Chip lampu LED tipis kini sedang nge-trend untuk dipakai sebagai lampu penerang. Namun, tidak jarang juga chip lampu kecil ini mengalami kerusakan. Chip lampu LED pada bola lampu yang murah lebih sering ditemukan terjadi kerusakan. Hal ini terjadi karena kemungkinan chip Lampu LED yang digunakan juga berkualitas kurang baik karena ditinjau dari harga lampu LED keseluruhan sangat murah. Apa yang harus dilakukan ketika lampu LED tidak menyala? Di dalam benak sebagian orang, tentunya ingin memperbaikinya dibandingkan membeli bola lampu yang baru. Hal ini dikarenakan biaya perbaikan yang dilakukan oleh diri sendiri yang jauh lebih murah dibandingkan sejumlah uang yang jauh lebih banyak untuk membeli sebuah bola lampu baru. Pada kenyataannya banyak orang yang ingin mencoba memperbaiki lampu LED ini mengalami kesulitan untuk melepaskan lampu LED SMD dari PCB karena bentuknya yang kecil dan susah untuk dijangkau oleh solder dan penyedot timah. Bingung bagaimana melepaskan chip LED SMD dari PCB? Ini dia cara melepaskan lampu LED SMD dari PCB menggunakan solder biasa.

Cara Melepaskan Lampu LED SMD Dari PCB Menggunakan Solder Biasa

Komponen elekronik SMD tidak diciptakan untuk disolder menggunakan perangkat solder biasa. Komponen SMD diciptakan untuk disolder menggunakan mesin khusus yang sistem pengerjaannya lebih cepat dibandingkan menggunakan komponen biasa. Chip LED SMD akan lebih mudah dilepaskan apabila kita memiliki solder hot air alias solder yang menggunakan pemanasan udara. Banyak juga yang menyebut solder ini sebagai solder uap. Namun, solder jenis ini berharga sangat mahal dan tidak worth it dibeli jika hanya untuk memperbaiki lampu LED SMD. Apakah bisa melepaskan chip LED menggunakan solder biasa? bisa, namun caranya lebih susah. Pada artikel ini saya akan menunjukkan dua buah cara untuk melepaskan chip LED SMD ini.

Membuat gumpalan timah

Salah satu cara termudah yang sering saya lakukan adalah menggunakan cara membuat gumpalan timah. Solder Anda harus cukup memiliki tip(ujung/kepala) yang cukup tajam untuk menjangkau kaki chip LED. Anda bisa membeli tip(ujung/kepala) solder yang tajam untuk melakukan hal ini atau Anda lebih memilih untuk mengasah tip solder sehingga Anda bisa menjangkau kaki chip LED. Anda juga harus memiliki sebuah pinset yang dapat digunakan untuk membantu mengangkat chip LED dari PCB.

Cara melepaskan chip LED dari PCB: Panaskan solder hingga temperaturnya cukup untuk menempelkan timah kepada papan PCB. Tambahkan timah pada kedua kaki LED yang ingin dilepaskan hingga menggumpal ke atas. Selanjutnya tempelkan kepala solder pada kedua gumpalan timah tersebut agar timah meleleh pada saat yang bersamaan. Gunakan pinset untuk mengangkat chip LED dari papan PCB pada saat timah dilelehkan. Selanjutnya, Anda bisa membersihkan timah di atas papan PCB menggunakan penyedot timah.

Modifikasi solder

Pada beberapa bola lampu LED cara sebelumnya tidak memungkinkan untuk dilakukan karena jarak antar chip LED terlalu dekat sehingga kita tidak bisa menjangkau kaki LED tanpa mengganggu chip LED yang berdekatan jaraknya. Lampu yang memiliki jarak antar chip LED yang sangat berdekatan, contohnya: lampu LED Philips, OSRAM, Miyako dan lain sebagainya.

Modifikasi solder untuk melepaskan chip SMD

Pada kasus ini kita harus memodifikasi kepala solder kita menggunakan kawat tembaga yang berdiameter sekitar 1 hingga 2 mm. Kawat tembaga bisa diperoleh dari kabel listrik. Kawat tembaga tersebut dapat dililitkan pada ujung solder sekitar 8-10 lilitan dan sisakan 2 ujung kawat sepanjang sekitar 1cm keluar dari lilitan. Kedua ujung kawat tersebut akan digunakan untuk memanaskan kaki chip LED. Atur jarak antara kedua kawat tersebut sesuai dengan jarak kaki chip LED.

Cara penggunaan: Panaskan solder dan sepuh ujung kawat tembaga menggunakan timah. Kemudian tempelkan kedua ujung kawat tersebut pada kaki chip LED dan gunakan pinset untuk mengangkatnya.

Saya sendiri lebih suka untuk menggunakan cara kedua ini karena cara ini tidak meninggalkan banyak sisa timah di atas papan PCB. Cara ini juga tidak mengharuskan kita untuk membersihkan papan PCB dari sisa timah yang menempel.

Catatan: Kawat tembaga yang dililitkan sebaiknya dikuncir agar lebih keras ikatannya pada tip solder. Saya membeli tip solder khusus untuk dililitkan kawat tembaga sehingga saya tidak perlu melepaskan kawat sesudah digunakan. Saya dapat menggunakan kembali kawat tersebut ketika saya membutuhkan. Kawat tembaga mudah gosong karena panas solder sebaiknya keseluruhan kawat disepuh menggunakan timah pada saat pertama kali digunakan. Solder sebaiknya tidak digunakan dalam waktu pemanasan yang lama karena kawat tembaga mudah rusak dan keropos. Cara ini saya temukan sendiri berdasarkan cara pemikiran saya tapi cara ini tidak sempurna. Bila di antara Anda ada yang mendapatkan cara yang lebih baik atau bahan yang lebih baik dari kawat tembaga silahkan sharing di kolom komentar.