Impian setiap wanita adalah bisa makan enak namun tidak bertambah berat badan. Hal ini terdengar tidak mungkin terjadi. Namun, kita bisa tetap mengkonsumsi makanan enak tanpa harus bertambah berat badan. Simak cara makan enak tanpa takut gemuk berikut ini ,yuk!

Cara makan enak tanpa takut gemuk

Makanan yang kita konsumsi akan berpengaruh terhadap berat badan yang kita miliki. Kita perlu mengatur pola makan kita sehari-hari dengan cermat agar memperoleh bentuk badan yang ideal. Namun, kita tidak perlu berdiet ketat untuk memperoleh bentuk badan yang ideal. Berikut ini, cara makan enak tanpa takut gemuk:

Makan pada saat lapar

Kita sebaiknya makan pada saat kita lapar. Jangan menunda waktu makan yang dapat membuat kita menjadi sangat lapar. Bila kita makan pada saat kita merasa sangat lapar, hal ini justru akan menambah nafsu makan dan menambah timbunan lemak.

Kurangi porsi dan jumlah menu makan malam

Kita perlu mengurangi porsi dan jumlah menu makan malam. Pilih menu makan malam yang rendah karbohidrat, rendah lemak dan kaya serat.

Makan buah-buahan potong dibanding mengolah menjadi jus

Kita lebih baik mengkonsumsi buah-buahan potong dibandingkan buah yang sudah diproses menjadi jus. Hal ini akan membuat perut kenyang lebih lama dibandingkan kita meminum jus. Pilih buah yang mengandung banyak kandungan air dan serat, seperti: semangka, pir, apel, pepaya dan lain sebagainya. Serat dapat membantu mengikat lemak di dalam saluran pencernaan sehingga tidak semua lemak pada makanan akan terserap oleh tubuh.

Biasakan meminum segelas air putih sebelum makan

Kita perlu membiasakan diri meminum segelas air putih sebelum makan. Hal ini akan membuat perut menjadi lebih cepat kenyang dan porsi makan menjadi lebih sedikit.

Asupan air untuk tubuh akan memperlancar pencernaan

Konsumsi air putih minimal sebanyak 1.5 liter atau 8 gelas per hari. Air dapat menghidrasi tubuh kita dan juga memperlancar pencernaan. Lemak yang terikat oleh serat makanan perlu bantuan air agar mudah terbuang. Pencernaan yang lancar akan memperkecil penyerapan lemak berlebihan ke dalam tubuh.

Isi perut setiap tiga jam sekali

Kita juga perlu mengisi perut setiap tiga jam sekali dengan makanan yang sehat dan ringan, seperti: buah-buahan potong, kacang-kacangan, timun, seledri dan lain sebagainya. Hal ini akan membuat kita tidak cepat merasa lapar dan dapat mengontrol nafsu makan.

Berhenti makan sebelum kenyang

Kita perlu berhenti makan sebelum kita merasa kenyang. Usahakan kita makan hingga hingga 70% kenyang saja. Hal ini akan membuat perut nyaman dan tidak kekenyangan. Jumlah kalori yang diserap oleh tubuh juga lebih sedikit sehingga tubuh kita tidak menyimpan energi dalam bentuk lemak.