Setiap pemilik website atau blog pasti mengharapkan website mereka diindex oleh mesin pencari terutama google. Hampir semua pengguna internet dunia menggunakan mesin pencari google untuk mencari informasi. Semua pemilik website berusaha agar websitenya terindex oleh mesin pencari google agar website mereka bisa tampil di halaman hasil pencarian google.

Google menghendaki mesin pencarinya dapat menyajikan data yang relevan kepada pengguna mereka. Mereka tidak menghendaki website yang tidak berguna tercatat di dalam database mereka. Oleh karena itu,
Mesin pencari google memberikan persyaratan kepada website yang akan diindex. Berikut ini adalah cara membuat google search engine mengindex website Anda:

Domain regular
Anda sebaiknya menggunakan domain regular, seperti: .com/.net/.org dan domain indonesia, seperti: .id/.co.id/.web.id/.or.id dan lain sebagainya. Anda disarankan untuk menggunakan domain berbayar karena google lebih mempercayai website yang menggunakan domain berbayar. Domain gratis umumnya digunakan untuk melakukan hal-hal negatif, seperti: penipuan, iklan baris, website yang digunakan untuk menayangkan iklan, perjudian, website yang dibentuk oleh program robot dan lain sebagainya.

robots.txt
robots.txt digunakan oleh sebuah website untuk mengijinkan program robot mesin pencari untuk mengindex website tersebut. Pemilik website harus mengijinkan proses indexing terhadap website mereka kepada program robot mesin melalui file robots.txt. Kita harus mengupload file robots.txt yang telah kita setting ke website kita. Mesin pencari akan melakukan proses indexing apabila mereka membaca robots.txt dan isinya mengijinkan mereka untuk melakukan proses indexing.

Search Console
Salah satu cara untuk mempercepat proses indexing oleh mesin pencari google adalah mendaftarkan website Anda ke dalam Google Search Console. Google Search Console mewajibkan Anda mengupload sebuah file yang berisi sebuah hash ke dalam website Anda. Hal ini ditujukan untuk mengidentifikasi bahwa Anda adalah pemilik sah dari website yang Anda daftarkan. Setelah terdaftar google akan menjadwalkan proses indexing terhadap website Anda. Namun, jadwal indexing tidak diterbitkan dan tidak ada yang tahu kapan proses indexing akan dilakukan. Hingga tahap ini Anda hanya dapat berdoa agar website Anda akan segera mendapatkan giliran untuk mendapatkan proses indexing oleh mesin pencari google.

Sitemap
Anda harus membuat peta halaman website(sitemap) Anda ke dalam format XML. Anda harus memperbarui peta situs website Anda setiap Anda menambahkan halaman website Anda. Hal ini akan memberikan informasi kepada mesin pencari bahwa halaman apa saja yang ada di dalam website Anda. Anda juga perlu setting alamat peta situs website Anda ke dalam Google Search Console. Setelah Anda mengirimkan peta situs ke dalam Google Search Console, Google akan lebih cepat mengindex website Anda. Biasanya google akan melakukan proses indexing dalam waktu seminggu setelah google menerima peta situs.

Konten yang diijinkan
Anda harus memastikan bahwa konten situs Anda legal. Website dengan konten tidak legal, seperti: perjudian, perdagangan manusia, pornografi, penipuan, website iklan baris, website direktori dan lain sebagainya yang tidak diijinkan oleh google. Website dengan konten yang tidak diijinkan kemungkinan akan mendapatkan penalty dari google. Website dengan konten tidak legal berkemungkinan dihapus dari database google sehingga website tersebut tidak muncul di halaman hasil pencarian google.

Jangan Over optimized SEO
Optimalisasi SEO terhadap sebuah website memang membuat ranking hasil pencarian website tersebut lebih cepat naik ke halaman depan. Namun optimalisasi berlebihan akan membuat database google menjadi kebanjiran. Hal ini tidak diinginkan oleh google karena memberatkan kinerja sistem mereka dan hasil pencarian menjadi tidak relevan. Hal ini akan mengakibatkan google memberikan penalty terhadap website Anda yang artinya peringkat hasil pencarian website Anda di google jatuh ke halaman belakang. Penalty google tidak dapat dicabut walaupun Anda memperbaiki struktur website Anda. Bila website Anda terlanjur dikenakan penalty oleh google, Anda disarankan untuk membangun website baru.