus padanya. Setelah itu, mungkin saja mata pelanggan masih mencari iklan yang menarik lainnya. Namun, tidak semua pelanggan akan melirik iklan lain setelah mata mereka menangkap iklan pertama. Jadi, hal yang paling utama adalah bagaimana caranya membuat mata pelanggan terfokus pada iklan kita.

Mata manusia memilih apa yang mudah dilihat dan mudah dicerna di otak. Hal ini sangat berhubungan dengan cara seorang desainer pada saat mendesainnya. Pada prinsipnya mata akan suka melihat suatu objek memiliki warna terang dan menyala. Mata manusia lebih mudah menangkap warna-warna terang seperti kuning, orange, merah, hijau kekuningan.

Intinya adalah curi pandangan pertama pelanggan kita. Iklan dan produk akan diteliti setelah mata pelanggan terfokus.

Tampilkan produk yang dilihat secantik mungkin

Setelah mata pelanggan terfokus, yang pertama dilihat adalah objek yang diiklankan. Objek yang ditampilkan harus menggunakan foto yang berkualitas. Sudut pandang objek yang ditampilkan harus dapat memberikan kesan produk tersebut adalah yang terbaik dan terjamin secara kualitas. Ukuran gambar harus besar dan memiliki warna yang kontras terhadap latar belakang.

Sisipkan kata-kata singkat yang menjadi unggulan produk itu

Mata manusia suka dan lebih mudah membaca sesuatu yang singkat dan tegas. Masukkan kata-kata yang menjadi kunci unggulan produk tersebut. Contohnya: Stylish, Abadikan Momenmu, lebih dingin, lebih cepat atau lain sebagainya. Semakin pendek dan semakin tegas kata-kata yang dimasukkan akan mempermudah pelanggan mengingatnya secara tidak sadar.

Ciptakan rasa ingin memiliki produk kepada pelanggan

Iklan harus menciptakan suatu suasana di mana pelanggan merasakan keunggulan ketika mereka memiliki produk tersebut. Hal ini kembali ke sisi desainer dalam mendesain atau melakukan pengambilan gambar. Foto Produk yang ditampilkan harus memberikan bayangan kepada pelanggan ketika mereka memiliki produk tersebut. Contohnya: Mereka akan merasakan kemudahan, kenyamanan, indah di dalam ruangan, keren untuk dibawa atau lain sebagainya.

Bangkitkan urgensi pelanggan terhadap produk

Orang cenderung akan berpikir dan menimbang bahkan membandingkan dengan produk serupa. Pada saat ini, jangan berikan waktu panjang untuk mereka berpikir. Berikan kesan waktu yang singkat untuk mereka mengambil keputusan. Kita harus menyisipkan kata-kata yang mempunyai batasan waktu sangat singkat, seperti: hanya 3 hari, stok hanya 100 unit, stok terbatas, promo terbatas, harga promo dan lain sebagainya.

Ciptakan action agar pelanggan segera melakukan pembelian

Setelah kita memberikan kesan urgent kepada pelanggan. Sekarang saatnya membuat pelanggan mengambil langkah cepat untuk pembelian. Berikan cara untuk mereka agar bisa segera melakukan pembelian, seperti: kunjungi toko terdekat, kunjungi www.tokosaya.com, telpon sekarang juga, pesan sekarang dan lain sebagainya.

Anda juga bisa mendapatkan informasi cara Membuat Kalimat untuk iklan di sini

Cara Pemilihan Kata Atau Kalimat Untuk Pembuatan Iklan