Susah buang air besar(BAB) atau sembelit atau konstipasi merupakan suatu hal yang tidak boleh dianggap remeh. Kita akan merasa sangat sakit apabila tidak bisa BAB. Bila BAB sulit dilakukan maka diperlukan cara melancarkan Buang Air Besar (BAB) – Sembelit secara alami terlebih dahulu sebelum kita menggunakan obat pencahar untuk mengobati sembelit atau konstipasi.

BAB merupakan proses yang sangat penting dan diperlukan agar kesehatan tetap terjaga. Proses BAB ini merupakan salah satu cara tubuh mengeluarkan kotoran yang menumpuk di saluran pencernaan. Kadang kala kita masih akan merasakan susah BAB meskipun kita sudah banyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. Bila sudah demikian, tak jarang orang terpaksa menggunakan obat pencahar agar dapat BAB. Namun, sebelumnya kita coba terlebih dahulu menggunakan cara alami.

Cara Melancarkan Buang Air Besar (BAB) – Konstipasi Secara Alami

BAB biasa sulit dilakukan karena beberapa faktor yang mempengaruhi, seperti: kurang konsumsi serat dari sayuran atau buah-buahan, kurang olehraga, kurang minum air putih dan lain sebagainya. Faktor-faktor tersebut umumnya merupakan penyebab utama dari masalah BAB tidak lancar. Untuk mengatasi masalah BAB yang tidak lancar, sebaiknya tidak langsung dengan menggunakan obat pencahar tetapi dengan menggunakan cara alami yang tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh.

Air putih hangat akan membantu gerakan usus

Menurut beberapa penelitian, air putih hangat sangat baik dikonsumsi baik pagi maupun setiap kali kita akan minum air putih untuk mengatasi sembeli atau konstipasi. Mengapa air putih hangat dipergunakan untuk mengatasi masalah BAB tidak lancar dan bukan air putih biasa? Air putih hangat yang dikonsumsi dan masuk ke dalam tubuh akan memperlebar pembuluh darah di dalam sistem pencernaan. Aliran darah akan meningkat dan mengakibatkan aktifitas pencernaan bertambah. Gerakan usus akan mendorong sisa-sisa makanan yang sudah tidak diperlukan tubuh sehingga BAB lebih mudah dilakukan. Air putih hangat akan banyak membantu proses BAB yang sulit. Minumlah air putih hangat yang banyak agar tubuh terhidrasi secara merata.

Olahraga juga membantu gerakan saluran pencernaan

Selain air hangat untuk membantu gerakan usus, kita juga perlu berolahraga secara rutin untuk membantu proses pencernaan. Olahraga akan menggerakkan organ tubuh kita secara tidak langsung. Kotoran yang menempel di dalam saluran pencernaan akan mudah terlepas melalui gerakan yang dihasilkan melalui olahraga. Hal ini tentunya akan membantu proses BAB menjadi lebih mudah.

Buah dan sayur yang mengandung banyak serat adalah makanan wajib

Selain rutin meminum air putih hangat setiap kali kita minum dan berolahraga untuk menggerakkan usus. Kita juga perlu mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran secara rutin agar proses pencernaan lebih lancar. Buah-buahan yang dipercaya untuk mengatasi susah BAB adalah pepaya, melon, semangka, buah naga dan beberapa jenih buah lainnya.

Air garam adalah obat pencahar alami

Kadang kala kita sudah melakukan semua hal untuk membantu kelancaran BAB, namun BAB tetap mengalami kesulitan. Salah satu penyebab kesulitan BAB adalah kondisi kotoran di dalam saluran pencernaan terlalu kering. Hal ini menyebabkan kotoran tidak bergerak bahkan menempel pada saluran pencernaan. Hal yang diperlukan untuk melancarkan kembali proses BAB adalah dengan menghidrasi kotoran di dalam saluran pencernaan.

Air garam merupakan salah satu jenis obat pencahar alami yang tidak terkenal. Air garam yang diminum akan membuat tubuh mengeluarkan cairan di dalam tubuh ke dalam saluran pencernaan dan sebaliknya penyerapan cairan menjadi berkurang. Hasilnya kotoran di dalam saluran pencernaan akan terhidrasi dan akan cepat terbuang.

Mohon perhatian: penggunaan air garam tidak disarankan untuk orang yang memiliki penyakit hipertensi karena garam dapat meningkatkan tekanan darah. Bila Anda merasa tidak yakin dan tidak cocok dengan metode ini, silahkan untuk tidak mengikuti cara ini.

Cara menggunakan metode air garam, siapkan 1 wadah yang berisi 1 liter air minum kemudian campurkan 1 sendok makan garam ke dalamnya dan aduk hingga merata. Minum air garam yang telah dicampur dalam waktu setengah jam. Cara ini sebaiknya dilakukan pada waktu pagi hari sebelum sarapan. Setelah Anda minum air garam, Anda akan merasa sering membuang air kecil dan merasa mulas. Anda juga mungkin mengalami diare setelah minum air garam. Jadi Anda tidak disarankan untuk beraktifitas di luar rumah karena Anda sangat mungkin BAB beberapa kali pada hari tersebut. Tubuh akan mengeluarkan banyak cairan dan Anda harus banyak minum air putih untuk menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi dengan baik.