Jaman sekarang hampir semua orang memiliki perangkat Android, bahkan tidak jarang orang memiliki lebih dari satu perangkat. Perangkat ini menawarkan banyak aplikasi yang dapat diinstal tanpa harus membayar. Hal ini membuat banyak orang mencoba aplikasi baru dan ternyata beberapa aplikasi yang diinstal membawa kerusakan sistem pada perangkat Android mereka. Mereka pun mencoba memperbaiki kerusakan tersebut dengan membuang aplikasi yang mereka instal sebelumnya. Walaupun aplikasi penyebab kerusakan telah dihapus dari perangkat tapi kerusakan yang terjadi sepertinya tidak membaik dan malah bersifat permanen di dalam sistem. Oleh karena itu, jalan terakhir mereka untuk memperbaiki perangkat mereka adalah melakukan factory reset pada perangkat mereka. Berikut ini cara melakukan factory reset pada perangkat Android:

Cara melakukan factory reset pada perangkat Android

Factory reset dapat dilakukan melalui 2 cara, yaitu cara reset pada saat perangkat berhasil masuk ke dalam sistem operasi Android dan yang kedua pada saat perangkat baru dinyalakan.

Cara factory reset melalui pengaturan

Cara reset melalui sistem operasi dapat dilakukan dengan lebih mudah tapi dengan catatan perangkat harus mampu berjalan normal untuk mengakses fungsi reset.
Ikuti langkah di bawah ini untuk melakukan reset factory melalui sistem operasi:
1. Anda harus masuk ke dalam pengaturan(setting).

2. Pilih menu “Backup & Reset”.

factory reset 01A

3. Pilih menu “Factor data reset”.

factory reset 02A

4. Ceklis bagian “Erase SD Data”(nomor 1) bila Anda ingin menghapus data di dalam memory card dan ceklis bagian “Erase internal U Disk” untuk menghapus data di dalam memory internal. Ketika Anda sudah selesai, Klik tombol “reset phone”.

factory reset 04A

5. Anda harus menunggu proses restorasi selesai sebelum Anda dapat menggunakan perangkat Anda.

Cara factory reset melalui system recovery

System recovery merupakan fungsi yang disertakan oleh perangkat Android untuk mengembalikan sistem operasi yang tidak berjalan normal. Fungsi factory reset terdapat di dalam system recovery. Fitur ini dapat juga digunakan ketika Anda lupa dengan sandi atau lupa dengan pola untuk membuka kunci perangkat. System recovery dapat diakses pada saat perangkat baru dinyalakan.
Ikuti langkah di bawah ini untuk melakukan reset factory melalui system recovery:

1. Matikan Perangkat.
2. Masuk ke dalam system recovery. Cara masuk ke dalam system recovery berbeda-beda tergantung produsen perangkat.
Pada perangkat merek Samsung, biasanya menggunakan cara pencet tombol power + volume up + home secara bersamaan dan tahan beberapa detik.

Pada perangkat merek lain biasanya menggunakan cara menekan tombol power + volume up secara bersama dan tahan selama 1 hingga 2 detik. Pada beberapa perangkat tombol yang digunakan adalah tombol power + volume down dan ditekan secara bersamaan.
3. Setelah masuk system recovery pilih menu “wipe data/factory reset” dan pilih “yes”.
4. Tunggu hingga proses restorasi selesai.

Pada saat melakukan factory reset, baterai harus dalam keadaan terisi atau menghubungkan perangkat pada charger agar proses reset berjalan lancar.